Krisdayanti Kritik Tapera, Singgung UMR Pekerja hingga Masa Pensiun dan Inflasi

Kebijakan Pemerintah terkait Tabungan Perumahan Rakyat alias Tapera menuai kecaman publik. Krisdayanti ikut mengkritik Tapera seraya membahas inflasi.

oleh Wayan Diananto diperbarui 05 Jun 2024, 10:30 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 10:30 WIB
Krisdayanti
Kebijakan Pemerintah terkait Tabungan Perumahan Rakyat alias Tapera menuai kecaman publik. Krisdayanti ikut mengkritik Tapera seraya membahas inflasi. (Foto: Dok. Instagram @krisdayantilemos)

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Pemerintah Indonesia terkait Tabungan Perumahan Rakyat alias Tapera menuai kecaman publik. Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti ikut mengkritik kebijakan ini.

Nyonya Raul Lemos meminta Pemerintah memikirkan ulang Tapera mengingat dampaknya sangat terasa terhadap gaji para pekerja khususnya yang masih di level UMR alias upah mininum regional.

Krisdayanti juga menyinggung masa pensiun pekerja hingga inflasi yang berdampak pada kenaikan harga barang termasuk rumah. KD juga menyoroti investasi semestinya tidak dipaksakan.

“Kalau kita bicara investasi itu berarti sesuai dengan keinginan kita dan kebutuhan kita dong ya. Dan juga kita enggak muluk-muluk, harus realistis juga dengan hasil yang kita dapatkan per bulannya,” kata Krisdayanti soal Tabungan Perumahan Rakyat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak Muda dan Investasi

Unggahan akun Instagram Banteng Senayan dan Krisdayanti. (Foto: Dok. Instagram @bantengsenayan)
Unggahan akun Instagram Banteng Senayan dan Krisdayanti. (Foto: Dok. Instagram @bantengsenayan)

Kritik pelantun “Menghitung Hari” dan “Mencintaimu” disampaikan lewat video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi Krisdayanti dan @bantengsenayan, pada Rabu (5/6/2024).

“Kalau anak-anak muda mau investasi ke saham atau ke emas atau mungkin hanya mau sewa rumah, itu kan kehendak masing-masing pekerja dong. Jadi jangan juga dipaksakan,” ia menyambung.


Pekerja Dengan UMR

Krisdayanti
Krisdayanti bersama delegasi Indonesia yang dipimpin Puan Maharani terbang ke China untuk kunjungan kenegaraan. Ia mampir ke Chengdu Tianfu Art Gallery. (Foto: Dok. Instagram @krisdayantilemos)

“Nah untuk kita ambil rata-rata saja deh. Misalkan pekerja dengan UMR, di 5 juta atau 7 juta. Kayaknya kalau nanti sampai, masa pensiunnya mereka di 58 tahun,” Krisdayanti menambahkan.

Ibu 4 anak ini ragu, di masa pensiun pekerja bisa mendapat hunian mengingat harga rumah dipengaruhi banyak faktor termasuk inflasi. Jangan-jangan setelah pekerja pensiun, saldo Tapera mereka tak cukup untuk beli rumah.


Karena Inflasi

Krisdayanti
Krisdayanti mengunggah dokumen berisi tulisan tangan Megawati Soekarnoputri untuk Mahkamah Konstitusi (MK), menyinggung palu godam dan demokrasi. (Foto: Dok. Instagram @dhirmanputra)

“Itu belum tentu mereka juga bisa dapat rumah karena inflasi, harga rumah juga pada di atas harga 600 juta. Jangan-jangan mereka pensiun nanti umur 70, ya kan. Jadi itu kan hal yang enggak mungkin. Jadi coba tolong dipikirin lagi deh,” pungkas KD.

Menyertai video ini, disertakan keterangan: Tabungan Perumahan Rakyat yang akhir-akhir ini digadang-gadang bahwa seluruh pekerja wajib menyisihkan sebagian gajinya untuk tabungan perumahanTidak tinggal diam, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kris Dayanti juga menyuarakan keresahan yang dimilikinya. Menurutnya, investasi seharusnya tidak dipaksakan!

 

 

 

 

Banner Infografis 10 Jenis Pekerja Dipotong 2,5-3 Persen Iuran Tapera. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Banner Infografis 10 Jenis Pekerja Dipotong 2,5-3 Persen Iuran Tapera. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya