Catat, Ini Lokasi Telepon dan Internet Gratis di Donggala dan Palu

Selama proses pemulihan berlangsung, masyarakat di wilayah tersebut dapat mengakses internet dan telepon secara gratis. Informasi ini disampaikan langsung oleh Telkom.

oleh Jeko I. R. diperbarui 30 Sep 2018, 20:19 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2018, 20:19 WIB
Tim Sar mengevakuasi korban gempa Palu dan Donggala.
Tim Sar mengevakuasi korban gempa Palu dan Donggala. (Basarnas)

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, jaringan komunikasi langsung lumpuh.

Operator telekomunikasi Telkomsel juga mengakui jaringan 4G-nya terganggu akibat pemadaman listrik, meski akhirnya berangsur pulih.

Selama proses pemulihan pasca-gempa berlangsung, masyarakat di wilayah tersebut dapat mengakses internet dan telepon secara gratis yang disediakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Telkom dan Telkomsel.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Telkom lewat keterangannya, Minggu (30/9/2018).

Akses gratis tersebut diberikan lewat jaringan Wifi.id bagi wilayah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami.

Lewat SSID "TelkomPeduli", internet gratis ini sudah bisa diakses di kantor Telkom di wilayah Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi dan Poso.

Berikut daftar alamat kantor Telkom yang menyediakan akses internet gratis:

Palu: Jl. Juanda No. 25 Palu

Donggala: Jl. Kamata No 46 Kab Donggala

Ampana: Jl. Muslaeni, Uentanaga Bawah, Ampana Kota.

Banggai: JL Yogugu Sopia, Lambako, Banggai, Banggai Laut

Luwuk: Jl. M.T. Haryono, Soho, Luwuk

Marisa: Jl. Trans Sulawesi, Marisa utara

Parigi: Jl. Telkom, Masigi, Parigi

Poso: Jl. Urip Sumoharjo No.3, Kasintuwu, Poso Kota Utara.

Di sana, masyarakat bisa memakai internet secara gratis. Telkom juga menyediakan fasilitas charger untuk mengisi ulang daya secara cuma-cuma, mengingat saat ini di beberapa lokasi banyak yang kesulitan listrik.

Tak cuma itu, ada juga fasilitas sistem komunikasi satelit dengan Satellite News Gathering (SNG) yang dibawa dari Makassar ke Palu. 

Adapun untuk telepon dan SMS gratis, disediakan langsung dari Telkomsel. 

Untuk bisa memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat harus beranjak di halaman Grapari Telkomsel Palu. Alamat Grapari Telkomsel Palu Jl. Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Lolu Utara, Palu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jaringan 4G Telkomsel Berangsur Pulih

Gempa dan Tsunami Melanda Palu
Seorang pria memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

4G Telkomsel pun pada hari ini, Minggu (30/9/2018) mulai berangsur pulih dan sudah bisa diakses di sebagian wilayah terdampak gempa.

Selain itu, Telkomsel juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang, dapur umum serta memberikan fasilitas telepon dan SMS gratis di posko GraPARI Palu.

Operator yang identik dengan warna merah ini juga memfasitasi para pelanggannya untuk berdonasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengumumkan untuk saat ini layanan komunikasi SMS dan suara sudah normal, sedangkan layanan data 4G juga sudah berangsur pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-Toli, Buol, Pasangkayu dan Tondo di Kota Palu.

Untuk mempercepat pemulihan, Telkomsel telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

“Sebagai operator yang memiliki cakupan terluas di Sulawei Tengah, Telkomsel terus berupaya maksimal untuk memulihkan jaringan di wilayah-wilayah yang terkena bencana. Untuk itu, tim kami bergerak cepat dalam waktu kurang dari 24 jam memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS. Kami juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang dan dapur umum di depan GraPARI Palu,” kata Denny dalam keterangan resminya.

“Kami atas nama Telkomsel turut berduka atas terjadinya bencana gempa di Sulawesi Tengah ini dan memohon maaf atas ketidaknyaman akibat gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi. Telkomsel juga mengirimkan bantuan berbagai kebutuhan para korban seperti kebutuhan pokok, medis, dan akses telekomunikasi dengan memberikan fasilitas telpon dan SMS gratis,” tutup Denny.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya