Hasil Uji Lab Cenora Harimau Alshad Ahmad yang Mati Dirilis, Alami Penurunan Fungsi Organ

Penjelasan Alshad Ahmad soal harimaunya yang mati. Hasil uji lab telah keluar.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 05 Okt 2023, 12:05 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2023, 12:01 WIB
Alshad Ahmad
Penjelasan Alshad Ahmad soal harimaunya yang mati. Hasil uji lab telah keluar. (Foto: Instagram/ alshadahmad)

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari dua bulan setelah kematian Cenora, Alshad Ahmad akhirnya merilis hasil uji laboratorium untuk mengetahui penyebab kematian anak harimaunya. Dia memberi penjelasan bersama paramedis dan kurator yang bernama Asep Heri.

Pertama, sepupu Raffi Ahmad ini membahas berdasarkan histopatologi yang merupakan cabang dari biologi yang mempelajari fungsi jaringan yang berhubungan dengan suatu penyakit.

"Di kini kita lihat jantung enggak ada kelainan, sehat, limpa degenerasi, ginjal kiri dan kanan degenerasi. Hampir semua organ degenerasi," tutur Alshad Ahmad dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (5/10/2023).

Asep Heri kemudian menjelaskan apa yang dimaksud degenerasi. Itu berarti kemunduran fungsi organ atau sel.

"Fungsinya tidak efisien lagi, biasanya karena usia, tapi bisa karena faktor lain yang tidak mesti ke umur. Bisa jadi karena infeksi, genetik, bisa penyakit, paparan obat, jadi dari deskripsi histopatologi, sebagian besar organ Cenora degenerasi," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Karakter Cenora yang Lebih Kalem

Alshad Ahmad
Alshad Ahmad (Foto: Instagram/ alshadahmad)

Hasil diagnosis morfologi pun sama, yaitu menunjukkan paru-paru, limpa, hingga ginjal mengalami degenerasi. Alshad lantas bertanya, apakah Cenora bisa selamat jika diagnosis ini diketahui sejak awal?

"Itu kita harus general check up dari pas lahir, tapi kan apakah itu memungkinkan untuk general check up? Kalau dari yang saya lihat Cenora lebih kalem dari Teona (saudara harimaunya) karena kan sifat bapaknya juga seperti itu," paparnya.


Berpengaruh pada Daya Tahan Tubuh

Karena degenerasi organ, maka daya tahan tubuh Cenora menjadi lemah. Berbeda dengan Teona saudaranya.

"Tapi ternyata secara genetik Cenora lebih kurang tahan terhadap suatu penyakit. Daya tahan tubuh di bawah normal, lemah. Jadi kalau ada penyakit masuk atau udara jelek sedikit dia akan sangat berpengaruh, beda dengan Teona," ungkapnya.


Hasil Autopsi Cenora

Diberitakan sebelumnya, merujuk kepada hasil autopsi, tak ada tanda-tanda bekas benturan di tubuh harimaunya. "Hasil autopsi enggak ada memar atau rusak akibat benturan di badan atau organ Cenora. Sudah di X-Ray juga hasilnya bagus," jawab Alshad Ahmad.

Hasil autopsi juga menunjukkan bahwa organ-organ tubuh Cenora dalam kondisi bagus. "Liver atau hati Cenora itu bagus dan sehat jadi bukan karena keracunan," ujarnya.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Berbagai Polusi Berdampak pada Perubahan Iklim
INFOGRAFIS JOURNAL_ Berbagai Polusi Berdampak pada Perubahan Iklim (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya