Kejagung Ungkap Kondisi Harvey Moeis Suami Sandra Dewi di Penjara: Tak Ada Disparitas, Pelayanan Sama

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Harli Siregar, klaim tak ada perbedaan perlakuan terhadap Harvey Moeis usai jadi tersangka kasus korupsi timah.

oleh Wayan Diananto diperbarui 09 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 10:00 WIB
Harvey Moeis
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Harli Siregar klaim tak ada perbedaan perlakuan terhadap Harvey Moeis usai jadi tersangka kasus korupsi timah. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung atau Kejagung RI, Harli Siregar menjelaskan kondisi terkini Harvey Moeis yang ditahan setelah resmi jadi tersangka kasus korupsi timah yang merugikan negara sekitar Rp271 triliun.

Ia menyebut kondisi suami Sandra Dewi baik-baik saja dalam tahanan. Kepada para jurnalis, Harli Siregar membantah rumor Harvey Moeis diistimewakan selama berada dalam tahanan.

“Saya kira standar seperti tersangka lain karena tidak ada disparitas. Semua SOP-nya ada, pelayanannya sama,” katanya seraya menggarisbawahi status hukum Sandra Dewi saat ini masih sebagai saksi.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Senin (8/7/2024), Harli Siregar menyatakan 5 aset Harvey Moeis telah disita yakni berupa bidang tanah dan bangunan di Jakarta.

 


Melacak Vila di Australia

Harvey Moeis
Kejaksaan Agung RI mengatakan pihaknya tengah menghitung total kerugian negara setelah Harvey Moeis menjadi tersangka dalam kasus korupsi timah. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Setelahnya, Kejagung terus menggali informasi dan mendalami aset-aset Harvey Moies lainnya termasuk kabar yang menyebut ayah dua anak itu punya vila mewah di Australia.

“Semua informasi kita hargai dan hormati. Kita jadikan sebagai bahan penelusuran termasuk (vila di Australia) kita teliti. Kalau terkait nominal tentu nanti akan dihitung,” Harli Siregar menyambung.


Mobil Mewah hingga Tanah Bangunan

Profil dan Agama Harvey Moeis Suami Sandra Dewi, Ditangkap Karena Terlibat Kasus Korupsi Timah
Potret Harvey Moeis, suami Sandra Dewi (Sumber: Instagram/sandradewi88)

Belasan aset Harvey Moeis telah disita Kejagung setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022.

“Tapi, yang sudah disita itu ada beberapa unit mobil. Kalau tidak salah ada 7 unit mobil mewah ditambah 5 bidang tanah dan bangunan,” ujarnya lalu menambahkan, jet pribadi bukan milik Harvey Moeis.

 


Aset yang Terafiliasi

Diperiksa Sebagai Saksi, Sandra Dewi Tebar Senyum
Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Publik lantas bertanya-tanya apakah belasan aset yang disita ini seluruhnya milik Harvey Moeis atau ada yang atas namanya dan Sandra Dewi. Kejagung hingga kini masih mengecek.

“Dari aset itu kan aset HM (Harvey Moeis) dan yang terafiliasi. Apakah terafiliasinya itu dengan SD (Sandra Dewi) nanti akan bisa diungkap,” Harli Siregar mengakhiri.

Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Jauh di Bawah Negeri Jiran. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya