Laba Bersih Perusahaan Jalan Tol Ini Sentuh Rp 1,055 Triliun di 2023

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sukses menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun buku 2023 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS) untuk tahun 2024 pada tanggal 20 Juni 2024.

oleh Divina Aulia Rachmani diperbarui 21 Jun 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2024, 13:00 WIB
PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk
Rapat umum pemegang saham tahunan tahun buku 2023 dan rapat umum pemegang saham luar biasa tahun 2024 Jakarta (20/6/2024)

Liputan6.com, Jakarta - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mampu mencatatkan kinerja positif selama 2023. Peningkatan volume lalu lintas di perusahaan pengelola jalan tol ini menandai keberhasilan kinerja operasional mendorong laba bersih Citra Marga Nusaphala Persada melonjak 12,94% menjadi Rp 1,055 triliun. EBITDA Perseroan pun naik sebesar 35,69% menjadi Rp 1,92 triliun.

Direktur Keuangan CMNP Hasyim menjelaskan, peningkatan laba bersih perseroan didorong oleh peningkatan pendapatan di seluruh kelompok usaha CMNP. 

Selain itu, Citra Marga Nusaphala Persada terus berkomitmen pada peningkatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan menjalankan prinsip Environment Social Government (ESG) di seluruh CMNP Group.

"Komitmen ini terbukti dengan penghargaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur atas pemenuhan Corrective Action Plan terkait pengelolaan lingkungan dan sosial dalam proyek Jalan Tol Depok-Antasari yang dilakukan oleh anak usaha PT Citra Waspphutowa," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (21/6/2024).

Pada Kamis kemarin CMNP menjalankan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pada RUPS tersebut, pemegang saham menyetujui Laporan Tahunan serta mengesahkan Laporan Keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Selain itu, disetujui juga Penawaran Umum Terbatas III dengan HMETD serta rencana pinjaman untuk pendanaan Proyek Pengembangan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc Section Harbour Road II, dengan plafon hingga 70% dari total investasi proyek tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepemimpinan Fitria Yusuf

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) direncanakan akan dibuka fungsional untuk Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.
Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) direncanakan akan dibuka fungsional untuk Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

Direktur Operasional CMNP, Djoko Sapto, mengungkapkan bahwa fokus Perseroan saat ini adalah pada proyek Jalan Tol Harbour Road II Elevated, yang melibatkan kontraktor utama PT Wijaya Karya dan PT Girder Indonesia. Progres konstruksi hingga akhir 2023 telah mencapai 10,83%.

Di bawah kepemimpinan Direktur Utama Perseroan, Fitria Yusuf, CMNP Group berhasil menyelesaikan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk pengoperasian ruas Tol Depok-Antasari seksi 2 hingga Sawangan dan Junction Krukut, pengembangan ruas Tol Ancol Timur-Pluit atau HBR II, serta pengoperasian Gerbang Tol Papanggo dan ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Keberhasilan ini tidak hanya terjadi pada entitas BUIT. Ibu Fitria Yusuf juga membawa PT Girder Indonesia menerima penghargaan MURI atas pengerjaan proyek jembatan tercepat di Jalan Tol Cisumdawu.

Dengan disetujuinya rencana PUT III HMETD dan pinjaman untuk pendanaan, diharapkan dua proyek strategis nasional, yaitu pengembangan ruas Tol Ancol Timur-Pluit atau HBR II dan proyek Depok-Antasari-Salabenda seksi 3-4, dapat segera diselesaikan. Langkah-langkah strategis yang diambil oleh Perseroan diharapkan mampu membawa CMNP Group menuju kesuksesan lebih lanjut

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya