Rekam Jejak Politik Selebritas yang Nyalon di Pilkada Bandung Barat

Ada tiga artis yang terjun di Pilbup Bandung Barat, ketiganya bersaing demi berebut kursi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat untuk periode 2024-2029.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 30 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 14:00 WIB
Hengky Kurniawan (kiri), Gilang Dirga (tengah), dan Jeje Govinda (kanan)
Kolase foto Hengky Kurniawan (kiri), Gilang Dirga (tengah), dan Jeje Govinda (kanan), saat sedang mengikuti tahapan Pilkada Bandung Barat 2024.

Liputan6.com, Bandung - Sejumlah artis maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mereka adalah Hengky Kurniawan, Ritchie Ismail alias Jeje Govinda, dan Gilang Dirgahari.

Ketiganya bersaing demi berebut kursi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat untuk periode 2024-2029. Lantas bagaimana perjalanan mereka dari dunia hiburan ke panggung politik?

1. Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan merupakan salah satu artis yang turun lebih dulu ke gelanggang politik Bandung Barat, sebelum Jeje dan Gilang. Namanya pertama kali mencuat di bursa Pilbup 2018-2023. Kala itu, ia menjadi pendamping Aa Umbara Sutisna yang mencalonkan diri menjadi Bupati.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Bandung Barat, Hengky telah berkelana di dunia hiburan. Ia juga pernah membintangi berbagai sinetron, diantaranya Bintang Di Langit, ABG, Senandung Masa Puber, hingga Biar Cinta Bicara.

Sebagian besar hidupnya dihabiskan bergelut di dunia akting. Lalu pada 2018 silam, ia ikut ajang kontestasi politik tingkat kepala daerah di Bandung Barat. Dalam Pilkada tersebut, pasangan Aa Umbara dan Hengky Kurniawan pun keluar sebagai pemenang.

Di tengah masa jabatannya, Aa Umbara terjerat kasus korupsi Pengadaan Barang Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemerintah kabupaten Kabupaten Barat tahun 2020. Kemudian Hengky ditunjuk sebagai Plt Bupati Bandung Barat dan menjalankan tugasnya pasa 21 April 2021. Kemudian di tahun 2022, suami Sonya Fatmala itu dilantik menjadi Bupati Bandung Barat.

Tak hanya itu, Hengky kembali ikut kontestasi Pilkada Bandung Barat tahun ini. Meski awalnya beredar kabar bahwa ia akan terjun di Blitar, namun DPP PDI P menugaskannya maju di Pilbup KBB. Ia pun berpasangan dengan Ade Sudrajat Sudrajat dan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

2. Gilang Dirga

Gilang Dirga adalah salah satu pelawak yang sering mewarnai pertelevisian di Indonesia. Mulai dari Extravaganza, Inbox, hingga D Academy Celebrity. Pemilik nama lengkap Gilang Dirgahari itu terjun ke dunia hiburan pada tahun 2009 dalam acara komedi Ekstravaganza. Awal mula presenter itu terjun ke dunia politik ialah pada saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 kemarin. Kala itu, dia adalah caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Disadur dari laman resmi PPP, alasan Gilang maju ke dunia politik karena dirinya ingin membenahi sistem dan regulasi dunia hiburan di tanah air yang dianggapnya semrawut.

Sayangnya, ia tak lolos menjadi anggota dewan. Gilang diketahui maju jadi caleg DPR RI Dapil 1 DKI Jakarta. Usahanya tak sampai disitu, ia kemudian memilih maju menjadi Bakal Calon Bupati di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dalam ajang pesta demokrasi ini, Gilang ditunjuk oleh partai Demokrat sebagai bakal calon Wakil Bupati untuk mendampingi Didik Agus T.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Jeje Govinda

Ritchie Ismail lahir di Jakarta pada 22 April 1983. Dia terjun ke dunia musik dengan bergabung bersama grup band Domino yang kini berganti nama menjadi Govinda. Selain bermusik, Jeje pernah berakting lewat serial web Mimpi Jadi Nyata pada 2019. Dia juga pernah berperan dalam sejumlah FTV seperti Love You Mimi Ugal-ugalan dan Kamu Terlalu Wah untuk Aku yang Hah.

Nama Jeje kian menjadi sorotan publik usai dirinya mempersunting adik bungsu Raffi Ahmad, yakni Syahnaz Sadiqah. Keduanya melangsungkan akad nikah di Pine Hill, Bandung pada 12 April 2018.

Dari pernikahan itu, Jeje dan Syahnaz dikaruniai dua anak kembar bernama Zayn Ezhilan Ismail dan Zunaira Alessia Safaraz Ismail yang lahir pada 3 Januari 2020. Sementara di perkancahan politik, Jeje bergabung dengan PAN pada 2023. Bersama partai itu, Jeje maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI untuk Dapil Jawa Barat II.

Namun, perolehan suara yang didapat tak cukup untuk membawanya ke Senayan. Hingga akhirnya, Jeje mencoba peruntungan lain dengan maju di Pilbup Bandung Barat. Semula, Jeje dipasangkan dengan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Gerindra, TB Ardi Januar. Akan tetapi, Ardi memutuskan untuk mundur dari pencalonan tersebut.

Kemudian, Jeje berpasangan dengan Sekretaris Partai Gerindra Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe. Namun, lagi-lagi berpisah. Kini, Jeje didampingi mantan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat, Asep Ismail. Keduanya resmi mendaftar ke KPU Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Penulis: Arby Salim

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya