Facebook Ungkap Penyebab Layanannya, WhatsApp, dan Instagram Down Bersamaan

Facebook mengungkap penyebab layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down secara bersamaan. Perusahaan juga mengungkap permintaan maaf kepada para pengguna yang terdampak.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 05 Okt 2021, 10:45 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2021, 10:45 WIB
Ilustrasi Facebook
Facebook (LOIC VENANCE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Facebook akhirnya buka suara mengenai layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down pada Senin (4/10/2021) malam.

Melalui laman Engineering Facebook, perusahaan meminta maaf kepada semua orang dan bisnis di dunia yang bergantung pada layanan mereka.

"Kami telah bekerja sekeras yang kami bisa untuk memulihkan akses dan sistem kami. Kini sistem kami telah kembali aktif," kata pihak Facebook, bercerita mengenai upaya perusahaan memperbaiki Facebook, WhatsApp, dan Instagram down.

Mereka juga menyebutkan, penyebab utama pemadaman atau gangguan ini juga mempengaruhi banyak tool dan sistem internal yang dipakai sehari-hari oleh Facebook.

Hal tersebut membuat tim engineering Facebook lebih sulit dalam mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

"Tim engineering kami mengetahui, perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center kami menyebabkan masalah yang menganggu komunikasi ini," kata tim Facebook.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gangguan Backbone Data Center Bikin Efek Berjenjang

Ilustrasi Facebook - Media sosial
Ilustrasi Facebook - Media sosial (Foto: Unsplash.com/William Iven)

Disebutkan pula, "Gangguan pada lalu lintas ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami."

Kini, menurut Facebook layanan mereka telah kembali online. "Kami secara aktif bekerja untuk mengembalikannya sepenuhnya ke operasi reguler."

Tim Engineering Facebook juga menegaskan, akar penyebab Facebook, WhatsApp, dan Instagram down adalah adanya perubahan konfigurasi yang salah.


Pastikan Tak Ada Upaya Penyusupan Selama Facebook Down

Ilustrasi Facebook
Lagi-lagi Mark Zuckerberg merogoh koceknya sendiri untuk donasi ke restoran favoritnya (Foto: unsplash.com/Alex Haney

"Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini," kata Tim Facebook memberikan penegasan.

Paham bahwa banyak orang dan bisnis bergantung pada layanannya, pihak Facebook menyebut, sudah jadi tanggung jawab mereka untuk menginformasikan mengenai gangguan layanan Facebook cs.

"Kami meminta maaf kepada semua yang terdampak dan kami berupaya lebih memahami apa yang terjadi hari ini, sehingga kami dapat terus membuat infrastruktur lebih tangguh," kata pihak Facebook.

(Tin/Isk)


Infografis Tentang Facebook Down

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya