Peringati Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Peliharaan di Banyuwangi Dapatkan Vaksin Gratis

Melalui Gerakan Obat Cacing Anjing Kucing Terpadu Plus Rabies (Go Cat Plus R) ratusan hewan peliharaan diberikan vaksinasi rabies secara gratis.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 28 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 14:00 WIB
Vaksinasi anti rabies dilakukan terhadap ratusan kucing di Banyuwangi untuk cegah penyeberan rabies (Istimewa)
Vaksinasi anti rabies dilakukan terhadap ratusan kucing di Banyuwangi untuk cegah penyeberan rabies (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) terus aktif dalam mengupayakan kesehatan bagi hewan peliharaan kesayangan masyarakat. Melalui Gerakan Obat Cacing Anjing Kucing Terpadu Plus Rabies (Go Cat Plus R) ratusan hewan peliharaan diberikan vaksinasi rabies secara gratis.

Program Go Cat Plus R tersebut, diselenggarakan untuk peringatan hari rabies sedunia atau World Rabies Day.  Secara serentak di 6 lokasi yaitu Rumah Sakit Hewan (RSH) Banyuwangi, lalu di Puskeswan Rogojampi, Purwoharjo, Muncar, Gambiran dan Genteng. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dispertan Banyuwangi, Drh. Nanang Sugiharto, menyatakan bahwa, sebanyak 400 ekor Hewan Pembawa Rabies (HPR) di seluruh Banyuwangi diantaranya yaitu kucing, anjing, kera dan musang, mendapat vaksin rabies. "Kegiatan itu berguna untuk meningkatkan kesehatan pada hewan dan mencegah penularan penyakit hewan kesayangan kepada manusia," katanya Jumat (27/9/2024).

Dalam acara Go Cat plus R itu, drh. Nanang menambahkan, selain vaksinasi rabies, juga dilakukan pemberian vitamin bagi hewan peliharaan termasuk pemberian obat cacing. Tak hanya itu, dalam kegiatanya juga berlangsung sosialisasi atau edukasi kepada para pelajar. Mereka diajak untuk mengenal profesi sebagai dokter hewan.

Edukasi yang diberikan juga termasuk cara merawat hewan peliharaan agar terhindar dari penyakit dan upaya menjaga kebersihan hewan. "Termasuk kita sosialisasikan atau kenalkan jika Banyuwangi mempunyai RSH," ujar drh. Nanang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyuwangi Bersih Dari Rabies

Diungkapkan oleh drh. Nanang meskipun di Banyuwangi tidak ada kasus rabies, pihaknya serius menjadikan Bumi Blambangan bersih dari rabies. Bagaimana tidak bukan hanya 400 HPR saja yang mendapat vaksin rabies saat Go Cat plus R. Nantinya program pemberian vaksin rabies akan dilanjutkan. "Nanti vaksinasi rabies tetep kita laksanakan untuk ternak atau hewan peliharaan yang dilepas liarkan di beberapa wilayah seperti Blimbingsari, Purwoharjo, Tegaldlimo dan wilayah lain yang banyak HPR. Untuk target kita sekitar 400 sampai 500 yang akan kita vaksinasi. Jadi total kurang lebih 1000 HPR," imbuh drh. Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyatakan bahwa di Banyuwangi dosis yang tersedia saat ini kurang lebih ada sekitar 1000 dosis vaksin rabies. "Prinsip kami apabila hewan kita sehat, maka pemilik juga sehat,” cetus Nanang.

infografis rabies
Orang yang Terkena Rabies Bisa Meninggal?(Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya