Mak Nyak Aminah Cendrakasih Trending di Twitter, Publik Berduka Kehilangan Legenda di Hari Ibu

Aminah Cendrakasih meninggal sehari sebelum peringatan Hari Ibu 2022.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 22 Des 2022, 11:43 WIB
Diterbitkan 22 Des 2022, 11:42 WIB
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @komunitas_kpfij)
Aminah Cendrakasih dalam kenangan. (Foto: Dok. Instagram @komunitas_kpfij)

Liputan6.com, Jakarta Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Rabu (21/12/2022) di usia 84 tahun. Pemeran Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan ini wafat setelah kurang lebih 10 tahun sakit.

Setelah kabar duka tersiar, nama Aminah Cendrakasih dan Mak Nyak masuk ke jajaran trending topic Twitter dengan ribuan cuitan.

Menurut pantauan Showbiz Liputan6.com, hingga Kamis siang, kata Mak Nyak dicuit hingga lebih dari 8 ribu kali, sementara nama Aminah Cendrakasih dicuit lebih dari 9 ribu kali.

Warganet menyampaikan belasungkawa atas kepergian Aminah Cendrakasih yang wafat hanya satu hari sebelum peringatan Hari Ibu yang jatuh pada Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kehilangan Aktris Legendaris

[Bintang] Eksklusif Aminah Cendrakasih
Menurut penuturan anak keenam, awalnya tahun 2007, terjatuh dikamar mandi. Dengkulnya geser dan tulang iga retak. Setelah sehat, Aminah kembali jatuh di kamar mandi. Setelah itu, Mak Nyak penglihatannya juga mulai bermasalah. (Adrian Putra/Bintang.com)

Warganet berduka karena Indonesia telah kehilangan sosok legendaris yang pernah dimiliki dunia seni peran Tanah Air.

"We've lost a legend on Mothers Day. Hari ini, telah berpulang Aminah Tjendrakasih. Veteran sinema Indonesia, ada di film2 penting seperti Asrama Dara (1958) karya Usmar Ismail," kata salah satu warganet.

"Innalilahi wa innailaihi roji'un... selamat jalan mak nyak...dlm serial si doel mak nyak jd contoh seorang ibu yg sangat baik & banyak hikmah yg bisa dipetik," tambah warganet lainnya.


Apresiasi

Lebih lanjut, cucu Aminah Cendrakasih mengungkap, sang nenek bahagia karena sepak terjangnya selama puluhan tahun di dunia seni peran selalu diapresiasi.

"Kalau nenek cerita dari masa mudanya lumayan strugling, dengan karier yang sudah ditempuh sampai di usia senior masih dapat penghargaan, apresiasi, dan masih mengenang adegan beliau di serial Si Doel," ujar Vina dikutip dari YouTube Intens Investigasi.


Karya

Aminah Cendrakasih meninggal dunia dengan mewariskan lebih dari 120 film Indonesia buat para pencinta sinema. Almarhumah pernah beradu akting dengan Suzzanna hingga generasi Rey Bong.

Semasa hidup, ia dikenal memiliki rentang akting luas lantaran bisa memerankan karakter antagonis hingga protagonis. Salah satu yang ikonis tentu saja Mpok Lela alias Mak Nyak dalam film box office Si Doel The Movie.

Infografis Peranan Penting Orang Tua dalam Pengasuhan Anak (Parenting)
Infografis peranan penting orang tua dalam pengasuhan anak (parenting) Source: Kementerian Sosial Reublik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya