Perjuangan Boyband UN1TY, Baru 3 Bulan Debut Dilanda Pandemi dan Harus Tetap Produktif Berkarya

Boyband UN1TY mengilas balik jatuh bangun di awal debut. Tiga bulan setelah debut pada Desember 2019, pandemi Covid-19 memukul industri musik.

oleh Wayan Diananto diperbarui 09 Des 2021, 11:20 WIB
Diterbitkan 09 Des 2021, 11:20 WIB
UN1TY.
Boyband UN1TY merilis single baru "Friendzone," pada November 2021. (Foto: Instagram @un1ty_official)

Liputan6.com, Jakarta - November 2021, UN1TY menyita perhatian khalayak setelah menang SCTV Awards kategori FTV Paling Ngetop. Bulan yang sama mereka merilis single baru “Friendzone” yang menjadi lagu tema sinetron Dari Jendela SMP.

Merespons pencapaian ini, delapan sekawan Farhan, Shandy, Gilang, Ricky, Fenly, Fajri, Zweitson, dan Fiki tak menyangka, penghargaan pertama justru didapat di bidang akting. Ini sekaligus membuktikan boyband UN1TY seniman multibakat.

Dalam sesi Instagram Live bareng Liputan6.com, Rabu (8/12/2021), para personel UN1TY mengenang masa berat merintis karier. Tiga bulan setelah debut pada Desember 2019, pandemi Covid-19 menghantam industri musik Tanah Air.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Mudah Beradaptasi

UN1TY
Boyband UN1TY merilis single baru "Friendzone," pada November 2021. (Foto: Instagram @un1ty_official)

“Enggak mudah sebenarnya beradaptasi dengan kondisi ini. Tiga bulan setelah kami debut, harus mengalami pandemi. Kami harus memutar otak lagi, bagaimana agar bisa konsisten terus berkarya, supaya enggak kehilangan interaksi dengan pendengar kami,” kata Fiki.

Seiring waktu, berkat bantuan manajemen dan penggemar, UN1TY beradaptasi dengan gaya hidup di tengah wabah. Mereka kembali ke studio rekaman untuk memproduksi single baru. UN1TY mulai menemukan ritme kerja yang pas di single keempat, “Terbunuh Sepi.”

 


Single Keempat dan Wabah

UN1TY.
UN1TY dalam siaran langsung Instagram bersama Liputan6.com, 8 Desember 2021. (Foto: Dok Liputan6)

“Single keempat, kami melemparnya di masa pandemi. (Saat itu) banyak yang harus dibenahi karena keterbatasan kru untuk bikin video musik,” cowok bernama lengkap Muhammad Fikih Aulia membeberkan.

Selama pandemi, para personel UN1TY membiasakan diri bertemu dengan produser dan penata musik di jalur virtual. Adaptasi dan penerimaan diri dijadikan kunci menjaga produktivitas di tengah wabah Corona.

 


Akhirnya Single Kedelapan

Boyband UN1TY menang SCTV Awards 2021 pada November 2021. (Foto: Instagram @un1ty_official)
Boyband UN1TY menang SCTV Awards 2021 pada November 2021. (Foto: Instagram @un1ty_official)

Walhasil, UN1TY kini punya delapan single termasuk “Friendzone,” yang video klipnya baru sebulan mengudara di YouTube namun berhasil menyerap 1,6 jutaan viewers.

“Di single kedelapan sama sekali enggak ada masalah berarti yang menghalangi kami tetap produktif dan berkarya. Semoga tahun depan situasi jadi lebih baik. Kita bisa lebih nyaman bertemu langsung dengan penggemar,” Fiki berharap.


Komunikasi dan Satu Mimpi

Boyband UN1TY. (Foto: Instagram @un1ty_official)
Boyband UN1TY. (Foto: Instagram @un1ty_official)

Tantangan lain, menurut Fenly Christove yakni menjaga kekompakan. Mengingat, mayoritas boyband di Indonesia punya siklus yang sama yakni karier meroket, ditinggal satu-dua personel kemudian meredup. UN1TY punya dua resep merawat kekompakan.

“Pertama, komunikasi yang jelas. Kalau ada sesuatu yang ingin disampaikan, harus disampaikan dengan sopan meski (kami) seumuran. Jadi enggak ada yang tersinggung. Kedua, pelan-pelan (berproses) karena punya mimpi yang sama,” jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya