Ondeh Lomaknyo Lawuok Kopiek Ndak Batulang, Muola Cubo Cu

Kabupaten Kampar hingga kini terkenal dengan kuliner ikan kopiek ndak batulang karena rasanya yang enak dan harga terjangkau.

oleh M Syukur diperbarui 28 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2024, 15:00 WIB
Ikan kopiek ndak batulang dari Kabupaten Kampar.
Ikan kopiek ndak batulang dari Kabupaten Kampar. (Liputan6.com/mediacenterriau.go.id foto Heru Mandi di Kali)

Liputan6.com, Pekanbaru - Kampau tamasuok kabupaten taghodang di Provinsi Riau. Namonyo diambiok daghi sungai pambola tompek yang babate langsuong juo Sumatra mudiok itu yaitu Sungai Kampau.

Kabupaten Kampau takonal juo agham tompek roghun basajarah condok Candi Muara Takus juo babagai masakan nan mamanjokan lidah. Khususnyo daghi Sungai Kampau condok lawuok kopiek ndak batulang.

Lawuok kopiek tanomo juo tulang-tulang ketek nan banyak. Bilo dimasak dan memakannyo ndak elok-elok, mako siap-siap ajolah tacokiok tulang sahinggo ghamai uwang ndak mamilio memakannyo.

Tapi baghu-baghu ko lawuok kopiek banyak nan suko dek dagiongnyo memang mani. Uwang ndak takuik lei juo tulangnyo dek olah dibuek pakai caro khusus.

Pambuetan khusus iko mambuek tulang dalam lawuok ilang. Caronyo hampiu samo juo manghilangkan tulang dokek lawuok bandeng.

Biasonyo lawuok iko asonyo lobio lomak bilo dipanggang sehinggo dagiongnyo lobio lombuik. Panghidangonnyo lebih lomak dibakau juo ompa-ompa khusus sehinggo manambah salegho makan. Apaloi kalau lawuok ko ado tolunyo.

Biasonyo lawuok iko disamporonokan juo menu lain untuok manamba lomak asghonyo. Misalnyo gulai pucuok obuong, joyong, lado balacan atau pilado duo disiram limau masam. Ondeh lomak bonou.

Tuok harogonyo ndak mahal-mahal bonou lah, paling Rp50 ghibu lah lengkap juo hidangan lain. Harogonyo taghantuong juo ketek ghodang lawuok nan diposan pengunjuong.

Wakotu dolu lawuok panggang iko hanyo ado di babaropo tompek tapi kini lah bisa ditomui di babarapo tompek makan di jalan lintas Pokanbaghu-Kampau. Bagi nan pajojang daghi dilu muolah mancubo.

 

Berita ini menggunakan Bahasa Ocu, bahasa daerah dan suku dari Kabupaten Kampar Riau. Tulisan ini sebagai apresiasi Liputan6.com dalam memeringati Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Menghargai keberagaman bahasa, tetapi tetap menjunjung bahasa persatuan, Indonesia.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Artinya

Ikan kopiek ndak batulang dari Kabupaten Kampar.
Ikan kopiek ndak batulang dari Kabupaten Kampar. (Liputan6.com/mediacenterriau.go.id foto Heru Mandi di Kali)

Kampar termasuk kabupaten terbesar di Provinsi Riau. Namanya diambil dari sebuah sungai pembelah daerah yang berbatasan langsung dengan Sumatra Barat itu, yaitu Sungai Kampar.

Kabupaten Kampar terkenal dengan sejumlah objek wisata bersejarah seperti Candi Muara Takus serta ragam kuliner yang memanjakan lidah. Khususnya yang berasal dari Sungai Kampar seperti Ikan Tengadak.

Ikan Tengadak terkenal dengan duri kecil-kecil yang banyak. Jika dimasak dan memakannya tidak hati-hati, maka siap-siap saja tersedak duri sehingga banyak orang yang memilih tidak memakannya

Namun beberapa waktu belakangan, ikan ini sangat digemari karena dagingnya memang manis. Masyarakat juga tidak takut lagi dengan durinya karena sudah ada pengolahan khusus.

Pengolahan khusus ini membuat duri dalam daging ikan hilang. Tekniknya hampir sama dengan menghilangkan duri pada ikan bandeng.

Biasanya, ikan ini rasanya lebih sedap jika dibakar sehingga tekstur dagingnya lebih lembut. Penyajiannya lebih enak kalau dibakar dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menambah selera makan. Apalagi kalau ikan ini memiliki telur di perutnya.

Biasanya ikan ini dilengkapi dengan menu lain sebagai penambah cita rasa. Misalnya gule pucuk rebung, jengkol, sambal terasi atau sambal cabe dengan bawang serta tomat disiram jeruk nipis. Nikmat sekali.

Untuk harganya cukup bersahabat dengan kantong karena paling mahal Rp50 ribu lengkap dengan hidangan pelengkapnya. Harga juga tergantung ukuran ikan yang dipesan pengunjung. 

Dulu, ikan bakar ini hanya terdapat di beberapa lokasi saja tapi kini bisa ditemukan di beberapa warung makan jalan lintas Pekanbaru-Kampar. Bagi wisatawan dari luar daerah silahkan mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya