Rekomendasi Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan

Bisa dikatakan, Solo termasuk salah satu destinasi wisata favorit bagi pencinta kuliner.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 04 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 15:00 WIB
Wisata Kuliner Solo
Kuliner Timlo Solo (sumber: surakarta)

Liputan6.com, Solo - Kota Solo memiliki ragam kuliner dengan cita rasa menggoda. Kekayaan kuliner ini melengkapi ragam budaya dan destinasi wisata yang dimilikinya.

Bisa dikatakan, Solo termasuk salah satu destinasi wisata favorit bagi pencinta kuliner. Mengutip dari indonesia.travel, berikut rekomendasi kuliner Solo yang dijamin bikin ketagihan:

1. Cabuk rambak

Cabuk rambak umumnya disajikan dalam porsi kecil, sehingga lebih sering dijadikan camilan. Kuliner ini juga cocok dinikmati di sela makan utama.

Cabuk rambak berisi ketupat yang dilumuri saus cokelat pucat berisi biji wijen panggang dan parutan kelapa. Sebagai pelengkap, kerupuk tak lupa ditambahkan.

2. Nasi liwet

Konon, nasi liwet adalah salah satu kuliner paling enak dari Solo. Bukan sekadar nasi biasa, nasi liwet merupakan olahan beras yang diracik dengan santan, kaldu ayam, daun salam, serai, dan rempah pilihan lainnya.

Karena kaya rempah, nasi liwet memiliki aroma yang menggugah selera. Rasanya pun lebih gurih dibandingkan dengan nasi putih biasa. Nasi liwet umumnya disajikan dengan lauk telur dadar atau telur rebus yang dimasak dengan kecap manis, suwiran ayam yang dimasak dengan santan, rebusan labu pedas, dan areh atau saus kelapa kental.

3. Selat Solo

Steak khas Solo yang satu ini sudah cukup terkenal dan banyak diburu wisatawan dari berbagai daerah. Adalah selat solo, sebuah kuliner khas Solo yang dipengaruhi sentuhan budaya Eropa.

Daging sapi pada selat solo diolah dengan teknik direbus dalam kuah kaldu yang terdiri dari bawang putih, cuka, kecap manis, saus worcestershire, dengan sentuhan akhir garam dan merica. Penduduk lokal menganggap selat solo sebagai kombinasi steak, sup, dan salad.

 


Serabi Solo

4. Serabi Solo

Serabi solo menjadi kuliner favorit para pencinta makanan manis. Kuliner ini merupakan olahan makanan dari tepung beras yang dicampur dengan santan.

Adonan tersebut diolah dengan cara digoreng layaknya menggoreng panekuk. Biasanya, serabi solo diberi aneka topping, mulai dari pisang, taburan cokelat, keju, hingga nangka.

5. Timlo

Kota Solo juga memiliki kuliner berkuah ala sup yang lezat. Adalah timlo, semangkuk sup dengan kuah hangat yang menawarkan cita rasa gurih.

Timlo kaya akan sayur dan protein, seperti telur dadar gulung yang dipotong-potong, telur pindang, jamur rebus, aneka sayuran, hingga jeroan ayam yang disiram kuah bening panas. Sebagai pelengkap, timlo juga ditaburi renyahnya bawang goreng.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya