Longsor di Silo Jember Telan Korban Jiwa, Akses Jalan Putus

Selain menyebabkan korban jiwa rumah rusak, longsor juga menyebabkan akses jalan ke Dusun Tanah Manis putus, sehingga petugas gabungan membersihkan akses jalan tersebut agar bisa dilalui.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Nov 2022, 10:05 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2022, 10:05 WIB
longsor-ilustrasi-131201b.jpg
longsor-ilustrasi

 

Liputan6.com, Jember - Tanah longsor menerjang Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember pada Senin sore 7 November 2022. Akibatnya, satu orang meninggal karena rumahnya tertimbun longsoran dan sejumlah rumah rusak.

"Hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam di Jember menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa kecamatan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo.

"Satu korban yakni Tijeh (65) meninggal dunia karena tertimbun longsor di dalam rumahnya, sedangkan cucunya bernama Dian berhasil keluar dari timbunan longsor yang merobohkan rumahnya," tuturnya.

Selain menyebabkan korban jiwa rumah rusak, longsor juga menyebabkan akses jalan ke Dusun Tanah Manis putus, sehingga petugas gabungan membersihkan akses jalan tersebut agar bisa dilalui.

"Petugas dan relawan gabungan juga mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya rawan longsor susulan dan membuka akses jalur yang terputus akibat material longsor menutup badan jalan," katanya.

Sementara Kapolsek Sempolan AKP Suhartanto mengatakan ada beberapa titik longsor di antaranya terjadi di jalan masuk ke Dusun Tanah Manis dan Dusun Garahan Kidul masuk areal kawasan kebun PTPN XII Kebun Tanah Manis, kemudian longsor juga menerjang komplek pemukiman warga dusun setempat.


Angin Kencang

"Kami melakukan koordinasi dengan pihak Kabag Afdeling Tanah Manis, serta berkoordinasi dengan BPBD Jember dan Muspika Silo untuk melakukan evakuasi material tanah yang menutup badan jalan akses jalan yang tertimbun longsor," ujarnya.

Berdasarkan data BPBD Jember, angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kemacetan di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Ajung, Kaliwates, Ambulu dan Silo.

Infografis banjir dan longsor di Jawa Tengah
Banjir dan longsor terjadi di Jawa Tengah bagian selatan (liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya