Top 3 Tekno: Bug Berbahaya di ChatGPT hingga PUBG Mobile Rayakan Hari Jadi ke-5

Pengguna ChatGPT menemukan bug yang menunjukkan sidebar mereka menampilkan riwayat obrolan sebelumnya dari pengguna lain.

oleh Iskandar diperbarui 26 Mar 2023, 11:57 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi menggunakan ChatGPT OpenAI di smartphone (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Ilustrasi menggunakan ChatGPT OpenAI di smartphone (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna ChatGPT menemukan bug yang menunjukkan sidebar mereka menampilkan riwayat obrolan sebelumnya dari pengguna lain. Berita ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (25/3/2023) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari game PUBG Mobile yang baru saja merayakan hari jadi yang ke-5.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. OpenAI: Ada Bug yang Bisa Bocorkan Data Sensitif Pengguna ChatGPT

Pengguna ChatGPT belum lama ini memposting tangkapan layar di Reddit yang menunjukkan sidebar mereka menampilkan riwayat obrolan sebelumnya dari pengguna lain. Hanya judul percakapan yang terlihat.

Menanggapi hal ini, sebagaimana dilansir Engadget, Sabtu (25/3/2023), OpenAI membuat chatbot AI besutannya itu offline selama hampir 10 jam untuk melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan tersebut mengungkapkan masalah keamanan yang lebih dalam, di mana bug riwayat obrolan mungkin juga berpotensi mengungkap data pribadi dari 1,2 persen pelanggan ChatGPT Plus (paket langganan US$ 20 per bulan).

"Beberapa jam sebelum kami menjadikan ChatGPT offline pada hari Senin, beberapa pengguna dapat melihat nama depan dan belakang pengguna aktif lainnya, alamat email, alamat pembayaran, empat digit terakhir (hanya) dari nomor kartu kredit, dan nomor kartu kredit. tanggal kedaluwarsa. Nomor lengkap kartu kredit tidak diungkapkan," tulis tim OpenAI.

Bug ini telah ditambal untuk pustaka yang rusak, diidentifikasi OpenAI sebagai pustaka sumber terbuka klien Redis, redis-py.

Perusahaan telah mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencegah hal ini terjadi lagi di masa mendatang, termasuk memperketat pemeriksaan ke panggilan perpustakaan.

"Memeriksa log secara terprogram untuk memastikan bahwa semua pesan hanya tersedia untuk pengguna yang benar dan meningkatkan logging untuk mengidentifikasi kapan masalah sedang terjadi dan sepenuhnya mengonfirmasi bahwa masalah itu telah berhenti," OpenAI memaparkan.

Perusahaan menuturkan juga telah menghubungi sejumlah pengguna ChatGPT yang terkena dampak masalah ini.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Game PUBG Mobile Rayakan Hari Jadi ke-5 di Lima Kota Besar, Bertabur Hadiah hingga Voucher In-Game

PUBG Mobile rayakan ulang tahun ke-5 dengan menggelar event di lima kota besar di Indonesia.
PUBG Mobile rayakan ulang tahun ke-5 dengan menggelar event di lima kota besar di Indonesia. (Foto: PUBG Mobile).

Game mobile populer di Indonesia PUBG Mobile akan merayakan hari ulang tahun kelima bertajuk 5th Anniversary: High Five to Victory.

Puncak acara anniversary PUBG Mobile akan digelar pada 24-26 Maret 2020 di lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Samarinda, Medan, dan Makassar.

Merayakan hari jadinya yang kelima Serangkaian aktivitas seru telah dipersiapkan oleh pihak game PUBG Mobile untuk komunitas di Indonesia. Mulai dari Gaming Experience Area, Influencer Fun Match, Stand Up Comedy Performance, hingga 2023 PMPL SEA Spring Watch Party.

Mengutip keterangan pihak PUBG Mobile, Sabtu (25/3/2023), komunitas PUBG Mobile di Indonesia bisa mengunjungi Rolag Prapanca di Surabaya, Cafe Busan Area Samarinda, Konawak Coffee di Medan, Goal Cafe di Makassar, dan Mall of Indonesia di Jakarta Utara untuk bisa mendapat kesempatan memenangkan hadiah menarik.

Hadiah tersebut mulai dari in-game items, voucher game, merchandise ekslusif, pulsa senilai jutaan rupiah, hingga smartphone gratis.

Khusus di Mall of Indonesia, para penggemar game mobile PUBG Mobile bisa menikmati berbagai aktivitas seru yang berlokasi di Atrium 1.

Baca selengkapnya di sini 


3. Pencipta Hukum Moore Sekaligus Pendiri Intel Gordon Moore Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun

Pendiri Intel Gordon Moore
Pendiri Intel Gordon Moore. Foto: Justin Sullivan/Getty Images

Dunia teknologi kehilangan salah satu nama besar berpengaruh. Kali ini, salah satu pendiri Intel sekaligus pembesut Hukum Moore, Gordon Moore meninggal dunia, dalam usia 94 tahun.

Intel mengonfirmasi kabar Gordon Moore meninggal dunia, tetapi tidak menyebutkan apa penyebab berpulangnya pria yang berjasa bagi perusahaan itu.

=The New York Times menyebut, bersama dengan sejumlah koleganya, Gordon Moore telah membantu membawa laptop dan komputer ke ratusan juta orang di dunia.

Melalui pemikirannya bersama kolega, Moore juga berjasa memasukkan prosesor mikro ke berbagai perangkat, mulai dari timbangan, pemanggang roto, mainan pemadam kebakaran, hingga smartphone, mobil dan jet.

Pendiri Intel Gordon Moore sebenarnya ingin menjadi seorang guru, tetapi tidak bisa mendapatkan pekerjaan di bidang pendidikan. Ia pun kebetulan menjadi pengusaha dan berakhir jadi miliarder hasil dari investasi awal sebesar USD 500 di bisnis mikrochip dan mengubah industri elektronik, yang kini jadi salah satu industri terbesar di dunia.

Mengutip The Verge, Sabtu (25/3/2023), Gordon Moore adalah bagian dari 'delapan penghianat' yang mendirikan Fairchild Semiconductor, yang menjadi inkubasi bagi banyak perusahaan Silicon Valley, termasuk AMD.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya