Pj Gubernur Sumut: Media Center PON 2024 Lebih Baik dari Olimpiade Paris

Media Center Kominfo untuk PON 2024 mendapat apresiasi. Bahkan dianggap lebih baik dari Olimpiade 2024.

oleh Thomas diperbarui 15 Sep 2024, 21:16 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 21:00 WIB
Suasana media center PON 2024
Suasana Media Center PON 2024

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara tengah mendapat sorotan tajam. Beberapa fasilitas pertandingan viral karena ada yang belum siap. Namun ada juga fasilitas PON 2024 yang menuai pujian yakni media center yang dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Media Center Kominfo pada gelaran Pekan Olahraga Nasional 2024 dianggap sebagai terbaik sepanjang sejarah PON. Media Center yang ada di dua kota, Banda Aceh dan Medan, itu bahkan dianggap lebih baik dari Olimpiade 2024 Paris.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Prabunindya Revta Revolusi mengapresiasi penilaian sejumlah pihak atas media center PON 2024 ini.

Dirjen IKP menegaskan, dukungan media center merupakan komitmen Kementerian Kominfo dalam menyukseskan event olahraga terbesar di tanah air, dengan memberikan layanan tata kelola informasi dan komunikasi terbaik.

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk turut menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, seperti halnya yang telah kami lakukan pada gelaran PON sebelumnya termasuk berbagai event nasional dan internasional lainnya," kata Prabunindya seperti dinukil dari Infopublik.id, Minggu (15/9/2024).

Penyediaan fasilitas media center dikatakan Dirjen IKP berfokus pada kemudahan akses informasi serta kenyamanan bagi para jurnalis yang melakukan peliputan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memudahkan Akses Jurnalis Peliput PON 2024

Logo PON 2024
Logo PON 2024
Media Center PON 2024
Media Center PON 2024

Kementerian Kominfo menyediakan media center dengan standar yang sama di dua lokasi utama, yakni di Banda Aceh dan Medan. Bersama media center satelit yang juga didukung oleh Kementerian Kominfo, media center utama ini menjadi pusat informasi dan komunikasi kegiatan PON XXI 2024. Keduanya dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, jaringan internet cepat, dan area kerja yang nyaman untuk para jurnalis yang meliput.

"Kami memastikan bahwa jurnalis dapat dengan mudah mengakses informasi dan menghasilkan konten yang relevan secara cepat dan akurat. Ini adalah salah satu prioritas utama kami," ujar Dirjen IKP.

Keberadaan media center, katanya, bukan hanya para jurnalis yang diuntungkan, tetapi juga masyarakat yang dapat dengan mudah mengakses informasi terkini terkait pelaksanaan PON XXI. Fasilitas yang tersedia di media center, seperti ruang konferensi pers, area kerja yang luas, hingga dukungan teknis lainnya, membuat proses peliputan menjadi lebih lancar dan efisien.

"Kami ingin memastikan bahwa selama gelaran PON XXI, akses informasi berjalan cepat, akurat, dan tanpa hambatan. Semua ini untuk mendukung keberhasilan PON XXI dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh berita terbaru terkait event ini," ujar Prabunindya Revolusi.


Pujian dari Menpora

Apresiasi terhadap media center Kominfo sebelumnya datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, yang mengaku sangat terkesan dengan fasilitas dan dukungan yang diberikan. "Media Centernya keren banget. Luar biasa," ujar Menpora Dito dalam salah satu kunjungannya ke Media Center PON XXI di Medan.

Baginya, peran media center sangat penting dalam menjaga arus informasi yang lancar dan terpercaya selama berlangsungnya event olahraga terbesar di Indonesia ini.

Senada dengan Menpora, Pj. Gubernur Sumatra Utara, Agus Fatoni, juga menyampaikan pujian yang sama. Bahkan, Fatoni menyamakan Media Center PON XXI dengan media center di event olahraga internasional seperti Olimpiade.

"Media center yang ada saat ini adalah yang terbaik sepanjang sejarah PON, bahkan lebih baik dari media center Olimpiade. Banyak wartawan senior bersaksi tentang hal ini," ungkap Fatoni.

Dukungan Kementerian Kominfo terhadap PON XXI tidak terbatas pada penyediaan media center saja. Kominfo juga berperan dalam mendistribusikan informasi secara luas melalui berbagai platform digital. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa berita dan informasi mengenai PON XXI dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di era di mana informasi digital memainkan peran yang sangat penting.

"Kami berkomitmen untuk mendukung setiap event nasional dan internasional yang diselenggarakan di Indonesia, termasuk PON XXI ini. Media center yang kami bangun bukan hanya untuk para jurnalis, tetapi juga sebagai bentuk dukungan kami dalam menyebarluaskan informasi secara akurat dan cepat kepada seluruh masyarakat," lanjut Prabunindya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya