Damon Koeswoyo Berduet Dengan Rita Effendy Di Lagu Lama Sang Ayah, Cintamu Telah Berlalu

Damon Koeswoyo adalah putra mendiang Tony Koeswoyo musisi Koes Plus.

oleh Telni Rusmitantri diperbarui 26 Sep 2020, 18:30 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2020, 18:30 WIB
Damon Koeswoyo
Damon Koeswoyo berduet dengan Rita Effendy bawakan lagu lama sang ayah Tony Koeswoyo: Cintamu T'lah Berlalu (Dok Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Musisi Damon Koeswoyo memperkenalkan single terbaru. Putra mendiang Toni Koeswoyo ini mengajak Rita Effendy berduet bersama di lagu terbaru bertajuk Cintamu Telah Berlalu.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi dari produser Sirkus Records dijelaskan kolaborasi mereka terjadi dari prakarsa manajemen artis. 

Damon Koeswoyo memang sejak lama berencana berbuat sesuatu untuk salah satu karya cipta ayahnya. Cintamu Telah Berlalu adalah single hits Koes Plus, band legendaris di era tahun 1970-an yang didirikan ayahnya, Tony Koeswoyo. 

Sedangkan bagi Rita  Effendy membawakan lagu ini berduet dengan Damon Koeswoyo menjadi tantangan tersendiri. Sejak dulu Rita memang dikenal sebagai ratunya lagu-lagu bernuansa galau. 

 


Interpretasi

Rita Effendy. (Foto: Instagram ritaeffendyrealaccount)
Rita Effendy. (Foto: Instagram ritaeffendyrealaccount)

Cintamu Telah Berlalu sebenarnya sudah dibawakan oleh beberapa penyanyi terkenal lainnya. Salah satunya Chrisnye . Tapi Rita memberikan sesuatu yang baru dalam menginterprestasikan atau membawakan lagu ini.

Begitu pun halnya dengan Damon Koeswoyo. Permainan gitarnya membuat aransemen musik lagu ini menjadi lebih hidup. Terlebih lagi pada saat solo guitarnya. Musisi berusia 47 tahun ini benar benar memberikan sentuhan indah dalam lagu karya ayahnya ini.

 


Hati dan Jiwa

Damon Koeswoyo
Damon Koeswoyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Abednego Gumono pengamat karya-karya Koes Plus dan Koes Bersaudara mengatakan hal yang menarik tentang duet terbaru ini.

“Saya mengamati kehadiran Mbak Rita Efendy ke Haji Nawi-memang adalah untuk suatu proyek single. Namun saya melihatnya, beliau juga hadir dengan hatinya, dengan jiwanya. Ini bukan semata proyek itu, namun sebagai sebuah relasi insani," katanya. 

Haji Nawi adalah nama jalan yang menjadi basecamp Keluarga Koes Bersaudara di kawasan Jakarta Selatan.

 


Energi dalam Kolaborasi

Damon Koeswoyo
Damon Koeswoyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Damon dan Rita menumpahkan segenap energi mereka dalam kolaborasi ini.

"Saya yakin kehadiran Mbak Rita Efendy menjadi “penyembuh” atau semacam meberikan sebuah “nyawa” tersendiri bagi sebuah proyek ini. Mungkin ini adalah aura atau wibawa seni beliau ya," tambahnya.


Sosok dan Karier Damon Koeswoyo

Damon Koeswoyo
Damon Koeswoyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selama ini sosok Damon Koeswoyo sempat identik dengan band Koes Plus. Di suatu masa Damon sempat menjadi additional player band tersebut. Sesekali bahkan ikut menjadi vokalis mendampingi pamannya, mendiang Yon Koeswoyo di era tahun 1994-1995.

Damon juga tercatat sebagai personel Band Kidnap Katrina, bentukan Anang Hermansyah di era tahun 1990-an. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya