Demi Minyak Goreng Curah, Warga di Banyuwangi Harus Antre Berjam-jam

Puluhan warga di Kabupaten Banyuwangi,, rela antre berjam-jam demi mendapatkan minyak goreng curah di salah satu toko pengecer yang berada di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (19/3/2022).

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 20 Mar 2022, 11:04 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2022, 11:04 WIB
Masyarakat rela antre berjam- jam demi mendapatkan minyak goreng di Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Masyarakat rela antre berjam- jam demi mendapatkan minyak goreng di Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi Puluhan warga di Banyuwangi harus rela antre berjam-jam demi mendapatkan minyak goreng curah di salah satu toko pengecer di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (19/3/2022).

Masyarakat datang berbondong-bondong membawa jerigen berbagai ukuran hingga galon mineral untuk mendapatkan minyak goreng curah yang dijual Rp 15.300 per kilonya ini.

Abdul Karim (62) yang ikut antre minyak goreng, mengaku sudah sangat lama mengantre demi mendapatkan minyak goreng tersebut.

"Saya mulai ngantre sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.50 WIB, berjam-jam sudah dan panas-panasan juga tadi," kata warga asal Desa Boyolangu, Kecamatan Giri ini.

Pantauan di lapangan, ada juga ibu-ibu yang membawa balitanya rela jauh-jauh datang dari Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, hanya untuk mendapatkan minyak goreng curah tersebut.

Ia adalah Maryati (32), menurut dia baru pertama kali ini sampai antre berjam-jam untuk membeli minyak goreng curah.

"Saya langganan sekitar 2 tahunan di sini. Baru sekarang ini ngantre, kalau kemarin tidak sampai setengah jam ngantrinya sudah dapat," kata Maryati.

Hal senada disampaikan Linda (41), menurutnya minyak goreng kini sulit didapat, sehingga rela mengantre untuk bisa dijual kembali ke konsumen.

"Saya sampai disini sejak pukul 10.00 WiB, dari pagi udah banyak yang ngantre. Kami belinya Rp 15.300, kalau dijual lagi paling ya dapat untung Rp 1.000 per kilonya," kata warga Kecamatan Kalipuro ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibatasi

Sementara kasir toko pengecer minyak goreng curah, Sinta menyampaikan, rata-rata para pembeli ini adalah pedagang dan penjual gorengan.

"Kita jual per kilonya itu Rp 15.300. Kalau sebelum langka kita jual Rp 12.100," sebutnya.

Menurutnya, sejak toko dibuka pukul 08.00 WIB sudah banyak warga yang mengantre. Penjualan minyak goreng curah inipun dibatasi agar para pembeli kebagian.

"Kita jualnya per kilo. Tadi dibatasi 60 kilo per orang, karena yang ngantre tambah banyak, kita batasi 20 kilo, supaya kebagian semua," pungkas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya