Siaran Langsung YouTube Kini Dukung HDR

YouTube sejak Selasa, 8 Desember 2020, telah merilis dukungan HDR (high-dynamic range) untuk video siaran langsung.

oleh Andina Librianty diperbarui 10 Des 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 10 Des 2020, 18:00 WIB
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - YouTube terus memperkuat layanannya. Kali ini, layanan berbagi video tersebut menghadirkan fitur baru untuk konten live streams atau siaran langsung.

Dikutip dari blog YouTube, Kamis (10/12/2020), YouTube sejak Selasa, 8 Desember 2020, telah merilis dukungan HDR (high-dynamic range) untuk video siaran langsung.

Bagi kreator yang ingin membuat siaran video berkualitas HDR harus menggunakan encoder yang mendukung. Sementara untuk penonton, perangkatnya harus sudah mendukung resolusi HDR, termasuk smart TV.

"Peluncuran ini menandai langkah pertama kami menghadirkan siaran langsung HDR di YouTube, Kami terus menghadirkan penawaran ini, termasuk memperluas pilihan bagi kreator untuk membut siaran langsung HDR dari berbagai encoder dan perangkat mobile tambahan," kata Product Manager YouTube, JR Futrell.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HDR di YouTube

Ini bukan kali pertama YouTube meluncurkan dukungan HDR. YouTube sejak 2016 sudah mendukung video HDR, tapi hanya untuk video yang sudah direkam.

"Kami ingin terus memberikan pengalaman ini secara real-time. Itulah mengapa kami meluncurkan HDR untuk siaran langsung di YouTube," jelas Futrell.

 


Keunggulan HDR

Video HDR memiliki kontras yang lebih tinggi, menampilkan bayangan yang presisi dan lebih detail.

Selain itu, video juga tampil lebih jernih daripada sebelumnya.

"Dengan menghadirkan HDR untuk siaran langsung, kami membuka kualitas gambar paling spektakuler untuk konten siaran langsung," kata Futrell.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya