Supaya Tak FOMO, Gen Z Bisa Cek Data Saham di IDX New Listing Information

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai, pengaruh teknologi begitu besar terhadap generasi milenial dan generasi Z.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 14 Sep 2023, 19:44 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2023, 19:40 WIB
Supaya Tak FOMO, Gen Z Bisa Cek Data Saham di IDX New Listing Information
Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan fitur baru bernama IDX New Listing Information pada Rabu, 20 September 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya investasi untuk menyiapkan kehidupan pada masa mendatang. Hal itu tercermin dari peningkatan investor di pasar modal Indonesia. 

Meski demikian, sejumlah masyarakat masih ada yang suka cenderung FOMO atau fear of missing out akan investasi. Sebagaimana diketahui, investasi yang baik dan benar akan menghasilkan keuntungan yang besar. Akan tetapi, masih ada risiko yang perlu diketahui oleh investor. 

Terkait hal tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) pun meluncurkan fitur baru bernama IDX New Listing Information atau publikasi Informasi Pencatatan Perdana pada Rabu, 20 September 2023.

IDX New Listing Information adalah layanan publikasi statistik BEI yang berisi kumpulan informasi dan data terkait pencatatan perdana dari calon perusahaan tercatat di BEI seperti profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan, dan informasi pemegang saham.

Tujuan publikasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan investor, pelaku pasar, dan pemangku kepentingan (stakeholder) terhadap data dan informasi yang komprehensif atas pencatatan perdana saham suatu perusahaan di BEI.

Dengan demikian, hal itu dapat membantu dalam menentukan keputusan investasi, analisa dan penelitian, memberikan rekomendasi, dan mendukung ketersediaan, transparansi, serta akses yang lebih luas atas data pasar modal Indonesia.

Data Analyst BEI Arsyil Hendra Saputra mengatakan, pengaruh teknologi begitu besar terhadap generasi milenial dan generasi Z (Gen Z). Sehingga, BEI pun menilai publikasi data menjadi hal yang penting untuk mereka. 

"Dominasi pasar kita 80 persen generasi milenial dan gen z, di mana mereka tentunya dipengaruhi secara kuat oleh peran media sosial pemberitaan, teknologi ya begitu. Kami juga sudah sempat survei dan riset bersama UI jadi memang kebutuhan akan publikasi statistik data ini penting, buat mereka karena selama ini ketika mereka akan memutuskan jual beli ataupun keputusan untuk berinvestasi,” kata Arsyil, Kamis (14/9/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Baru

Pembukaan Awal Tahun 2022 IHSG Menguat
Aktivitas pekerja di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Senin (3/1/2022). Pada pembukan perdagagangan bursa saham 2022 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung menguat 7,0 poin atau 0,11% di level Rp6.588,57. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia berharap, fitur baru ini akan membantu para investor agar mempermudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. BEI pun terus melakukan edukasi agar investor bisa mengambil keputusan yang tepat saat berinvestasi.

Kepala Unit Pengelolaan Data BEI, Alexander Horas Kurniawan Panjaitan menuturkan, pihaknya menyediakan informasi dari prospektus calon emiten untuk memudahkan para investor dalam mengambil langkah berinvestasi. 

Salah satunya untuk mencegah generasi mudah agar tidak salah mengambil keputusan akibat takut ketinggalan alias FOMO.

"Jadi kondisi perusahaan yang akan listing kelihatan, jadi enggak hanya yang fomo aja. Kami sajikan info keuangan yang fundamental dan kondisi perusahaan. Betul biar ga fomo, nanti ada juga di IDX Mobile,” ujar dia.

Dia bilang, IDX New Listing Information nantinya dipublikasikan kepada publik oleh BEI pada H-1 sebelum pencatatan perdana saham di halaman resmi BEI yaitu: [www.idx.co.id – Pasar – Laporan Statistik – Informasi Pencatatan Perdana]

https://www.idx.co.id/id/data- pasar/laporan-statistik/ informasi-pencatatan-perdana/.

Di samping itu, fitur baru ini menyusun data dengan cara yang terstandar agar informasi dapat diakses dengan mudah. Fitur ini juga mengandalkan sistem database yang dikelola dan dimonitoring oleh BEI serta memberikan solusi data secara keseluruhan. 

Kemudian, IDX New Listing Information pun memudahkan analisis pencatatan saham baru dengan lebih efisien dengan waktu yang lebih singkat. Sehingga, dengan ketersediaan data yang baik dapat memberikan pemahaman yang baik sehingga mengurangi risiko kerugian investasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya