Spotify: Konsumsi Podcast di Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat Sejak 2019

Spotify mencatat, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast di platform itu terbanyak secara global

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 19 Nov 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2022, 10:00 WIB
Gautam Talwar, General Manager Spotify APAC (Dok. Spotify)
Gautam Talwar, General Manager Spotify APAC (Dok. Spotify)

Liputan6.com, Jakarta - Spotify mengungkapkan peningkatan jumlah konsumsi podcast atau siniar di Indonesia melalui platformnya. Hal ini diungkap dalam konferensi podcast pertama mereka di Asia tepatnya di Jakarta, pada Rabu pekan ini.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/11/2022).

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," kata Gautam.

Ia menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar siniar di Spotify terbanyak secara global.

Perusahaan menyebut, pencapaian ini diperoleh karena upaya yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya, melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri tersebut.

Adapun, beberapa inisiatif ini termasuk kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang sudah tersedia di Anchor, secara gratis.

Spotify juga mengungkapkan, 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor. Ini membuat Indonesia jadi negara teratas di seluruh dunia, yang mengadopsi penggunaan Anchor untuk membuat konten siniar.

"Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, satu dari empat pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya," kata Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Carl pun mengatakan bakal terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Video Podcast

Gautam Talwar, General Manager Spotify APAC (Dok. Spotify)
Gautam Talwar, General Manager Spotify APAC (Dok. Spotify)

Dalam gelaran tersebut, Spotify juga mengumumkan bahwa fitur Video Podcast saat ini sudah tersedia untuk semua kreator.

Awal tahun, Spotify juga meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas katalog konten di platform dan kini, semua kreator dapat memanfaatkan fitur tersebut melalui Anchor.

Spotify mengatakan, dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia.

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengar, Spotify juga merilis fitur terbaru seperti Q&A dan Polls.

Fitur lainn yang dihadirkan adalah Music + Talk, di mana pendengar bisamenjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist.

 


Konferensi Podcast Pertama di Asia

Spotify Platform
Spotify Platform (Photo by Heidi Fin on Unsplash)

Konferensi podcast pertama di Asia dari Spotify sendiri digelar pada Rabu, 16 November 2022 yang lalu di The Kasablanka Main Hall, Jakarta.

Selama sehari penuh, peserta disuguhi berbagai keynotes, panels, dan workshops yang inspiratif dan diisi berbagai pembicara-pembicara di industri ini.

Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, dan masih banyak lagi, datang berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast di Indonesia kedepannya.

Selain itu, peserta juga dapat melihat pengalaman Merinding di Spotify hingga menyaksikan Podkesmas tampil secara langsung di atas panggung di depan ribuan penonton.

Peserta juga dapat mendengarkan semua Podcast Original dan Exclusive di Spotify melalui listening pods yang disediakan bagi seluruh peserta konferensi.


Spotify Punya Fitur Bikin Playlist dari Gaya Berpakaian

GetReadyWithMusic di Spotify (Dok. Spotify)
GetReadyWithMusic di Spotify (Dok. Spotify)

Beberapa waktu lalu, Spotify meluncurkan fitur GetReadyWithMusic yang memungkinkan penggunanya membuat playlist atau daftar putar dalam aplikasi, sesuai dengan gaya berpakaian.

"Setiap gaya berpakaian layak mendapatkan soundtrack yang pas," tulis Spotify dalam keterangan resminya, Jumat (23/9/2022).

Spotify mengatakan, ini merupakan fitur pengalaman interaktif yang mengajak pengguna mencoba permainan kuis untuk mendapatkan playlist yang dipersonalisasi dan terinspirasi dari tekstur, warna, dan nuansa pakaian mereka.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan pengguna jika ingin menjajal fitur Spotify baru ini:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki versi terbaru dari aplikasi Spotify,
  2. Kunjungi https://spotify.com/getreadywithmusic melalui perangkat seluler (tersedia pada iOS dan Android),
  3. Selanjutnya, jawab pertanyaan yang diberikan agar Spotify tahu nuansa pakaianmu. Di sini kamu akan membagikan tentang kegiatan apa yang sedang dipersiapkan dan mendeskripsikan warna serta tekstur pakaianmu,
  4. Kemudian, unggah foto dengan pakaian tersebut untuk dijadikan sampul dari playlist baru kamu,
  5. Kamu lalu akan mendapatkan playlist yang dipersonalisasi, serta sesuai dengan gaya pakaianmu, lengkap dengan custom sampul playlistnya, untuk dimainkan dan dibagikan ke media sosial.
  6. Setelah kamu menggunakan fitur ini beberapa kali, pengguna bisa memeriksa Music Closet, di mana akan ada semua playlists gaya berpakaian yang pernah dibuat selama ini.

(Dio/Isk)

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial
Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya