Makin Canggih, Monitor Jantung Hanya Seukuran Kapsul

Kini dunia medis telah memberikan banyak manfaat luar biasa berkat teknologi yang kian berkembang pesat.

oleh Iskandar diperbarui 09 Jun 2014, 20:05 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2014, 20:05 WIB
Tubuh Wanita Ditanami Monitor Jantung Terkecil di Dunia
Foto: ubergizmo.com

Liputan6.com, Selandia Baru - Teknologi tak hanya menyelimuti perangkat mobile dan internet. Kini dunia medis juga telah memberikan banyak manfaat luar biasa berkat teknologi yang kian berkembang pesat.

Susan Mundt, wanita asal Taranaki, Selandia Baru adalah salah satu manusia di dunia yang dapat menikmati kecanggihan medis. Dalam tubuh wanita berusia 43 tahun tersebut ditanami monitor jantung terkecil di dunia atau sekitar ukuran kapsul.

Sebelum dipasangkan alat ini, Mundt mengaku merasa gugup. Namun setelah proses pemasangan selesai, beberapa jam setelah itu ia mengatakan merasa normal dan tidak merasa ada yang mengganjal di tubuhnya.

Dalam hal ini ahli jantuh Dr Clyde Wade menggunakan Medtronic Reveal LINQ Implantable Cardiac Monitor berukuran mungil, yang secara nirkabel dapat mendiagnosa denyut jantung yang tidak teratur. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Selasa (10/6/2014).

Keberhasilan pemasangan alat kesehatan khusus ini diharapkan dapat menjadi langkah ke arah yang lebih baik bagi dokter untuk lebih dapat mencegah jumlah risiko penyakit jantung yang mengakibatkan kematian.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya