Pakar Unair Beberkan Tantangan Implementasi Penerbitan Rupiah Digital

Penggunaan rupiah digital diharapkan membawa dampak positif terhadap sektor ekonomi dengan meningkatkan investasi serta pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 29 Mei 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 22:00 WIB
Rupiah Digital
Rupiah Digital. Dok: Bank Indonesia

Liputan6.com, Surabaya - Pakar ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof. Raditya Sukmana menyambut baik rencana Bank Indonesia (BI) menerbitkan rupiah digital.

Menurutnya, penerbitan rupiah digitaluntuk mengurangi biaya tinggi yang terkait dengan penggunaan uang tunai dan menciptakan efisiensi dalam sistem keuangan nasional.

Prof. Raditya mengatakan adopsi rupiah digital diharapkan dapat meminimalkan biaya tinggi yang terkait dengan penggunaan uang tunai dan menciptakan efisiensi dalam sistem keuangan.

"Jadi, rencana Bank Indonesia untuk mendigitalkan uang itu harus kita apresiasi. Karena selama yang kita gunakan ruang kertas dan koin itu biayanya sangat tinggi," katanya dalam keterangan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/5/2024).

Meskipun demikian, Prof. Raditya menekankan implementasi rupiah digital dihadapkan pada sejumlah tantangan.

Misalnya, terkait infrastruktur dan literasi teknologi, terutama di daerah-daerah yang belum memiliki akses yang memadai terhadap internet dan pemahaman teknologi.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi di masyarakat dianggap sebagai kunci sukses untuk mengatasi kendala itu.

Penggunaan rupiah digital diharapkan membawa dampak positif terhadap sektor ekonomi dengan meningkatkan investasi serta pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Penerapan teknologi digital juga diharapkan dapat meningkatkan keamanan transaksi, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan.

"Ketika tentunya dengan digitalisasi dan juga keamanan, masyarakat tentu akan lebih percaya dan tentu jaminan atas uang itu menjadi lebih terjamin dibandingkan dengan yang sekarang ada," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potensi Inflasi

Dosen Unair tersebut mengungkapkan bahwa dalam mengelola kebijakan moneter dan keuangan, BI akan mempertahankan prinsip-prinsip yang sama meskipun dalam format yang berbeda dengan adopsi rupiah digital. Itu tidak akan mengubah substansi dari kebijakan moneter BI.

Terkait dengan potensi dampak pada inflasi, ia menjelaskan bahwa transisi ke Rupiah Digital hanya akan mengubah format tanpa mengubah substansi.

Meskipun demikian, studi mendalam tentang mekanisme inflasi dan dampaknya pada harga barang dan jasa di masyarakat tetap diperlukan.

"Selama kemudian masyarakat itu tetap berbelanja terus dengan uang tersebut, itu akan naik, kemudian inflasi akan tinggi," tuturnya.

Infografis Nilai Tukar Rupiah
Infografis Nilai Tukar Rupiah (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya