CongQ Perwira, Musisi dan Produser Penyanyi Top Tanah Air yang Lagu-Lagunya Nyaman di Telinga

Berasal dari Kota Padang, CongQ Perwira dikenal sukses menjadi produser sejumlah penyanyi top Tanah Air.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 05 Sep 2022, 14:09 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 05:20 WIB
CongQ Perwira, produser dan pencipta lagu yang memiliki banyak pengalaman bekerja di bidang lain. (Dok. IST/CongQ Perwira)
CongQ Perwira, produser dan pencipta lagu yang memiliki banyak pengalaman bekerja di bidang lain. (Dok. IST/CongQ Perwira)

Liputan6.com, Jakarta Di dunia musik, nama CongQ Perwira mungkin jarang terlihat di depan layar. Namun di belakang layar, sosoknya bukanlah orang kemarin sore. Pemilik nama Harri Perwira ini memiliki pengalaman kerja di banyak bidang. Namun, tampaknya dunia musik menjadi labuhannya yang paling nyaman.

Berasal dari Kota Padang, CongQ Perwira dikenal sukses menjadi produser sejumlah penyanyi top Tanah Air. Mulai dari Bunga Citra Lestari, Denada, Resa Herlambang, Denny Cagur, bahkan hingga beberapa artis jebolan Indonesian Idol.

Selain itu, CongQ juga menjadi produser lagu Sule dan Rizky Febian berjudul "Papa Telepon" serta "Goyang Bang Jali" yang dinyanyikan Denny Cagur. Terbaru, CongQ Perwira memproduseri single yang dinyanyikan komika Dodit Mulyanto berjudul "Sehidup Semati Sama Kamu".

Kiprah pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, 21 September 1981 di dunia hiburan tak lepas dari kariernya sejak 2008. Kala itu ia bekerja sebagai Exclusive Composer di Aquarius Musikindo (Pustaka Musik). Setelah itu, ia sempat menjadi ceo, produser atau director di berbagai perusahaan rekaman, konser, dan acara televisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemilik Jwara Creative

Pria yang memiliki hobi olahraga sepak bola dan bola basket ini merupakan pendiri sekaligus pemilik Jwara Creative. Sebuah Artist and Talent Management yang di dalamnya terdapat nama-nama beken seperti Dodit Mulyanto, Marcel Radhival, Mas Bruno, Naufa Mirza, dan masih banyak lagi.

Selama memiliki proyek rekaman lagu di bawah Nada Jwara, CongQ Perwira kerap melibatkan diri sebagai produser sekaligus pencipta lagu. Salah satu ciri khas lagu-lagu ciptaan CongQ adalah iramanya yang easy listening dan nyaman di telinga namun bisa mengundang pendengarnya untuk berjoget.

Selain produser, ia juga menjadi music director untuk konser perayaan Sumpah Pemuda pada 2016 lalu di TVRI, director Abang None Tangsel 2017, menjadi juri X Factor Indonesia 2013 dan 2014, serta Indonesian Idol Junior 2014-2018, dan general manager Glossy Indonesia Records.

 


Prestasi

Tak sampai di situ, pria yang sempat memjadi Kepala Kordinator Badan Nasional Penangulangan Terorisme TV 2020 ini juga memiliki sejumlah prestasi membanggakan. Selama bermusik di usia remaja, ia telah memenangkan beragam festival musik. Mulai dari Bahana Suara Pelajar hingga Aneka 1997.

Berkat kemampuannya menjadi produser lagu, karya CongQ Perwira juga pernah membuahkan piala dari AMI Award kategori Penyanyi Dangdut Dashyat pada 2014 melalui lagu ciptaannya yang dinyanyikan Denny Cagur berjudul Goyang Bang Jali.

Tak hanya kategori tersebut, AMI Award juga menobatkannya sebagai Produser/ Penata musik/ Pencipta Lagu Dangdut Terbaik pada 2014. Ia juga sempat menjadi juara 2 pada 2017 untuk Konten Terbaik Festival Konten Program TV (Dari Tanah Papua).

 


Bidang Pekerjaan

Selain menjadi pelaku langsung di dunia hiburan, bidang pekerjaan CongQ Perwira pun meluas ke sport business, application and digital store, production house, event organizer, media, digital advertising, hingga marketing and management in company.

Pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Andalas, Sumbar ini juga sempat mendirikan Bang Jali Record pada 2018 yang menyorot Denny Cagur sebagai maskotnya. Ia juga pernah menjadi produser Stand Up Comedy Papua 2017.

Melihat kiprah CongQ Perwira di dunia hiburan Tanah Air, tak heran bila nanti suatu saat namanya menjadi pusat perhatian tak hanya di belakang layar.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya