Gejolak Saham Hybe di Tengah Sentimen Belift Lab dan Jin BTS Selesai Wajib Militer

Harga saham Hybe sempat berada di level tertinggi 201.000 dan level terendah 198.500 won Korea Selatan pada perdagangan Kamis, 13 Juni 2024.

oleh Agustina Melani diperbarui 13 Jun 2024, 16:43 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 15:32 WIB
Gejolak Saham Hybe di Tengah Sentimen Belift Lab dan Jin BTS Selesai Wajib Militer
Saham agensi K-pop BTS, Hybe Co Ltd bergejolak di tengah sentimen anak perusahaannya Belift Lab hadapi kontroversi atas video yang menyangkal kesamaan antara grup ILLIT dan New Jeans.(dok. HYBE/Soompi)

Liputan6.com, Jakarta - Saham agensi K-pop BTS, Hybe Co Ltd bergejolak di tengah sentimen anak perusahaannya Belift Lab hadapi kontroversi atas video yang menyangkal kesamaan antara grup ILLIT dan New Jeans.

Mengutip data Google, Jelang Kamis sore, harga saham Hybe melemah 0,05 persen ke posisi 199.000. Harga saham Hybe pun melonjak 0,30 persen ke posisi 199.700 won Korea Selatan. Harga saham Hybe sempat berada di level tertinggi 201.000 dan level terendah 198.500. Seiring koreksi harga saham Hybe itu, kapitalisasi pasar saham Hybe tercatat 8,32 triliun won.

Mengutip allkpop.com, pada 10 Juni 2024, Belift Lab mengunggah video berjudul mengenai posisi Belift Lab tentang klaim plagiarisme di saluran youtubenya. Pada 11 Juni 2024, saham Hybe ditutup 2,2 persen ke posisi 198.000 won Korea Selatan.

Selain itu, meski anggota BTS yakni Jin BTS telah menyelesaikan wajib militernya dan dibebastugaskan pada Rabu, 12 Juni 2024, harga saham Hybe merosot.

Mengutip allkpop, banyak yang menyebutkan, video yang diunggah Belift sebagai alasan utamanya harga saham Hybe melemah.

Adapun video yang diunggah oleh Belift Lab pada 10 Juni 2024 bertujuan membantah tuduhan plagiarisme yang dilontarkan oleh CEO ADOR Min Hee Jin, terkait kemiripan ILLIT dan NewJeans.

Namun, baik orang dalam industri dan warganet mengkritik bantahan itu karena dianggap dipaksakan sehingga menimbulkan reaksi balik.

Pada hari yang sama, Belift Lab juga mengumumkan melalui akun media sosial resminya kalau akan mengambil tindakan hukum terhadap Min Hee Jin dan pemberi komentar kurang baik yang melontarkan tuduhan plagiarisme terhadap ILLIT dan NewJeans.

Selain itu, beberapa analis percaya tindakan Belift Lab dipandang sebagai respons negatif terhadap tawaran rekonsiliasi Min Hee Jin kepada Hybe selama konferensi pers setelah terhindar dari pemecatan dari posisi CEO-nya di ADOR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hybe Lepas 755 Ribu Saham SM Entertainment, Segini Nilainya

Logo SM Entertainment. (SM Entertainment via Soompi)
Logo SM Entertainment. (SM Entertainment via Soompi)

Sebelumnya, perusahaan agensi yang mengelola BTS, Hybe menjual 755.000 saham SM Entertainment senilai 90.531 won Korea Selatan atau sekitar Rp 1,06 juta (asumsi kurs won Korea Selatan terhadap rupiah di posisi 11.818).

Adapun total nilai transaksi akan mencapai sekitar 68 miliar won (sekitar USD 50 juta) atau sekitar Rp 803,37 miliar. Seiring penjualan saham tersebut, kepemilikan saham Hybe di SM Entertainment menjadi 9,37 persen dari sebelumnya 12,45 persen.

Sebelumnya media Korea Selatan Chosun Ilbo melaporkan penjualan tersebut dilakukan karena Hybe memutuskan sahamnya adalah saham minoritas yang tidak memiliki pengaruh terhadap hak manajemen SM, sehingga akan lebih baik menjualnya dalam jumlah besar dan memperoleh keuntungan.

Pada Februari 2023, Hybe kalah dalam upaya mengambilalih SM Entertainment oleh raksasa media sosial Korea Selatan Kakao yang saat ini memegang sekitar 40 persen saham perusahaan tersebut. Langkah itu juga terjadi di tengah pertikaian panjang yang terpisah antara Hybe dan sublabelnya ADOR yang mengelola NewJeans.

Saham Hybe telah anjlok sekitar 13,66 persen sejak 19 April, hari perdagangan terakhir sebelum Hybe meluncurkan audit terhadap ADOR. Pada 25 April 2024, dalam sebuah pernyataan HYBE mengatakan meminta Min Hee Jin untuk mengundurkan diri. Min telah membantah tuduhan tersebut dan menuduh Hybe menyalin konsep grup NewJeans yang dikelola ADOR.

 

 


Siapa Saja Grup dan Artis di Bawah HYBE Labels?

Anggota BTS menyambut kepulangan Jin dari wamil
Anggota BTS menyambut kepulangan Jin dari wamil (Foto: X/ BTS_twt)

Mengutip ranker.com, setelah Big Hit Entertainment berganti nama menajdi HYBE Corporation pada Maret 2021, perusahaan hiburan asal Korea Selatan itu mengumumkan label HYBE yang mencakup Pledis Entertainment, KOZ Entertainment, Source Music dan Big Hit Music.

Dari sisi grup yang di bawah label ini antara lain BTS, TXT, Seventeen, dan ENHYPEN. Lalu ada Le Sserafim, NewJeans.Adapun BTS merupakan grup pertama di Hybe, dan menjadi salah satu grup terbesar.


Harga Saham HYBE Anjlok Setelah Dikabarkan Audit Manajemen ADOR Termasuk CEO Min Hee Jin

DIREKTUR NEWJEANS, MIN HEE JIN BAHAS DUGAAN MANIPULASI PENJUALAN ALBUM OLEH LABEL BTS, HYBE
DIREKTUR NEWJEANS, MIN HEE JIN BAHAS DUGAAN MANIPULASI PENJUALAN ALBUM OLEH LABEL BTS, HYBE

Sebelumnya, harga saham agensi Korea Selatan HYBE Co Ltd anjlok pada perdagangan Senin (22/4/2024). Harga saham Hybe terperosok usai HYBE memulai audit terhadap labelnya ADOR.

Mengutip data google finance, harga saham Hybe anjlok 7,81 persen menjadi 212.500 won Korea Selatan. Harga saham Hybe berada di level tertinggi 238.500 dan terendah 206.000 per saham.

Dikutip dari laman Soompi, ADOR merupakan label HYBE yang didirikan Min Hee Jin pada 2021, dan menaungi NewJeans. Hybe memegang 80 persen saham ADOR, sedangkan 20 persen sisanya dipegang oleh Min Hee Jin dan manajemen ADOR.

Pada 22 April, perwakilan industri melaporkan HYBE memulai audit terhadap manajemen ADOR setelah mendeteksi upaya ADOR untuk menjadi independent.

HYBE dilaporkan mengadakan rapat pemegang saham untuk meminta pertanggung jawaban manajemen ADOR dan juga menunjuk direktur tambahan dari Hybe karena dua direktur ADOR saat ini datang ke perusahaan dari SM Entertainment bersama Min Hee Jin.

Dilaporkan juga HYBE mengirimkan dokumen yang menyerukan pengunduran diri Min Jee Jin sebagai CEO ADOR.  Menanggapi kabar itu, HYBE pun membenarkan mengenai audit tersebut. “Memang benar audit telah dimulai,” ujar Hybe.

Mengutip allkpop.com, CEO Min Hee-jin merupakan produser terkenal dari SM Entertainment. Ia menangani konsep dan branding untuk grup antara lain Girls’ Generation, SHINee, dan EXO. Setelah pindah ke Hybe, ia bertanggung untuk mendesain markas baru Yongsan. Tangan dinginnya membawa kesuksesan girl band NewJeans.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya