Mengintip Aktivitas Mencengangkan di Pabrik Kamera Canon Jepang

Setelah mengunjungi kantor pusat Canon , tim Tekno Liputan6.com diundang untuk hadir di salah satu pabrik kamera Canon di Oita, Jepang..

oleh Iskandar diperbarui 12 Feb 2015, 08:15 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2015, 08:15 WIB
Mengintip Aktivitas Mencengangkan di Pabrik Kamera Canon di Jepan
Foto: Aktivitas di Pabrik Canon Inc, Oita, Jepang

Liputan6.com, Oita - Setelah mengunjungi kantor pusat Canon Inc di Shimomaruka, Tokyo, tim Tekno Liputan6.com kembali diundang secara eksklusif untuk hadir di salah satu pabrik kamera milik Canon Inc di Oita, Jepang.

Pada kesempatan langka ini kami diajak untuk melihat bagaimana proses produksi kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) dan lensa EF Canon. Dari mulai proses molding, assembling hingga pembuatan printed circuit board (PCB) kamera.

"Dalam proses produksi, hampir semuanya menggunakan man-machine atau pekerja yang dibantu dengan robot," kata Masahori Iwatake, Assistant Manager Human Resources Oita Canon Inc.

Pada tahun 2016 mendatang, lanjut Iwatake, aktivitas produksi pabrik kamera yang memiliki luas lahan 150 hektar ini ditargetkan akan mengadopsi full-automatic.

"Produk digital imaging yang diproduksi di sini, di antaranya adalah kamera EOS, EOS cinema, dan professional use camera. Semua produk yang kami produksi di Oita, sebagian besar adalah perangkat premium. Begitu pula dengan produk lensa," papar Iwatake.

Menurut pantauan kami, setiap ruangan yang terdapat di pabrik Oita Canon Inc ini sangat steril, bebas debu, dan temperatur yang selalu terjaga. Namun sayang, selama kami berada di sini, kami dilarang untuk mengambil foto.

Sebagai informasi, pabrik kamera dengan luas bangunan sekitar 357 hektar ini didirikan sejak tahun 1982 dan mulai memproduksi kamera digital pada tahun 2000.

(isk/dhi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya