Rayakan Idul Adha, Roro Fitria Kirim Doa untuk Leluhur dari Kamar

Meski tak mudik, Wanita yang menganut Islam Kejawen ini mengaku tetap mengirimkan doa dan bunga dari dalam kamar di apartemennya.

oleh Sylvia Puput Pandansari diperbarui 15 Okt 2013, 20:00 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2013, 20:00 WIB
roro-fitria-131015c.jpg

Karena pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini tak pulang, Roro Fitria tentu kehilangan ritual untuk nyekar--datang ke makam keluarga atau leluhur. Tak mau melewatkan adat penting itu, wanita yang menganut Islam Kejawen ini mengaku mengirimkan doa dan bunga dari dalam kamar di apartemennya. 

"Kalau di Yogja kan ada ritual  nyekar itu. Biasanya ke tempat makam papa, Alm. R. Soeprapto Sastrodiningrat, trus juga ke tempat Ibu Ratu. Aku nggak pernah lupa. Aku selalu nyempetin waktu ke sana. Kirim doa ke sana, ke Parang Kusumo," katanya ketika berbincang dengan Tim Liputan6.com via telepon, Selasa (15/10/2013). 

Meski mengunjungi Parang Kusumo memang tak berkaitan banyak dengan Hari raya Idul Adha, itu adalah kebiasaan yang telah diajarkan keluarganya sejak dulu. Namun sebagai niat orang yang beragama, Roro juga menjalankan ibadah puasa lebih lama dari orang kebanyakan. 

"Selain yang aku sebutin tadi itu, aku juga puasa. Kalau orang-orang paling pas mendekati Hari H, kalau aku seminggu puasanya, lalu tiga hari terakhir aku kirim doa dan haturkan bunga dari kamar doa di apartemen," 

Wanita yang mengaku punya teman makhluk astral ini selalu mendoakan almarhum ayah, kakek dan nenek, juga para leluhurnya. "Iya aku doain semua. Abis salat dia, papa aku, keluarga aku sama leluhur raja-raja Mataram," tukasnya. 

Roro Fitria mengaku hanya melestarikan kebudayaan dan adat-istiadat leluhurnya. Ia menampik jika dikatakan sebagai penganut musyrik [baca: Hidup di Era Digital, Roro Fitria Pertahankan Tradisi Kejawen]. "Aku kan Islamnya kejawen, aku cuma melestarikan kebudayaan Jawa saja karena saya dilahirkan dalam benteng keraton yang kental dengan budaya itu," tandasnya.(Ppt/Feb)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya