4 Inovasi Paling Keren di Samsung Forum 2019

Ada kulkas yang bisa memesan tiket pesawat hingga TV resolusi 8K. Cek 4 inovasi terkeren di Samsung Forum 2019.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 26 Mar 2019, 15:00 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2019, 15:00 WIB
Samsung TV QLED 8K di Samsung Forum 2019, Singapura
Samsung TV QLED 8K di Samsung Forum 2019, Singapura. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Singapura - Samsung memborong beragam inovasi terbarunya di acara Samsung Forum 2019 di Singapura.

Inti dari acara ini bukan sekadar memamerkan produk saja, melainkan unjuk gigi kemampuan Samsung di bidang konektivitas.

Produk-produk baru Samsung dirancang agar tidak sekadar memiliki fungsi tunggal, melainkan dengan sejumlah nilai tambah untuk menghasilkan Connected Living (Hidup Terkoneksi).

Ambil contoh kulkas Family Hub yang dapat membantu memesan transportasi online dan menyetel musik.

Samsung juga menghadirkan Galaxy Home untuk menyatukan pengendalian peralatan rumah lewat perintah suara.

Samsung Forum 2019 di Singapura. Dok: Tommy Kurnia/liputan6.com

"Sekarang generasi terobosan teknologi sedang memasuki hidup kita. IoT (Internet of Things), AI (Artificial Intelligence), dan yang paling kritikal: 5G," tegas Eugene Goh, President, Samsung Electronics Singapore pada pembukaan Samsung Forum 2019, Senin (25/3/2019) di Singapura.

Apa saja inovasi paling keren di Samsung Forum 2019? Berikut Tekno Liputan6.com rangkum empat produk paling menarik serta keunggulannya pada forum mereka di Singapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. TV QLED 8K

Samsung Forum 2019
Penampakan TV QLED 8K jadi primadona di Samsung Forum 2019. (Liputan6.com/ Tommy Kurnia)

Andalan Samsung di forum ini adalah TV QLED 8K. Fitur unggulan TV tersebut adalah bisa melakukan upscaling resolusi konten hingga mendekati 8K serta memiliki kecerahan hingga 4.000 nits.

Produk ini memiliki kemampuan mengenali kebiasaan menonton penggunanya, bahkan bisa menggunakan Microsoft 365. Warna yang tajam dan konsisten dari berbagai sudut juga menjadi hallmark TV ini.

TV QLED ini juga memiliki Ambient Mode agar bisa menjadi penghias interior ketika tak ditonton.

TV ini hadir dalam ukuran 65 inci, 75 inci, 82 inci, dan yang paling besar 98 inci. Harganya mulai dari 80 jutaan hingga Rp 1,5 miliar untuk ukuran terbesar. Jadwal masuk Indonesia diprediksi pada April dan Mei 2019.


2. Galaxy Home

Galaxy Home di Samsung Forum 2019, Singapura
Galaxy Home di Samsung Forum 2019, Singapura. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Speaker Galaxy Home bisa dibilang adalah inti dari Connected Living. Semua smart appliances Samsung bisa diatur lewat perintah suara kepada Galaxy Home yang memiliki asisten virtual bernama Bixby.

Cara mengaturnya adalah lewat aplikasi SmartThings milik Samsung. Setelah setting integrasi tiap peralatan selesai, letakkan Galaxy Home di titik strategis seperti ruang keluarga dan langsung beri perintah kepada Galaxy Home dengan menyapa "Hai, Bixby."


3. Soundbar

Soundbar di Samsung Forum 2019, Singapura
Soundbar di Samsung Forum 2019, Singapura. Dok: Tommy Kurnia/liputan6.com

Soundbar ini dijual secara terpisah untuk melengkapi kejernihan audio TV QLED Samsung. Dari sejumlah Soundbar milik Samsung yang didukung Dolby, produk Soundbar HW-Q90 menjadi yang paling menarik.

Produk ini memiliki True 7.1.4 sound serta memiliki up-firing dan side-firing speaker. Keunggulan lainnya adalah setting suara Soundbar HW-Q90 bisa otomatis beradaptasi dengan acara TV atau gim yang dimainkan tanpa perlu lagi diotak-atik.


4. Kulkas Family Hub

Kulkas Family Hub di Samsung Forum 2019, Singapura
Kulkas Family Hub di Samsung Forum 2019, Singapura. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Meski sejatinya merupakan kulkas, Family Hub bagaikan smartphone karena bisa menyetel musik, alarm, mencari resep masakan membeli tiket pesawat, atau memesan transportasi online.

Pertanyaannya, mengapa perlu ada produk seperti ini? Samsung berpendapat kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang pasti digunakan sepanjang hari oleh seluruh penghuni rumah.

Agar kulkas ini makin interaktif, ada fitur Family Board (mading keluarga) untuk saling berbagi foto dan memo. Tampilan tulisannya pun tampak hand-made dan memberikan kesan yang hangat.

Samsung pun berharap pengguna tak perlu repot mondar-mandir dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sebab, berbagai peralatan, seperti mesin cuci, bisa dikendalikan via Family Hub.

Meski sudah dijual di luar negeri, sayangnya Samsung belum menentukan kapan meluncurkan produk ini di Indonesia.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya