Eri Cahyadi Bagikan 2.000 Tiket Nonton Gratis Pembukaan Piala Dunia U-17 untuk Pelajar Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membagikan 2.000 tiket gratis Piala Dunia U-17 untuk pelajar SD hingga SMA untuk pembukaan Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Jumat 10 November 2023.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 10 Nov 2023, 11:18 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 11:18 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membagikan 2.000 tiket gratis Piala Dunia U-17 untuk  pelajar SD hingga SMA untuk pembukaan Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Jumat 10 November 2023.

"Ada 2.000 tiket yang kita gratiskan untuk anak-anak sekolah. Jadinya gratis SMA, SMP dan SD. Kita bagi ada 2.000," kata Eri Cahyadi, Kamis (9/11/2023).

Eri menjelaskan mekanisme pembagian tiket tersebut akan dilakukan melalui sekolah-sekolah. Sekolah akan mendapatkan tiket sesuai dengan jumlah siswa dan dibagikan secara acak.

"Jadi tiketnya langsung, terusan. Jadi langsung bisa digunakan untuk (menonton) pertandingan pertama dan kedua," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa tiket Piala Dunia U-17 untuk pertandingan hari pertama di Stadion GBT sudah habis terjual. Bahkan, tiket pertandingan hari pertama itu terjual bukan hanya di gate barat namun seluruhnya.

"Jadi kita memang dijatah 38 ribu (tiket). Dari 38 ribu (tiket) untuk pertandingan hari pertama pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB, sudah habis," ungkapnya.

Di sisi lain, Wali Kota Eri juga menyatakan terkait dengan transportasi menuju Stadion GBT. Ia menyebut jika kendaraan shuttle bus dan feeder telah disiapkan di beberapa titik untuk mengangkut penonton Piala Dunia menuju area Stadion GBT.

"Karena tidak boleh ada kendaraan yang masuk ke area GBT, semuanya hanya diperbolehkan bus. Kecuali untuk kendaraan yang memang sudah diberikan tanda stiker, yang itu khusus untuk Presiden dan undangan-undangan tertentu," jelasnya.

Wali Kota Eri memastikan bahwa Stadion GBT Surabaya sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17. Bahkan sebelumnya, FIFA sudah meninjau langsung persiapan di Stadion GBT.

"Mohon doanya untuk seluruh warga Indonesia, khususnya warga Surabaya, acara Piala Dunia U-17 besok bisa berjalan lancar, aman, dan selamat. Dan sukses untuk Timnas Indonesia agar meraih kemenangan dari fase grup," pungkasnya.


Tidak Ada Penutupan Jalan

Piala Dunia U-17 2023
Menpora Dito Ariotedjo, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketum PSSI Erick Thohir bersama trofi Piala Dunia U-17 (istimewa)

Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto memastikan bahwa tidak ada penutupan akses jalan di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya selama Piala Dunia U-17 yang dimulai pada 10 November mendatang.

"Namun, hanya ada penjagaan berlapis yang menuju area stadion. Kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa," ujarnya usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Mapolda Jatim, Rabu (8/11/2023).

Untuk itu, kata Irjen Imam, pihaknya memetakan titik-titik kerawanan yang perlu diwaspadai Piala Dunia U-17 di Stadion GBT Surabaya. "Kami mainkan di Tactical Floor Game terkait dengan pengamanan besok," ucapnya.

Dalam TFG ini, lanjut Irjen Imam, pihaknya membeber peta raksasa di atas pantai. Di sana dipaparkan sejumlah titik kerawanan yang perlu diwaspadai, mulai dari kerawanan kemacetan, kepadatan di area pintu masuk maupun potensi lainnya.

"Nah di TFG ini permasalahan-permasalahan kerawanan yang akan muncul kami bahas, termasuk solusinya kami pahamkan petugas-petugas lapangan," ujarnya.


Pengamanan Hotel Pemain

Suasana latihan peserta Piala Dunia U-17 2023 di Bali
Suasana latihan peserta Piala Dunia U-17 2023 di Bali (Dok LOC Piala Dunia U-17)

 

Sementara pengamanan di kawasan hotel, dinilai oleh Imam tidak ada masalah. Karena sudah ada petugas yang siaga di masing-masing hotel tempat menginap para pemain dari beberapa negara seperti Timnas Panama, Maroko, Ekuador, Mali dan Kanada.

"Pengamanan kami lakukan bubble to bubble, jadi tidak ada kekhawatiran untuk para pemain, official, penonton dari asing, itu betul-betul merasa nyaman dan aman di Surabaya," ujar Irjen Imam.

Irjen Imam juga berharap seluruh masyarakat Jatim tutut serta menyukseskan gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia ini.

"Masyarakat sekitar ayo kita sukseskan, ini adalah kepercayaan dunia untuk Indonesia, supaya Piala Dunia U-17 FIFA 2023 sukses di Surabaya, di Jawa Timur," ucapnya.

Infografis 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Jadi Saksi Sejarah
Infografis 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia Jadi Saksi Sejarah (Liputan6com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya