Saat ASBWI Cari Bibit Atlet Sepak Bola Wanita di Cirebon

Kegiatan tersebut menjadi momentum penting menemukan bakat dan potensi pelajar perempuan dalam dunia sepak bola wanita di Indonesia

oleh Panji Prayitno diperbarui 02 Sep 2024, 14:41 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 02:00 WIB
Saat ASBWI Cari Bibit Atlet Sepak Bola Wanita di Cirebon
Pengurus ASBWI dalam kegiatan workshop career coaching clinic kepada ratusan atlet sepak bola perempuan di Cirebon. (Ist)

Liputan6.com, Cirebon Antusiasme atlet sepak bola wanita di Cirebon dinilai memiliki potensi untuk berkembang. Para atlet sepak bola wanita Cirebon terlihat semangat mengikuti rangkaian kegiatan Coaching Clinic dan Workshop Career bersama Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI).

Wakil Ketua Umum ASBWI Monica Disederia mengaku kagum lantaran sudah 9 tahun pemerintah warga Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon menggelar kompetisi sepak bola wanita.

"Ternyata peminatnya banyak dan diluar dugaan kalau dihitung ada lebih dari 80 pelajar perempuan yang antusias ikut acara ini," ujar Monica di Gor Desa Karangsari Kabupaten Cirebon, Sabtu (24/8/2024).

Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi momentum penting menemukan bakat dan potensi pelajar perempuan dalam dunia sepak bola wanita di Indonesia. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat berarti untuk kemajuan sepak bola wanita Indonesia kedepannya," ujar Monica.

Oleh karena itu, ia memastikan akan melaporkan hasil dari kegiatannya di Cirebon kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia akan meyakinan Erick Thohit bahwa Cirebon memiliki talenta berbakat untuk sepak bola wanita.

"Para pelajar wanita yang punya talenta berbakat layak diperhitungkan di kancah sepak bola wanita nasional. Kegiatan di Cirebon juga bagian dari yang akan kami laporkan kepada ketum PSSI," ujar Monica.

Menurutnya, Cirebon merupakan kawasan yang hidup dan dikenal sebagai kota dagang bahkan Kota Pelabuhan. Namun, di balik julukan kota perdagangan dan jasa, memiliki banyak peminat sepak bola wanita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Orang Tua

Monica mengaku, secara keseluruhan, ASBWI sendiri telah bergerak menggelar kegiatan serupa ke berbagai daerah di Indonesia. Khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Ke depan, kami ingin menjangkau seluruh Indonesia, dimulai dari Pulau Jawa karena potensi bibit-bibitnya sangat kuat di sini," katanya.

Monica optimis bahwa dukungan dari internal keluarga atlet sepak bola sendiri semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Meski demikian, ia tak memungkiri bahwa dukungan keluarga atlet menjadi salah satu tantangan besar.

Monica pun memberikan tips bagi para pelajar wanita di Kabupaten Cirebon yang ingin menggeluti sepak bola. Seperti harus belajarlah dari dasar di mana ASBWI punya festival sepak bola untuk usia 8 tahun ke atas.

"Peran orang tua dan guru sangat penting untuk berkarir di sepak bola wanita," kata Monica.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya