Pengamat Politik Beberkan 4 Alasan PKS Pilih Bobby Nasution, Bukan Edy Rahmayadi

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS sudah resmi memberikan dukungannya kepada Bobby Nasution untuk maju di kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) pada Pilkada Serentak 2024.

oleh Reza Efendi diperbarui 04 Agu 2024, 12:43 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 12:43 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution Sambangi Markas PKB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyambangi kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Medan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS sudah resmi memberikan dukungannya kepada Bobby Nasution untuk maju di kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) pada Pilkada Serentak 2024.

Padahal awalnya, nama Edy Rahmayadi tampak yakin bakal diusung oleh partai yang dulu bernama Partai Keadilan itu.

Pengamat politik asal Universitas Sumatera Utara (USU) Doktor Indra Fauzan lantas membeberkan sejumlah alasan kenapa PKS akhirnya memilih mengusung Bobby Nasution ketimbang Edy Rahmayadi.

"Ada beberapa alasan yang menurut saya kenapa PKS tidak mendukung Edy Rahmayadi. Pertama adalah posisi Bobby Nasution yang unggul dalam survei," kita Indra Fauzan, Minggu (4/8/2024).

"Tidak diragukan lagi, di beberapa survei yang dilepas, Bobby Nasution unggul jauh dari rivalnya. Ini cukup memberi keyakinan bagi PKS untuk meninggalkan Edy," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Survei LSI

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan surat rekomendasi atau dukungan untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara.
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan surat rekomendasi atau dukungan untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara. (Dok. Istimewa)

Diketahui, dari survei terbaru LSI, Bobby Nasution unggul telak dari nama-nama lain. Menurut survei itu, sebanyak 61,3 persen responden memilih Bobby, 30,6 persen responden memilih Edy, dan sisanya, 8,1 persen responden, tidak menjawab.

Sedangkan alasan kedua, kata Indra Fauzan, PKS tentu saja tidak akan dapat apa-apa jika mengusung Edy Rahmayadi. Apalagi jika sampai terjadi koalisi PKS-PDIP, maka akan terjadi pula ego politik dari PDIP.

"Dalam artian, PDIP akan berusaha keras memajukan kader mereka karena mereka adalah pengusung utama. Sedangkan Edy bukan kader PKS, berarti PKS tidak akan dapat apa-apa," papar Fauzan, alumni pasca sarjana Universiti Kebangsaan Malaysia itu.

"Jadi jika posisi Cagubnya Edy, maka posisi Wagub dari internal PDIP sendiri. Dengan situasi sudah seperti ini, berat bagi PKS mengusung Edy Rahmayadi. Bahkan mungkin juga bagi PDIP sendiri, mending mereka bertarung pakai kader sendiri," papar Indra Fauzan.


Posisi Tawar

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman ideal untuk diusung maju pada Pilkada Jakarta 2024.
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (Winda Nelfira).

Alasan ketiga adalah, posisi tawar PKS di koalisi nasional. Tak bisa dipungkiri lagi, ada keinginan PKS untuk masuk koalisi Prabowo-Gibran di ranah nasional.

"Maka, salah satu jalannya dengan mendukung Bobby Nasution. Gerindra-PKS sudah lama akrab dalam konstelasi politik, jadi keinginan PKS bergabung dengan Gerindra bisa direalisasikan dengan mendukung Bobby Nasution," papar Fauzan.

Adapun alasan keempat, PKS tentunya tidak ingin melepas Sumut yang selalu mereka kuasai.

"Setiap calon yang mereka usung dari 2008, 2013, 2018 selalu berhasil mereka menangkan. Rekor ini tentunya ingin dipertahankan oleh PKS. Jadi cukup realistis apabila mereka mendukung Bobby dan tidak mendukung Edy," pungkas Fauzan.


Dukung Bobby Nasution

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan surat rekomendasi atau dukungan untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara.
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan surat rekomendasi atau dukungan untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, bertambah lagi koalisi partai yang akan mendukung Bobby Nasution untuk bertarung di kontestasi Pilgub Sumut November 2024 mendatang.

Setelah meraup dukungan dari Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, Nasdem, PPP dan PAN, kini Bobby Nasution dipastikan meraih dukungan dari PKS.

Hal itu terlihat dari diserahkannya surat dukungan atau surat rekomendasi untuk mendukung Bobby Nasution pada Pilgubsu mendatang di Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2024.

Tampak Bobby Nasution menerima surat tersebut langsung dari Presiden PKS Ahmad Syaiku. Menariknya Bobby Nasution juga didampingi Surya, yang digadang-gadang akan jadi pendampingnya sebagai Bakal Calon Wakil Gubsu.

Tampak juga di sana Ketua PKS Sumut Usman Jakfar dan tokoh PKS Kota Medan Rajuddin Sagala.

Namun pihak PKS Sumut belum mau berkomentar soal dukungan tersebut dengan dalih untuk informasi sementara masih tanah DPP PKS. Pihak Bobby Nasution juga belum memberikan statemen terkait dukungan PKS tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya