Ratusan Polisi RW Mulai Beraksi di Banyuwangi, Pastikan Masyarakat Aman dan Tertib

Polisi RW akan bertugas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkup yang lebih dekat dengan masyarakat.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 23 Mei 2023, 22:13 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 22:13 WIB
Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan pakaikan rombi polisi RW yang akan bertugas di Banyuwangi (Istimewa)
Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan pakaikan rombi polisi RW yang akan bertugas di Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Polresta Banyuwangi mulai menerjunkan ratusan personel hingga tingkat rukun warga (RW) di setiap desa dan kelurahan.

Polisi RW akan bertugas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkup yang lebih dekat dengan masyarakat.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, program Polisi RW dibentuk sebagai upaya dari kepolisian untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berada di lingkungan wilayah RW.

Polisi RW ini bertugas untuk dapat mewujudkan lingkungan yang aman, kondusif dan sehat, bersama-sama dengan ketua RW setempat dan seluruh elemen masyarakat,” kata AKBP Dewa kemarin, Selasa (23/5/2023).

AKBP Dewa menjelaskan, Polisi RW dalam menjalankan tugas menyesuaikan lingkungan dengan pendataan potensi gangguan Harkamtibmas, serta akan berkoordinasi dan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa utamanya terkait informasi.

“Polisi RW Banyuwangi, untuk meminimalkan gangguan, ancaman, maupun hambatan sehingga masyarakat bisa hidup, tumbuh, serta berkembang dalam produktivitas masing-masing,”jelas AKBP Dewa.

Wakapolresta Banyuwangi itu juga menyebutkan, program Polisi RW merupakan salah satu langkah kepolisian yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan dari pada penegakan hukum.

Selain itu, Polisi RW juga bisa diminta untuk membantu tugas-tugas pemerintah daerah di tingkat RW, semisal memberikan saran untuk pemberdayaan ekonomi warga, membantu program kesejahteraan masyarakat dan program strategis lain di tingkat RW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantu Tugas Pemerintah Daerah di Tingkat RW

Listyo Sigit
Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkap kasus peredaran sabu jaringan internasional seberat 1,196 ton di Pusdik Intelijen, Kabupaten Bandung, Kamis (24/3/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

“Keberhasilan Polisi itu adalah saat ia mampu mencegah kejahatan. Kita harapkan dengan adanya Polisi RW, Banyuwangi semakin kondusif dan aman,” jelasnya.

Wakapolresta Banyuwangi juga mengajak seluruh personel Polisi RW dalam melaksanakan tugas dengan ikhlas, bertanggung jawab dan menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan layanan terbaik.

“Dengan kerjasama yang baik, bakal tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga, sehingga bisa meminimalisir tindak kejahatan,” pungkas Dewa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya