Tema 17 Agustus 2024, Berikut Makna dan Link Download Logonya

Menjelang perayaan 17 Agustus 2024 tema HUT Ke-79 RI telah dibagikan oleh pemerintah. Berikut ini temanya, makna logo, dan link download logonya.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 06 Agu 2024, 14:02 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 14:02 WIB
Ilustrasi Hari Kemerdekaan RI, HUT RI
Ilustrasi Hari Kemerdekaan RI, HUT RI. (Celebration vector created by freepik - www.freepik.com)

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia di seluruh dunia saat ini tengah menantikan puncak HUT Ke-79 RI yang akan berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2024. Pada hari spesial tersebut masyarakat menggelar sejumlah acara menarik mulai dari upacara, lomba, hingga pertunjukan seni.

Beberapa daerah di Indonesia juga biasanya menggelar Hari Kemerdekaan dengan cara unik mereka masing-masing. Salah satunya mendesain lingkungan rumah dengan ornamen khas berwarna merah putih.

Melansir dari situs resmi Sekretariat Negara pemerintah bahkan telah meluncurkan logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI sejak Senin (24/6/2024). Diketahui acara peluncurannya digelar di Wisma Negara, Jakarta.

“Siang hari ini kita kumpul disini untuk me-launching logo HUT ke-79 RI di mana telah ditetapkan dan sudah ada keputusan Kemensetneg, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim saya luncurkan logo HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Heru menuturkan pada tahun ini pemilihan logo HUT ke-79 RI dilakukan dengan kerja sama antara Kemensetneg, Kemenparekraf, dan Asosiasi Desain Grafis Indonesia. Adapun logo tahun ini yang dipilih merupakan karya Inggrid Wenas.

Sementara untuk tema HUT Ke-79 RI mengangkat tema bertajuk “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Pihaknya menuturkan tema tersebut dipilih untuk menggambarkan transisi Indonesia mulai dari transisi kepindahan ibu kota negara dan transisi kepemimpinan negara.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi. Bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita,” ucap Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lantas Apa Makna Tema HUT Ke-79 RI?

Tema, logo dan filosofi untuk HUT RI 2024
Sumber: Situs Setneg RI

Berdasarkan penjelasan sebelumnya tema Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2024 bertajuk “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema tersebut dipilih untuk menggambarkan sejumlah transisi besar yang terjadi di Indonesia.

Mulai dari transisi kepindahan ibu kota negara serta transisi menjelang pergantian Presiden RI atau pemimpin negara. Sementara terkait logo yang dipilih dalam peringatan tahun ini merupakan logo karya Inggrid Wenas.

Logonya menampilkan angka “79” yang disertai dengan tulisan “Nusantara Baru, Indonesia Maju” sebagai tema tahun ini. Melansir dari situs Presiden RI disebutkan bahwa konsep visual logo perayaan tahun ini terdiri atas angka 79 yang mencakup tujuh konsep.

Di antaranya negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, berkelanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan. Sehingga logo tersebut menyimpan makna yang mendalam untuk Indonesia.


Makna Logo HUT ke-79 RI

HUT RI 79 - Logo Utama - Warna
Logo utama HUT RI 79. (Liputan6.com/web/Setneg RI)

Logo HUT ke-79 RI mempunyai desain yang berdasar pada temanya yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Melalui tema tersebut diketahui tim desainnya terinspirasi dari Indonesia sebagai negara kepulauan yang indah dan alam yang elok.

Berikut ini lebih jelasnya lagi beberapa makna mendalam yang harus diketahui dari visual logo HUT ke-79 RI:

1. Negara Kepulauan

Jika dilihat dengan seksama logo HUT ke-79 RI terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan visual tersebut menggambarkan atau mewakili bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang Negara

Kemudian ujung angka 7 pada logo tersebut menyerupai paruh Garuda yang diketahui sebagai lambang negara yang berisi salah satu pilar bekangsaan yaitu Pancasila dan melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Adapun angka 7 mempunyai bentuk yang juga menyerupai panah ke atas dan menjadi simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dan menggerakan ekonominya.

4. Keberlanjutan

Diketahui arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain mempunyai gambaran makna tentang prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

5. Ekonomi Hijau

Bentuk dahan dan daun yang ada di angka 9 memiliki makna atau prinsip tentang pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

6. Persatuan dan Harapan

Sementara kaki angka 7 dan 9 dibuat dengan bentuk yang sama membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

7. Kesetaraan

Dua gelombang dengan arah yang sama di bagian atas dan bawah mempresentasikan tujuan Indonesia yaitu untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.


Link Download Logo HUT ke-79 RI

Logo utama HUT RI 79
Logo utama HUT RI 79. (Liputan6.com/web/Setneg RI)

Berikut ini adalah beberapa link terkait HUT ke-79 RI termasuk dengan link download logonya:

  • Link Logo: https://drive.google.com/drive/folders/1nqJrr3CDbWpU-OM8WMQPmH3O-ACwT35P
  • Link Identitas HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1VvemzxZLg8Oh_wjKkii9Vq-VWnIoqO4g?usp=drive_link
  • Link Template Desain HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/18Cj05T1Rd_sM_3M_3xcT6fBzgHqtry67?usp=drive_link
  • Link Video Motion HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1ChbbC3NBYxsTU5PWFXDeK5Lw24AP3ILF?usp=drive_link
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya