2 Golongan Manusia Ini Sangat Merugi, Tak Dapat Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat

2 golongan manusia yang tidak akan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 08:30 WIB
Bisa melihat Nabi Muhammad SAW dalam mimpi
Ilustrasi (Sumber: Pinterest.com/kalbarsatu id)

Liputan6.com, Cilacap - Hari kiamat merupakan hari yang sangat mencekam. Di hari itu, masing-masing manusia sibuk dengan urusannya masing-masing.

Di hari itu syafaat Rasulullah SAW sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan mereka dari ganasnya siksa di hari akhir itu.

Namun ada golongan manusia yang tidak bakal memperoleh syafaat darinya. Tentu saja golongan ini sangat merugi sebab salah satu tiket menuju surga Allah SWT ialah syafaat Rasulullah SAW.

Lantas siapa golongan yang tidak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


2 Golongan Manusia yang Tidak Mendapatkan Syafaat

Suara Misterius dari Langit Tanda-tanda Hari Kiamat?
Suara terompet dari langit dianggap sangkakala berbunyi, tanda-tanda hari kiamat.

Mengutip Republika, ada beberapa faktor utama yang dapat menghalangi seseorang dari mendapatkan syafa'at di Hari Kiamat. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW menyebut dua golongan dari umat Muslim yang tidak akan memperoleh syafaat beliau SAW.  

Berikut ini bunyi haditsnya:

عن أبي أمامة رضي الله عنه قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: صنفان من أمتي لن تنالهما شفاعتي: إمام ظلوم، وكل غالٍ مارق 

Diriwayatkan dari Abu Umamah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Ada dua macam umatnya yang tidak akan mendapatkan syafaat dariku, yaitu pemimpin yang zalim, dan orang yang bersikap berlebih-lebihan (dalam beragama)." (HR Ath-Thabrani dalam Al-Mu'jam Al-Kabir)

Hadis tersebut memberikan sebuah pesan, prinsip dasar seorang pemimpin adalah menjaga hak-hak rakyatnya. Ini karena pemimpin merupakan penerus untuk menegakkan hukum Allah SWT dalam berbagai bentuk, misalnya melalui peraturan perundang-undangan.


Golongan Manusia yang Mendapatkan Keteduhan di Hari Kiamat

3 Tanda Akan Terjadi Kiamat Menurut Ilmuwan
Menurut ilmuwan, proses kiamat bisa jadi sudah dimulai. Alam semesta diklaim sudah memasuki tahap awalnya.

Hadits Abu Hurairah menyebutkan, bahwa pemimpin yang adil itu termasuk tujuh orang yang akan diberikan keteduhan pada Hari Kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda, "Tujuh orang akan dinaungi Allah SWT pada Hari Kiamat di bawah bayang-bayang-Nya, (sebab) pada hari itu tidak ada bayangan kecuali bayangan-Nya." (HR Bukhari) 

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, terdapat riwayat dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ في المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ 

"Ada tujuh golongan manusia yang nanti  akan dinaungi Allah dalam naungan ‘Arsy-Nya pada hari yang tiada naungan selain naungan Allah, yaitu: Pertama, pemimpin yang adil dan jujur. 

Kedua, seorang laki-laki yang diajak berselingkuh oleh seorang perempuan cantik dan berpangkat, lalu dia mengatakan 'aku takut kepada Allah rabbal 'alamin'. Ketiga, seseorang yang hatinya tertambat di masjid-masjid. 

Keempat, seseorang yang mempelajari Alquran sejak muda dan terus dibacanya sampai tua. Kelima, seseorang yang merahasiakan sedekahnya sehingga apa yang diberikan oleh tangan kanannya tidak diketahui oleh tangan kirinya. 

Keenam, seseorang yang ingat kepada Allah (berdzikir) di tengah-tengah orang banyak sambil melelehkan air matanya karena takut kepada Allah SWT. Ketujuh, dua orang yang masing-masing bermaksud menjalin persaudaraan karena Allah, lalu berpisah juga dalam keadaan demikian." (Muttafaqun 'alaih) 

Aisyah RA meriwayatkan bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah SAW mengucapkan doa di rumahnya. Beliau SAW berdoa sebagaimana berikut ini: 

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَاشْقُقْ عَلَيْهِ وَمَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ

"Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulit jugalah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia." (HR. Muslim)

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya