10 Aplikasi dengan Lonjakan Pengguna Aktif Bulanan Tertinggi pada 2021: Telegram Teratas

Telegram menjadi aplikasi dengan lonjakan pengguna aktif bulanan tertinggi (Breakout Monthly Active Users) pada 2021 menurut laporan App Annie Intelligence.

oleh M Hidayat diperbarui 20 Des 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Aplikasi Android.
Ilustrasi Aplikasi Android. Kredit: USA-Reiseblogger from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Telegram menjadi aplikasi dengan lonjakan pengguna aktif bulanan tertinggi (Breakout Monthly Active Users) pada 2021 menurut laporan App Annie Intelligence.

Salah satu penyebabnya adalah Kebijakan Privasi dari kompetitor Telegram, yakni WhatsApp. Pada awal 2021 WhatsApp menggulirkan pemberitahuan tentang bagaimana data pengguna akan dibagikan dengan Facebook selaku perusahaan induknya.

Hal itu sempat sempat menimbulkan kekhawatiran di antara pengguna WhatsApp. Akibatnya, sebagian di antara mereka mencari alternatif aplikasi olah pesan lainnya dan Telegram menjadi salah satu opsi mereka.

Selain Telegram, aplikasi olah pesan lainnya yang mengalami lonjakan pengguna aktif bulanan adalah Signal. Sama seperti Telegram, Signal meraih popularitas gara-gara sentimen negatif atas isu kebijakan privasi WhatsApp.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung pada 2021, aplikasi yang memungkinkan orang untuk konferensi video juga mengalami lonjakan pengguna.

Di kategori Breakout Monthly Active Users versi App Annie, ada dua aplikasi konferensi video, yaitu Zoom dan Microsoft Teams. Zoom menempati posisi ketiga, sementara Microsoft Teams ada di posisi kesembilan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Laporan Internal Zoom

Dalam laporan internalnya, Zoom mengungkapkan bahwa aplikasinya sudah digunakan di hampir 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Selain itu, hari teratas dalam sepekan untuk rapat adalah Rabu, diikuti Selasa dan Kamis.

Durasi pertemuan rata-rata adalah 54 menit dengan ukuran pertemuan rata-rata adalah 10 peserta.

Di 2021, beberapa hari tersibuk di Zoom adalah: 21 Januari (untuk pertemuan virtual), 21 September (untuk panggilan telepon), dan 25 Februari (untuk webinar).

Perusahaan juga melakukan survei pada 1.700 pengguna untuk mengintip bagaimana perilaku mereka saat menggunakan Zoom.

Ditemukan: 68 persen responden berpakaian kasual saat rapat, 47 persen dari pengguna mengatakan tidak boleh makan selama rapat, dan 26 persen mengaku tidak pernah (atau hampir tak pernah) mandi sebelum panggilan.

71 persen responden juga mengaku mengatakan "Anda sedang mute" sebagai kata yang paling sering diucapkan. 57 persen mengatakan "Bisakah semua melihat layar saya?" dan 21 persen mengatakan "Slide berikutnya, tolong."


Breakout Monthly Active Users versi App Annie

  • Telegram
  • Instagram
  • ZOOM
  • TikTok
  • Microsoft Office Mobile
  • Amazon
  • Shopee
  • Microsoft Teams
  • Facebook
  • Signal Private Messenger

Infografis 8 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Dukung Pengendalian Pandemi Covid-19

Infografis 8 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Dukung Pengendalian Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 8 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Dukung Pengendalian Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya