Internet di Suriah Tumbang Lebih Dari 7 Jam

Belum diketahui siapa atau apa yang menyebabkan tumbangnya koneksi internet di negara yang sedang dilanda perang itu.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 21 Mar 2014, 10:40 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2014, 10:40 WIB
Internet network
Ilustrasi internet (trustedreviews.com)

Liputan6.com, Suriah Setelah lebih dari tujuh jam padam, koneksi Internet di Suriah akhirnya mulai pulih kembali. Belum diketahui siapa atau apa yang menyebabkan tumbangnya koneksi internet di negara yang sedang dilanda perang itu.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan monitoring internet melaporkan bahwa koneksi Internet di Suriah tumbang. Data trafik internet yang masuk dan keluar dari negara itu kemarin tiba-tiba saja berhenti, tidak menunjukkan adanya aktivitas apapun.

Menurut perusahaan monitoring internet Renesys, satu-satunya akses internet yang masih hidup hanya via TurkTelecom yang menghubungkan kota Aleppo. Aleppo adalah kota terbesar di Suriah. Perusahaan internet monitoring Akamai juga melaporkan gangguan yang serupa.

Kelompok yang menamakan dirinya sebagai "European Cyber ​​Army" mengaku bertanggung jawab atas padamnya internet tersebut. Mereka memposting pesan itu di situs berbagi Pastebin.

Kelompok ini mengklaim aksi pemadaman itu dilakukan sebagai serangan pembalasan atas aksi hacking yang dilakukan Syrian Electronic Army (SEA) ke sejumlah situs AS dan Eropa beberapa tahun lalu. Syrian Electronic Army  merupakan kelompok hacker pro Presiden Bashar Assad.

"Seperti yang mungkin Anda sadari atau tidak, Suriah tersapu dari Internet!," tulis kelompok itu. "SEA merupakan ancaman serius ... Sebuah ancaman yang harus dinetralisir sebelum menyebar seperti penyakit!", lanjutnya.

Spekulasi penyebab putusnya internet di Suriah terus berkembang. Dalam pesan yang diposting di Syrian Arab News Agency, pemerintah mengklaim, "komunikasi regional dan internasional dan jaringan internet terputus di semua provinsi karena adanya gangguan di kabel serat optik".

Tidak jelas yang mana sumber penyebab padamnya internet di Suriah. Internet di sana tumbang sejak pagi kemarin dan mempengaruhi hampir seluruh negara, kata Renesys.

Ini bukan pertama kalinya internet di Suriah tumbang. Pada November 2012, pemadaman besar-besaran pernah terjadi dan semua warga tidak bisa mengakses internet termasuk saluran telepon selama beberapa hari. Dan Mei 2013 lalu, gangguan yang sama kembali terjadi, jaringan internet, mobile, dan kabel tidak dapat diakses.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya