Coldplay Berikan Donasi Sebuah Kapal Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane

Coldplay kerap dikenal memiliki perhatian pada pelestarian lingkungan.

oleh Aditia Saputra diperbarui 20 Nov 2023, 18:56 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 07:00 WIB
Konser Coldplay
Aksi panggung Coldplay di Jakarta sukses menghibur puluhan ribu penggemar yang sudah lama ingin melihat secara langsung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Grup band Coldplay merayakan kesuksesan konser mereka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 15 November dengan lebih dari sekadar penampilan.

Chris Martin dan para anggota band tak hanya menghadirkan hiburan musik, tapi juga menitikberatkan perhatian pada pelestarian lingkungan.

Selain melarang pengunjung membawa plastik ke area konser, Coldplay juga melakukan aksi nyata dengan mendonasikan sebuah kapal pembersih sampah, yang dikenal sebagai Interceptor, untuk Sungai Cisadane di Jawa Barat.

 


Apresiasi

Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Kapal berwarna biru-putih tersebut sedang dalam proses persiapan, dan perkembangannya dapat dipantau melalui laman resmi atau akun Instagram The Ocean Cleanup. Kolaborasi antara The Ocean Cleanup dan Coldplay ini menjadi langkah nyata dalam mengatasi masalah sampah plastik yang merusak lingkungan. (Liputan6.com/IG/@theoceancleanup)

Langkah ini terungkap melalui unggahan resmi akun The Ocean Cleanup yang menyampaikan apresiasi atas kontribusi mereka.

"Kembali lagi, Coldplay memberikan dukungan bagi misi The Ocean Cleanup dalam upaya penyelamatan lautan dari ancaman pencemaran plastik dengan pengenalan Interceptor kedua mereka, diberi nama Neon Moon II," tulis akun The Ocean Cleanup dikutip Minggu (19/11/2023).

 


Membantu

Kapal Pembersih Sampah Donasi Coldplay
Menariknya, kapal sejenis, Neon Moon I, yang sebelumnya dioperasikan oleh The Ocean Cleanup, telah berhasil membersihkan sekitar 1 juta kilogram plastik dan mencegahnya mencapai lautan. (Website The Ocean Cleanup)

Interceptor ini diharapkan dapat membantu membersihkan sungai Cisadane dari limbah plastik yang menjadi masalah serius. Coldplay, tidak hanya kali ini saja, sebelumnya juga telah terlibat dalam berbagai inisiatif lingkungan.

Chris Martin sebelumnya telah mengungkapkan komitmen bandnya terhadap lingkungan di lokasi tur konser mereka.

"Visi kami adalah mewujudkan konser tanpa menggunakan plastik sekali pakai, yang sebagian besar ditenagai oleh energi surya," ucapnya.

 


Kontribusi

"Sebagai band yang telah melakukan banyak tur besar, kami ingin berkontribusi dengan cara yang positif. Bagaimana kami bisa mengubah paradigma konser ini dari sekadar mengambil, menjadi momen yang memberi dampak positif bagi lingkungan?" jelas Martin.

Ini menunjukkan upaya mereka untuk membuat perbedaan dalam cara tur musik dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya