6 Fakta Iis Sugianto Konser Tunggal 44 Tahun Berkarya: Gaet Ardhito Pramono Hingga Diet Bobot Turun 4 Kg

Iis Sugianto akan menggelar konser bertajuk Memori Cinta dari Iis Sugianto 44 Tahun Berkarya, di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan, 4 November 2022.

oleh Wayan Diananto diperbarui 01 Okt 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2022, 18:30 WIB
Iis Sugianto.
Iis Sugianto.

Liputan6.com, Jakarta Semester kedua 2022, penyanyi senior Iis Sugianto punya dua proyek besar. Pertama, merilis ulang single lawas “Salah Tingkah” dengan judul dan aransemen baru dari musisi Rishanda Singgih.

Kedua, menggelar konser tunggal bertajuk Memori Cinta dari Iis Sugianto 44 Tahun Berkarya. Sejumlah bintang tamu akan menggebrak panggung konser salah satunya, Ardhito Pramono.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Jumat (30/9/2022), Iis Sugianto menyebut menggelar konser tunggal cita-citanya sejak lama yang baru terkabul setelah berkarier empat dekade.

“Kalau ditanya wartawan atau wawancara di televisi, Mbak Iis apa sih yang belum tercapai? Konser,” katanya. Berikut 6 fakta di balik persiapan konser pelantun “Jangan Sakiti Hatinya.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. 4 November 2022

Andi Rianto digandeng Iis Sugianto dalam konser tunggal. (Foto: Dok. Instagram @andirianto_official)
Andi Rianto digandeng Iis Sugianto dalam konser tunggal. (Foto: Dok. Instagram @andirianto_official)

Konser Memori Cinta dari Iis Sugianto 44 Tahun Berkarya akan digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan pada 4 November 2022 dengan tata musik dan orkestrasi dari Andi Rianto.

Selain Ardito Pramono, sejumlah penyanyi lintas generasi akan mempermanis konser ini yakni Cakra Khan, Marcell Siahaan, Nani Sugianto, dan Segara putra Ebiet G. Ade. “Saya akan membawakan 24 lagu,” beri tahu Iis Sugianto.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2.  Serasa Menerima Mahkota

Iis Sugianto.
Iis Sugianto.

Iis Sugianto meyakini konser tunggal adalah cita-cita semua penyanyi. “Merasa kayak diberi mahkota kalau sudah menggelar konser tunggal. Lengkap sudah kariernya,” ia menjelaskan. Ditanya mengapa baru menggelar konser sekarang, Iis Sugianto mengaku tak tahu.

“Enggak, malah saya tidak terpikir bisa konser di usia segini. Kayaknya sudah waktunya beristirahat, lebih ke ibadah. Namun, semua ini jalan Tuhan, enggak ada yang tahu hidup kita ke depan bagaimana. Saya hanya jalankan yang terbaik,” cetus Iis Sugianto.

 


3. Diet dan Turun 4 Kg

Iis Sugianto dalam konferensi pers peluncuran single baru "Jadi Salah Tingkah," di Jakarta, Jumat, 30 September 2022.
Iis Sugianto dalam konferensi pers peluncuran single baru "Jadi Salah Tingkah," di Jakarta, Jumat, 30 September 2022.

Persiapan yang ditempuh pemilik album Kabar-kabar Burung tak main-main. Agar stamina di atas panggung prima, Iis Sugianto rajin melatih fisik di sasana bersama personal trainer dan diet.

“Saya turun 4 kg karena rajin olahraga dan makan diatur. Saya diet dipandu dokter Cissie Nugraha karena mau memberikan yang terbaik. Sekarang bobot 55 kg, saya pengin jadi 53 kg,” akunya.

 


4. 3 Busana Didi Budiardjo

Didi Budiardjo. (Foto: Dok. Instagram @didibudiardjo)
Didi Budiardjo. (Foto: Dok. Instagram @didibudiardjo)

Untuk mencapai postur tubuh ideal, Iis Sugianto tak banyak makan karbo dan menghindari makanan olahan. Bahkan, tidak nyamil buah karena kadar gulanya berpotensi membangkitkan rasa lapar. Dalam konsernya nanti, ia menjanjikan penampilan tak biasa.

“Ada tiga kostum dengan konsep berbeda yakni elegan, sporty, dan chic. Busana yang akan saya pakai rancangan Didi Budiardjo hasil diskusi dengan show director,” penyanyi kelahiran Jakarta, 17 November 1961 membocorkan.

 


5. Rilis Single Buat Pemanasan

Iis Sugianto.
Iis Sugianto.

Jelang konser, Iis Sugianto merilis ulang single “Salah Tingkah” yang pernah dilempar ke pasar pada 1978 di bawah payung Jackson Records. “Ini jadi semacam pemanasan jelang konser. Saya ingin bikin karya yang kekinian menandai regenerasi penggemar juga,” ujar Iis Sugianto.

Diaransemen ulang oleh Rishanda Singgih, “Salah Tingkah” dirilis di platform digital dengan judul “Jadi Salah Tingkah.” “Kenapa saya tambahkan kata jadi di depan, supaya beda dengan aransemen versi 1978,” ia menyambung.

 


6. Sekali Take Langsung Beres

Iis Sugianto. (Foto: Dok. Instagram @iis.sugianto_)
Iis Sugianto. (Foto: Dok. Instagram @iis.sugianto_)

Iis Sugianto adalah penyanyi dengan jam terbang tinggi lantaran telah melahirkan 36 album sepanjang karier. Karenanya, saat merekam ulang “Jadi Salah Tingkah,” ia sama sekali tak kesulitan meski teknologi yang digunakan di studio beda dengan era 1970-an.

“Prosesnya sangat cepat. Take vokal hanya 1,5 jam. Sekali take langsung beres. Enggak ada mengulang-ulang, alhamdulillah Allah Mahabaik semua dimudahkan,” pungkas Iis Sugianto, antusias.

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan
Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya