Cerita Datul, Desainer Muda Asal Kenjeran Surabaya yang Karyanya Pikat Hati Artis Ibu Kota

Mawaddatul Haq (24), desainer muda asal Kenjeran Surabaya, sukses memikat sejumlah artis ibukota seperti Ria Ricis hingga istri dari Atta Halilitar, Aurel Hermansyah, untuk memakai jasanya.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 19 Mei 2023, 20:04 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 20:04 WIB
Mawaddatul Haq (24), desainer muda asal Kenjeran Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Mawaddatul Haq (24), desainer muda asal Kenjeran Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Mawaddatul Haq (24), desainer muda asal Kenjeran Surabaya, sukses memikat sejumlah artis ibukota seperti Ria Ricis hingga istri dari Atta Halilitar, Aurel Hermansyah, untuk memakai jasanya.

"Selebgram yang pernah pakai jasaku yaitu Tasyi Asthasyia, Alifhia Fitri, Shella Saukia, Ririe Fairus, Nanda Arsyinta, Lita Hutami, Almineta dan Mila Alawiyah. Sedangkan kalangan artis yakni Felicya Angelista, Ria Ricis, Aurel Hermansyah, Dinda Hauw, Ghea Indrawari dan Anisa Rahman," ujarnya di Surabaya, Jumat (19/5/2023).

Desainer yang akrab disapa Datul ini memulai karirnya sejak lulus sarjana fashion desain pada 2020. Dia berani membuka pesanan berupa custom order gown pada 2021. Sebagai Gen-Z, Datul memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya.

"Bikin strategi pemasaran di TikTok yang Alhamdulillah langsung melejit dan ramai banget," ucap desainer kelahiran 1998 di Surabaya ini.

Datul mengaku bersyukur karena punya keluarga dalam hal ini suami dan orangtua yang mendukung penuh.

"Suami bener-bener support banget dan mengizinkan istrinya jadi wanita karir. Orangtua juga support dengan cara kasih motivasi dan pandangan tentang mental dan jiwa seorang pengusaha yang harus siap dengan segala risiko," ujarnya.

Datul mengaku punya kekhasannya sendiri. Dia kerap mendesain gaun yang sparkling dengan detail payet juntai dan ruffle yang super khas di gaun.

"Walaupun klien aku berhijab atau gak berhijab, netizen pun bisa tebak kalau gaun itu rancangan dari aku," ucapnya.

Selain itu, lanjut Datul, punya desain yang khas ini tak lepas dari figur Ayu Dyah Andari. Desainer tersebut merupakan idola Datul.

"Desainnya benar-benar khas dengan detail bunga yang jadi ikoniknya. Sama halnya kayak aku yang khas dengan sparkling yang bisa bikin orang-orang tahu kalau itu desain rancanganku tanpa aku bilang," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ditangani Sendiri

Datul mengaku sempat punya pengalaman yang tidak mengenakkan. Pengalaman itu dia dapatkan di awal karirnya. Dia sempat merasa bingung karena mengerjakan desain, pola, sampai jahit semuanya sendiri.

"Waktu TikTok ku mulai viral itu sangat senang, tapi juga bingung dan capek karena chat di WhatsApp sehari bisa sampai 250-300 orang buat tanya-tanya dan mau order," ucapnya.

Datul menegaskan, pada saat di situasi kebingungan tersebut dirinya akhirnya mencari tim yang tepat untuk media sosialnya.

"Sekali lagi, tanpa dukungan orangtua, keluarga, suami serta tim tersebut, aku gak bisa berdiri di kaki sendiri hingga sampai kayak sekarang," ujarnya.

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia
Infografis desainer Indonesia di pentas fesyen dunia (Liputan6.com/Trie Yasni))
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya