Mendorong Pertumbuhan Jangka Panjang Melalui Investasi di Pasar ASEAN

Investasi ini bertujuan untuk mendukung pasar yang kuat di Indonesia dan menjadi dasar penting bagi pertumbuhan jangka panjang bisnis kemasan terpadu dari SCGP.

oleh Tim Regional diperbarui 07 Sep 2024, 11:33 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 21:11 WIB
SCGP
SCGP tingkatkan kepemilikan saham sebanyak 44,48% di PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper); menjadi 99,72% dari total saham FajarPaper. (Foto: Dok.)

Liputan6.com, Jakarta - SCGP sebagai penyedia solusi kemasan konsumen multinasional terkemuka dan bagian dari Grup Perusahaan SCG, telah menambah kepemilikan saham sebanyak 44,48% di PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai lebih dari 1.5 juta ton.

Hal tersebut sejalan dengan arah strategis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis di ASEAN. Investasi ini bertujuan untuk mendukung pasar yang kuat di Indonesia dan menjadi dasar penting bagi pertumbuhan jangka panjang bisnis kemasan terpadu dari SCGP.

SCGP berencana meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya energi di FajarPaper sebagai upaya adaptif terhadap kondisi ekonomi serta peningkatan permintaan kemasan yang didorong oleh pemulihan konsumsi domestik dan ekspor.

Total transaksi ini mencapai sekitar Rp9,98 triliun. Kepemilikan saham SCGP di FajarPaper telah meningkat dari 55,24% menjadi 99,72% dari total saham yang diterbitkan dan dibayar penuh, dengan sisa 0,28% saham dimiliki oleh publik.

FajarPaper menawarkan beragam produk kertas kemasan, termasuk corrugated medium, linerboard, duplex board, dan coreboard. Tahun 2023, FajarPaper mencatat pendapatan sekitar Rp7,723 miliar dan total aset sebesar Rp12,545 miliar.

"SCGP telah secara konsisten memperluas investasi di Indonesia sejak tahun 2013, mengakui negara ini sebagai pasar yang menarik dengan fundamental yang kuat untuk menjadi pemimpin ekonomi global yang didorong oleh populasinya yang besar, tingkat konsumsi domestik yang tinggi, demografi yang muda, dan peningkatan yang berkelanjutan dalam hal investasi langsung asing (FDI),” kata Chief Executive Officer SCG Packaging Public Company Limited atau SCGP, Wichan Jitpukdee.

Saat ini, SCGP memiliki enam anak perusahaan di Indonesia, terdiri dari basis produksi kertas kemasan; PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) dan PT Dayasa Aria Prima (anak perusahaan FajarPaper), dan basis produksi wadah bergelombang (corrugated container); PT Primacorr Mandiri, PT Indorcorr Packaging Cikarang, PT Indoris Printingdo, dan Intan Group.

Perusahaan-perusahaan ini memungkinkan SCGP untuk menyediakan solusi kemasan terpadu dan mendorong sinergi bisnis di seluruh kawasan. Investasi baru ini akan mengukuhkan peta jalan SCGP dalam meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi di FajarPaper dan semua anak perusahaan melalui penerapan teknologi pembelajaran mesin (machine learning) dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam proses produksi, serta meningkatkan manajemen produksi, distribusi produk, dan ekspansi pasar melalui kerja sama dengan mitra untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

“SCGP menyadari adanya tren pemulihan dalam permintaan kemasan yang didorong oleh konsumsi domestik dan ekspor, terutama di sektor barang konsumen. Dengan perkiraan inflasi Indonesia yang akan menurun, pengeluaran konsumen diharapkan membaik dan akan menghasilkan prospek positif untuk penjualan kertas kemasan sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan konsumen. Indonesia memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang yang signifikan. Operasi SCGP, yang dipandu oleh rencana bisnis yang diselaraskan dengan kondisi ekonomi dan pasar, akan meningkatkan profitabilitas," ujar Wichan.

SCGP adalah perusahaan multinasional terkemuka dalam penyediaan solusi kemasan konsumen melalui produk dan layanan yang inovatif, termasuk kemasan fiber, kemasan polimer, perlengkapan medis dan peralatan laboratorium, kemasan layanan makanan, produk bubur kertas (pulp) dan kertas, serta berbagai solusi desain dan percetakan. SCGP berupaya untuk menginspirasi gaya hidup yang baru dengan memperkaya kehidupan individu, lingkungan, dan komunitas-komunitas, dengan penekanan khusus pada aspek Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya