Swe Zin Htet, Wakil Myanmar di Miss Universe 2019 Mengaku sebagai Penyuka Sesama

Perwakilan Myanmar, Swe Zin Htet, adalah kontestan pertama di Miss Universe 2019 yang mengakui hal ini secara terbuka.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 08 Des 2019, 17:30 WIB
Diterbitkan 08 Des 2019, 17:30 WIB
Swe Zin Htet (missuniverse.com)
Swe Zin Htet (missuniverse.com)

Liputan6.com, Los Angeles - Ada hal menarik yang dilakukan Swe Zin Htet, perwakilan Myanmar dalam Miss Universe 2019, beberapa hari jelang malam puncak perhelatan ini, yakni Minggu (8/12/2019) malam waktu setempat.

Dilansir dari People, Swe Zin Htet mengungkap bahwa dirinya adalah seorang penyuka sesama jenis, lewat blog Missology pada 29 November 2019 lalu. Dalam blog tersebut, wanita 20 tahun tersebut mengungkap bahwa ia mulai menyadari orientasi seksualnya ini sejak berusia 15-16 tahun.

Pada hari yang sama, ia mengunggah pride flag berbentuk bendera pelangi, sebagai identitas LGBTQ.

Dengan pengakuannya ini, Swe Zin Htet adalah kontestan pertama dalam sejarah Miss Universe 2019 yang mengakui secara terbuka sebagai penyuka sesama jenis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan

Swe Zin Htet (Instagram/ swe_zin_htet)
Swe Zin Htet (Instagram/ swe_zin_htet)

Dalam wawancara dengan People, Swe Zin Het mengungkapkan alasannya untuk membuka orientasi seksualnya. Ia meyakini bahwa hal ini akan membawa pengaruh di negaranya.


Dampak Besar

Swe Zin Htet (Instagram/ swe_zin_htet)
Swe Zin Htet (Instagram/ swe_zin_htet)

"Aku punya platform, bila aku mengaku bahwa diriku adalah seorang lesbian, ini akan membawa dampak besar bagi komunitas LGBTQ di Burma," tuturnya lewat penerjemah.

 


Cap Buruk LGBTQ

Hal ini ia lakukan karena LGBTQ memiliki cap buruk di sana. "Yang sulit adalah di Burma, kaum LGBTQ tak diterima. Mereka dipandang rendah oleh orang dan menjadi sasaran diskriminasi," kata dia.


Sempat Ditolak Keluarga

Wanita yang mendapat julukan "Superman" dari penggemar ini juga sempat mendapat penolakan dari keluarga ketika ia mengakui hal ini kepada mereka sekitar lima tahun lalu.

"Awalnya, mereka marah. Mereka tidak menerimaku. Tapi setelahnya, saat mereka tahu lebih banyak tentang komunitas LGBTQ, mereka mulai menerimaku," tuturnya.


Tiga Tahun

Sebelum Swe Zin Htet mengungkap orientasi seksualnya, tak banyak yang tahu bahwa ia menyukai sesama jenis. Hanya orang dekatnya yang tahu bahwa ia telah tiga tahun menjalin hubungan asmara dengan penyanyi di negaranya, Gae Gae.

 


Lembaran Baru

Swe Zin Htet berharap ia bisa mengadvokasi publik, terutama di negaranya, setelah membuat pengakuan ini.

"Rasanya seperti aku membuka lembaran baru dalam kehidupanku," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya