Microsoft Akuisisi Perusahaan Video Gim ZeniMax Media Senilai Rp 111 Triliun

Microfot mengumumkan akuisisi ZeniMax Media secara tunai sebesar USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 111 triliun. Akuisisi ini merupakan upaya Microsoft memperkuat posisinya di industri gim.

oleh Andina Librianty diperbarui 22 Sep 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2020, 13:00 WIB
Xbox Series X
Microsoft resmi mengumumkan Xbox Series X. (Doc: Microsoft)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft mengumumkan akuisisi ZeniMax Media secara tunai sebesar USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 117 triliun. Akuisisi ini merupakan upaya Microsoft memperkuat posisinya di industri gim.

Dilansir The New York Times, Selasa (22/9/2020), Microsoft melalui akuisisi ini akan memegang kontrol sebagian besar gim seperti The Elder Scrolls, Fallout, Doom, Quake, dan Wolfstein.

ZeniMax Media merupakan induk usaha dari Bethesda Softworks, yang merupakan salah satu penerbit dan pengemban gim terbesar di dunia.

Kesepakatan ini dinilai membuat Microsoft dapat melawan kritik yang menyebutkan perusahaan tertinggal dari Sony dalam hal kualitas gim. Keduanya akan segera merilis konsol gaming terbaru.

Microsoft akan merilis Xbox Series X pada 10 November 2020.

Sementara Sony akan mulai menjual konsol PS5 pada 12 November 2020 untuk beberapa negara tertentu, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Peluncuran di negara-negara lain dimulai pada 19 November 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persaingan Microsoft dan Sony

PS4 dan Xbox
E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

The New York Times melaporkan bahwa para gamer telah lama mengeluh bahwa konsol Xbox Microsoft tidak memiliki jenis gim eksklusif dan berkualitas tinggi sebanyak Sony. Hal tersebut merupakan nilai jual utama PlayStation.

Selama bertahun-tahun, Sony memiliki studio gim lebih banyak daripada Microsoft. Namun tahun lalu, Microsoft berhasil melampaui Sony dengan memiliki 15 studio, sedangkan Sony 14.

Kesepakatan baru yang diumumkan pada Senin (21/9/2020) ini memperkuat kepemimpinan Sony menjadi pemilik dari 23 studio gim, dan memberikan kendali atas beberapa waralaba paling populer di dunia.

Pihak Sony menolak mengomentari akuisisi terbaru Microsoft.

 


Penyelesaian Akuisisi

Microsoft mengungkapkan proses akusisi ZeniMax Media diperkirakan selesai pada paruh kedua tahun fiskal 2021.

Akuisisi itu disebut akan berdampak kecil terhadap pendapatan operasional non-GAAP pada tahun fiskal 2021 dan 2022.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya