Pengasuh PP Tebuireng Jombang Terpilih Jadi Ketua PWNU Jatim 2024-2029

Dalam pemilihan Ketua PWNU Jatim menggunakan mekanisme kedua, karena ada dua bakal calon Ketua PWNU Jatim, yakni K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin dan K.H. Makki Nashir.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 04 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 14:00 WIB
Pj Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. (merdeka.com)
Pj Ketua PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. (merdeka.com)

Liputan6.com, Jombang - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin secara resmi terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim masa khidmat 2024-2029.

Keputusan terpilihnya Gus Kikin ini ditetapkan pada Sidang Pleno V Konferwil NU Jatim yang dipimpin jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), yakni Wakil Ketua Umum PBNU H Amin Said Husni. Ia didampingi oleh Ketua PBNU Gus Aizuddin Abdurrahman.

"Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz ditetapkan sebagai Ketua PWNU Jatim masa khidmat 2024-2029," kata Amin Said dalam sidang Pleno V itu dipusatkan di Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Kabupaten Jombang, Sabtu malam.

Amin Said juga menjelaskan dalam NU ada dua mekanisme pemilihan ketua. Pertama, ditempuh dengan acara musyawarah mufakat dan yang kedua dilakukan pemungutan suara berdasarkan tata tertib.

Diketahui, dalam pemilihan Ketua PWNU Jatim menggunakan mekanisme kedua, karena ada dua bakal calon Ketua PWNU Jatim, yakni K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin dan K.H. Makki Nashir.

K.H. Makki Nashir merupakan Ketua PCNU Bangkalan sekaligus dzurriyah Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

Dalam sidang penjaringan atau pemilihan bakal calon ketua tanfidziyah, Gus Kikin memperoleh 38 (88 persen) usulan.

Sedangkan Kiai Makki mendapat dukungan lima (12 persen) peserta sidang. Dengan ini, Gus Kikin dianggap sah sebagai calon Ketua PWNU Jatim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


K.H. Anwar Manshur Jadi Rais Syuriah PWNU Jatim

Sementara Kiai Makki tidak memenuhi syarat sebagaimana tata tertib Konferwil NU Jatim yaitu minimal memiliki 30 persen usulan. Adapun total hak suara ialah 43, karena PCNU Banyuwangi tidak memiliki hak suara dan PCNU Kediri tidak hadir.

Konferensi Wilayah ke-18 NU Jawa Timur di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang juga telah menetapkan Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri K.H. Anwar Manshur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim 2024-2029.

Penetapan Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut telah disahkan pada Sabtu (3/8) sore di Universitas K.H. Hasyim Asyari Jombang, saat sidang pleno IV Konferwil ke-18 NU Jawa Timur tersebut.

Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Panas Dingin Hubungan PBNU dengan PKB. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya