Cicipi 6 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Indramayu

Indramayu mempunyai sederet kuliner nikmat yang menarik untuk dicoba. Berikut ini rangkuman beberapa kuliner menarik yang ada di Indramayu.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Agu 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 12:00 WIB
Nikmati Kelezatan Pindang Gombyang Kuliner Khas Indramayu Dari Limbah Ikan
Kepala Ikan Manyung ini dimanfaatkan warga Indramayu diolah menjadi kuliner Pindang Gombyang. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Bandung - Kota Indramayu dikenal sebagai salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Indramayu juga dikenal dengan julukan Kota Mangga karena mangga di kota ini cukup populer di antara pencinta buah tersebut.

Selain itu, Indramayu juga memiliki destinasi wisata dan kuliner menarik yang bisa dijelajahi para wisatawan. Misalnya saja untuk wisata terdapat wisata alam pantai indah hingga situs-situs bersejarah yang menggambarkan tentang masa kejayaan Hindu-Buddha di Jawa.

Kemudian bagi pencinta kuliner kota ini menawarkan berbagai macam hidangan khas yang dapat menggugah selera. Salah satunya makanan yang wajib dicicipi adalah Nasi Lengko yang terkenal lezat meskipun sederhana.

Indramayu juga memiliki makanan khas tersendiri yaitu Pindang Gombyang Manyung yang terbuat dari olahan ikan. Bagi pencita makanan manis kota ini juga menawarkan kue tradisional yang terkenal dengan nama Jalabryia.

Sebagai informasi, kue Jalabryia merupakan kue yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kuenya dibentuk menjadi bola-bola kecil, digoreng, lalu digulingkan di atas kepala parut dan mempunyai tekstur yang kenyal serta rasa manis yang nikmat.

Makanan-makanan tersebut memiliki daya tarik tersendiri terutama untuk dicicipi oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Cita rasa makanannya tentu tidak terlepas dari bahan-bahan khas Indonesia yang dapat memanjakan lidah.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, berikut ini beberapa kuliner nikmat di Indramayu yang wajib untuk dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Indramayu

nasi lengko
Ilustrasi nasi lengko./Copyright shutterstock.com/g/willylesmana

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko merupakan kuliner makanan khas Indramayu yang sangat populer dan wajib dicoba ketika berkunjung ke kotanya. Makanan ini memiliki keunikan tersendiri dan harga yang cukup terjangkau.

Biasanya nasi lengko terdiri dari sejumlah lauk nikmat dengan pelengkap lainnya yang menggugah selera. Biasanya berisi tahu, tempe goreng, irisan mentimun, hingga daun kucai yang segar.

Kemudian ciri khas dari makanan ini ada pada siraman bumbu kacangnya yang memiliki rasa manis dan gurih. Kuliner nasi lengko sendiri bisa dijumpai dengan mudah karena kerap dijual di pinggir jalan atau restoran besar.

2. Burbacek

Burbacek merupakan makanan unik yang terdiri dari tiga bagian utama yang menjadikannya khas. Tiga bagian tersebut adalah bubur beras putih yang lembut, rumbah, dan cecek atau kulit sapi goreng.

Ketiga komponen tersebut menjadikan makanannya terkenal sebagai sajian “Burbacek” dan wajib dicoba ketika mengunjungi Indramayu. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah santan dan taburan bawang merah goreng yang gurih.

Rasanya terkenal nikmat dan memiliki aroma wangi yang khas dari bawang gorengnya. Semangkuk makanan ini tidak hanya mengenyangkan perut tetapi juga memanjakan lidah dengan keunikan kulinernya.


Berikutnya

Nikmati Kelezatan Pindang Gombyang Kuliner Khas Indramayu Dari Limbah Ikan
Kepala Ikan Manyung ini dimanfaatkan warga Indramayu diolah menjadi kuliner Pindang Gombyang. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

3. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung merupakan salah satu kuliner khas Indramayu yang menawarkan kenikmatan makanan ikan manyung yang biasa ditemukan di sekitar perairan laut sekitar Indramayu.

Makanan ini memiliki ciri khas bumbu khas seperti kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan bahan-bahan rempah lainnya. Makanannya terlihat seperti gulai namun menu utamanya merupakan ikan.

Biasanya makanan ini juga menambahkan belimbing wuluh untuk memberikan rasa segar pada kuahnya. Sajiannya nikmat disantap bersama nasi hangat terutama untuk menikmati kuliner jam makan siang.

4. Pedesan Entog

Pedesan entog merupakan kuliner nikmat yang wajib dicoba ketika mengunjungi Indramayu. Pasalnya makanan ini menyajikan menu makanan khas berupa hidangan bebek dengan bumbu pedas.

Seperti diketahui entog merupakan sebutan untuk jenis bebek yang memiliki daging yang agak tebal. Makanan ini cocok disantap oleh pencinta bebek dan juga pencinta makanan pedas.

Biasanya bumbu pedesan entog terdiri dari rempah-rempah khas seperti kemiri, kunyit, lengkuas, dan lain-lain. Hidangannya nikmat disantap bersama nasi dan dapat mengenyangkan perut sekaligus memanjakan lidah.


Selanjutnya

bubur candil
Ilustrasi bubur candil/copyright shutterstock.com/Siti Mutmainah

5. Mie Ragit

Mie Ragit adalah sajian kuliner nikmat yang memiliki keunikan tersendiri dari olahan mi pada umumnya. Pasalnya makanan ini sering disajikan dengan potongan telur rebus yang telah diiris dengan ukuran tertentu.

Kemudian makanannya juga identik dengan jenis kuah yang berasal dari campuran santan dan kaldu udang. Sehingga rasa kuahnya populer dengan rasa yang nikmat dan berbeda dari sajian mi lain pada umumnya.

Mie Ragit biasanya dihidangkan bersama taburan bawang goreng untuk menyajikan aroma wangi dan cita rasa yang lebih lezat.

6. Bubur Glintir

Bubur Glintir merupakan kuliner khas dan nikmat yang terlihat mirip seperti bubur candil. Meskipun terlihat mirip ternyata ada perbedaan pada bahan dasar makanannya karena bubur glintir terbuat dari tepung beras.

Sementara bubur candil umumnya terkenal dengan menggunakan ubi sebagai bahan utamanya. Selain itu bubur glintir biasanya mencampurkan tepung beras dengan air sehingga teksturnya pas kemudian dibentuk bulat dan direbus.

Makanan ini juga menggunakan bahan seperti gula merah dan santan cocok dinikmati sebagai hidangan penutup. Umumnya bubur glintir disajikan ketika panen padi oleh para petani sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya