Sule Ungkap Rencana Mahalini Jadi Mualaf Jelang Menikah dengan Rizky Febian, Bakal Menjalani Rangkaian Kegiatan Islami

Dalam sebuah vlog selama di Bali, Sule menyatakan bahwa Mahalini akan menjadi mualaf sebelum menikah dengan Rizky Febian.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 06 Mei 2024, 19:24 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2024, 18:00 WIB
Siap Menikah Esok Hari, Ini 10 Potret Perjalanan Cinta Rizky Febian dan Mahalini
Rizky Febian dan Mahalini (Sumber: Instagram/mahaliniraharja)

Liputan6.com, Jakarta Rencana pernikahan Mahalini dan Rizky Febian tinggal menghitung hari. Setelah menggelar prosesi adat Bali di kediaman Mahalini, beberapa hari lagi pelantun "Sisa Rasa" akan dipersunting Rizky Febian melalui prosesi akad nikah secara Islam.

Seolah enggan membuat publik berspekulasi soal keyakinan Mahalini setelah menjadi istri Rizky Febian, Sule pun mengunggah momen selama di Bali melalui vlog di kanal YouTube miliknya. Dari situ, ia menyatakan bahwa Mahalini akan menjadi mualaf.

Sebelum membeberkan calon menantunya akan mualaf, Sule terlebih dahulu menjelaskan tujuan dari prosesi yang dijalani oleh Mahalini dan Rizky Febian selama menggelar upacara adat Bali. Disampaikannya, bahwa setelah prosesi adat Bali, Mahalini sudah menjadi tanggung jawab keluarga Sule.

"Jadi pamitan dari keluarga yang dibawa sama calon. Calon mempelai pria meminta izin kepada leluhurnya. Jadi ini bukan resepsi," ujar Sule singkat, mengutip pernyataannya di kanal YouTube SL Media, Minggu (5/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prosesi yang Dijalani Mahalini Sebelum Menikah Secara Islam

Rizky Febian Kenakan Beskap saat Prosesi Ngidih dan Mepampit Jelang Pernikahan Bersama Mahalini.
Rizky Febian Kenakan Beskap saat Prosesi Ngidih dan Mepampit Jelang Pernikahan Bersama Mahalini. [@nindypricilia]

Selanjutnya, Sule menyampaikan terlebih dahulu bahwa setelah ini, Mahalini akan menjalani rangkaian acara Islami. Sebelum akad nikah, Mahalini terlebih dahulu menghadiri acara pengajian.

"Nanti ada rangkaian lainnya. Setelah ini, rangkaiannya ada pengajian, baru akad," ucap Sule mengungkapkan di awal video.

Setelah acara selesai, Sule dalam video yang sama kembali menegaskan bahwa keluarga Mahalini sudah mengizinkan calon menantunya untuk berpindah keyakinan dan siap menikah di Jakarta secara Islam.

"Alhamdulillah, semua sudah selesai. jadi ini tuh acara Mepamit, pamitan dari keluarga dan juga leluhurnya Lini, bahwasanya Lini akan berpindah agama. Dan sudah diizinkan, dan Lini sudah diperbolehkan untuk menikah secara agama kami, nanti di Jakarta," tutup Sule.


Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian

Mahalini dan Rizky Febian.
Mahalini dan Rizky Febian di acara Mepamit, Minggu (5/5/2024). [Foto: Instagram/emanuel_ak]

Setelah melaksanakan prosesi adat Bali di kawasan Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali, Rizky Febian dan Mahalini akan menjalani ijab kabul yang kabarnya digelar di Jakarta pada Rabu (8/5/2024) mendatang.

Namun hingga kabar ini disusun, belum ada penjelasan secara langsung maupun merinci dari pihak Rizky Febian maupun Mahalini soal akad nikah dan respesi pernikahan mereka.

 

 


Prosesi Adat yang Dijalani Selama di Bali

Mengutip informasi dari akun Instagram @rfasmusic, sebelum Mepamit, Mahalini dan Rizky Febian terlebih dahulu melangsungkan upacara adat Dharma Suaka.

Pelaksanaan Dharma Suaka dilakukan calon mempelai pria untuk meminta izin dalam meminang atau ngidih kepada keluarga calon mempelai wanita agar bisa melanjutkan langkah menuju jenjang berikutnya.

Setelah itum barulah prosesi dilanjutkan dengan upacara Mepamit, yakni calon pengantin wanita atau pradana meminta izin kepada para leluhur untuk menikah. Ke depannya, calon mempelai wanita menjadi tanggung jawab calon mempelai pria (purusha) serta keluarganya.

Rangkaian acara yang digelar di kediaman Mahalini pada hari ini baru menjadi pembuka menuju rangkaian prosesi lainnya menjelang hari pernikahan kedua penyanyi.

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya