Perhatikan Jumlah Kalori, Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

Vela mengatakan untuk anak usia 7 sampai 9 tahun misalnya, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari ada pada kisaran angka 1.850 kkal.

oleh Arie Nugraha diperbarui 26 Agu 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 10:00 WIB
Anak-anak dengan bekal makan siang
Bekal makan siang menjadi hal yang ditunggu saat bersekolah. (Foto: Pexels/Katerina Holmes)

Liputan6.com, Bandung - Asupan makanan yang sehat penting untuk semua orang termasuk anak sekolah. Menurut dr. Vela Amalthea mengutip situs Standar Pangan di laman Good Doctor, pada dasarnya nutrisi yang perlu ada dalam setiap menu makanan anak sekolah adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

"Selain itu Anda juga perlu memerhatikan jumlah kalori yang tersedia dalam bekal makanan tersebut. Pemerintah sendiri sudah menentukan kebutuhan kalori anak melalui standar angka kecukupan gizi (AKG)," terang Vela.

Vela mengatakan untuk anak usia 7 sampai 9 tahun misalnya, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari ada pada kisaran angka 1.850 kkal.

[bacajuga:Baca Juga](5682920 5682522 5680570

Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyiapkan bekal makanan yang mengandung sekitar 550-650 kalori, atau sekitar 1/3 dari kalori yang dibutuhkan mereka dalam sehari.

Terkadang anak-anak menyisakan atau bahkan tidak memakan bekalnya sama sekali karena merasa bosan. Untuk mengatasi hal ini, Vela menyarakan mencoba beberapa tips berikut:

1. Sajikan sumber nutrisi secara bergantian dan olah dengan cara beragam

Kemas bekal dengan berbagai nutrisi untuk mendukung kekebalan tubuh mereka. Pastikan untuk selalu menyertakan sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air secara seimbang.

Agar tidak terasa monoton, gunakan jenis makanan secara bergantian dan olah pula dengan cara yang berbeda-beda. Ini akan mencegah si Kecil merasa bosan, sekaligus memberikan pengetahuan tentang jenis makanan yang bermacam-macam.

2. Cobalah bereksperimen dengan bumbu-bumbu

Membuat anak gemar makan sayur terkadang menjadi tantangan yang begitu sulit. Untuk menyiasati ini, Anda bisa mencoba bereksperimen dengan bumbu-bumbu tertentu.

Tidak ada salahnya menambahkan sedikit garam atau kaldu agar bekal makanan anak terasa lebih menggugah selera. Bahkan, Anda juga boleh memberikan saus, atau topping yang renyah saat menyajikan sayuran pada bekal mereka.

3. Lengkapi dengan camilan yang sehat

Camilan baik untuk anak-anak karena membantu mereka tetap fokus di sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Aturan praktis yang mudah untuk camilan yang tepat, adalah memadukan makanan kaya protein dengan yang tinggi karbohidrat. Termasuk lemak sehat untuk meredakan rasa lapar lebih lama.

Untuk memenuhi hal tersebut, Anda bisa menyiapkan buah-buahan segar dengan yogurt, biskuit dengan keju, atau roti yang dioles dengan selai kacang secara bergantian.

4. Jangan lupakan air minum

Jumlah air yang dibutuhkan anak-anak bervariasi tergantung pada usia, ukuran, dan tingkat aktivitas mereka.

Anak berusia di bawah 8 tahun disarankan minum air putih minimal 4-6 gelas. Sementara anak-anak yang lebih tua dari itu dianjurkan minum minimal 6-8 gelas sehari.

Untuk memenuhinya, Anda bisa membekali si Kecil dengan air putih, susu, maupun jus buah-buahan yang tidak memakai gula tambahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Jenis Makanan dan Nutrisinya

Vela melansir dari HCSD.org, berikut adalah beberapa ide bekal makanan dan perkiraan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Anda bisa mencoba memadukannya sebagai bekal makan si Kecil selama di sekolah.

- 2 lembar roti putih memiliki kandungan 28 gram karbohidrat, 140 kalori, 4 gram protein, 2 gram lemak, 280 mg garam dan 4 gram gula.

- 4 lembar keju memiliki kandungan 2 gram karbohidrat, 200 kalori, 10 gram protein, 18 gram lemak, 900 mg garam dan 2 gram gula.

- 5 potong nugget memiliki kandungan 14 gram karbohidrat, 180 kalori, 13 gram protein, 8 gram lemak, 450 mg garam, 1 gram gula dan 2 gram serat.

- 118 ml jus apel memiliki kandungan 14 gram karbohidrat, 60 kalori, 10 mg garam dan 14 gram gula.

- 6 butir bakso memiliki kandungan 5 gram karbohidrat, 170 kalori, 16 gram protein, 9 gram lemak, 490 mg garam, 1 gram gula dan 2 gram serat.

Membekali anak dengan makanan yang sehat adalah salah satu upaya untuk menjaga mereka terhindar dari paparan berbagai penyakit. Agar si Kecil semangat memakannya, Anda bisa berkreasi dengan beberapa contoh berikut:

1. Roti isi berbentuk hewan

Anak-anak kecil biasanya menyukai makanan berbentuk hewan. Oleh karena itu, Anda bisa membuat semacam roti isi yang dibentuk berbagai binatang.

Gunakan bahan-bahan yang sederhana, seperti roti, keju, ham, telur, dan sayuran. Dengan begitu si Kecil akan semangat melahap isi bekalnya.

2. Sandwich telur mayones

Jika Anda memiliki kesibukan yang padat, membuat sandwich salad telur yang sederhana dan lezat bisa menjadi solusi bekal untuk si Kecil. Caranya cukup masak telur dan sajikan bersama roti dan saus mayones.

3. Ayam goreng dan brokoli

Daging ayam adalah salah stau sumber protein yang baik untuk perkembangan anak. Saat hendak menjadikannya bekal sekolah, Anda bisa menyajikannya dengan telur dadar gulung, brokoli, tomat, bayam tumis, dan bola nasi.

Nah dengan adanya penjelasan soal trik menu bekas sekolah seperti diatas, tentunya tidak akan membuat Anda bingung untuk menyiapkannya. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya