Perjuangan Jessica Iskandar Menyusui Sejam Sekali Akibat Kadar Bilirubin Bayi Tinggi, Bulan Ketiga Baru Lega

Jessica Iskandar buka kartu soal perjuangan menyusui atau memberi ASI buat si kecil setiap satu jam. Bahkan, ketika Don Azaiah Jan Verhaag sedang terlelap.

oleh Wayan Diananto diperbarui 13 Okt 2022, 19:23 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 19:20 WIB
Jessica Iskandar. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)
Jessica Iskandar. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar berbagi romantika kala menyusui anak kedua, Don Azaiah Jan Verhaag, yang lahir di Jakarta pada 7 Mei 2022. Masih segar dalam ingatannya, bayi kedua lahir dengan kadar bilirubin tinggi.

Salah satu teknik pemulihan yang mesti dilakukan Nyonya Vincent Verhaag, yakni menyusui atau memberikan ASI ke si kecil setiap satu jam. Bahkan, ketika Baby Don sedang terlelap.

Saat itulah, Jessica Iskandar menikmati romantika begadang. Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com dalam sesi tanya jawab, ia mengaku jam tidur jadi tak teratur. Semua dilakukan demi pemulihan kondisi buah hati.

“Kebetulan waktu Don baru lahir, memang harus menyusui satu jam sekali meskipun saat dia tidur. Jadi harus tetap dibangunkan dan disusui, tapi itu karena ada masalah bilirubin yang tinggi. Jadi harus dikasih ASI setiap jam,” katanya.

 


Proses Perlahan

Jessica Iskandar. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)
Jessica Iskandar. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)

“Tapi itu terbantu sekali dengan penggunaan popok yang baik, bagus. Itu bikin bayi aku enggak pernah mengalami ruam popok terus bocor atau hal lain. Jadi perlahan dari bilirubin tinggi, menyusui tiap jam, itu masalah tersendiri ya,” Jessica Iskandar menyambung.

Hasil tak mengkhianati usaha. Benar kata orang. ASI adalah yang terbaik. Konsistensi dan kegigihan menyusui sejam sekali membuat kadar bilirubin Baby Don berangsur menurun.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bilirubin Mulai Normal

Jessica Iskandar dan Don Azaiah Jan Verhaag. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)
Jessica Iskandar dan Don Azaiah Jan Verhaag. (Foto: Dok. Instagram @inijedar)

“Ketika bilirubinnya mulai normal, tidurnya pun makin bagus,” bintang film Dealova menyambung seraya menambahkan, “Memasuki bulan ketiga, bayi aku sudah bisa tidur nyenyak.”

Momen ini tampaknya sangat membekas di benak Jessica Iskandar. ASI memulihkan. ASI pula yang menguatkan ikatan batin ibu dan anak. Memasuki usia tiga bulan, Jessica Iskandar akhirnya menarik napas lega.

 


Aku Tidurkan Jam 8 Malam

Jessica Iskandar ketika menghadiri peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di Jakarta Convention Center, Kamis (13/10/2022).
Jessica Iskandar ketika menghadiri peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di Jakarta Convention Center, Kamis (13/10/2022).

“Aku tidurkan jam 8 malam sampai jam 5 atau 6 bisa nyenyak tanpa harus ganti popok. Itu menakjubkan sekali. Aku tahu popok mesti diganti tiap dua-tiga jam, tapi semalaman itu saat Baby Don enggak bangun. Aku enggak ganti popoknya,” ungkap Jessica Iskandar.

Pengalaman ini disampaikan aktris kelahiran Jakarta 29 Januari 1988 kala menjadi bintang tamu peluncuran Makuku SAP Diapers Pro Care di Jakarta Convention Center, Kamis (13/10/2022). Jessica Iskandar diperkenalkan kepada jurnalis sebagai brand ambassador Makuku.

Dalam kesempatan itu, Branding Director Makuku Indonesia, Lucky Zheng menjelaskan, peluncuran SAP Diapers Pro Care dilatari fenomena dermatitis popok sebagai salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi.

“Karenanya, varian SAP Diapers Pro Care dengan penyerapan tinggi sekaligus cepat tidak menciptakan osmosis balik sehingga aman untuk kulit bayi yang sangat sensitif. Terima kasih kepada para ibu di Indonesia yang menyambut kehadiran popok generasi terbaru ini,” katanya.

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya