Xbox Series S dan X Ketinggalan Jauh, Penjualan PS5 Lebih Unggul 15 Juta Unit

Penjualan Xbox kalah 15 juta unit dari PS5 selama tahun 2023 dan disebut sebagai penurunan yang signifikan bagi perusahaan.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 10 Mei 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 15:00 WIB
PS4 dan Xbox
Penjualan PlayStation 5 (PS5) telah melampaui Xbox sebanyak 15 juta unit selama tahun 2023. (Playstation.de)

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan PlayStation 5 (PS5) dilaporkan telah melampaui Xbox yakni sebanyak 15 juta unit selama tahun 2023. Kendati demikian, bos Xbox, Phil Spencer, disebut tidak ambil pusing karena ia lebih menaruh perhatian pada mempertahankan pemain di ekosistemnya.

Mengutip Gizchina, Selasa (9/5/2023), saat ini PS5 memiliki total pangsa pasar sebesar 62,7 persen, sedangkan Xbox Series hanya sekitar 37,3 persen. Ini merupakan penurunan penjualan yang signifikan bagi perusahaan tersebut.

Meskipun Xbox tidak berhasil membangun komunitas yang kuat dan eksklusif, perusahaan menghidupkan layanan yang menarik lewat Game Pass. Layanan ini menawarkan katalog permainan yang sangat banyak dan dapat diakses dengan membayar biaya bulanan.

Salah satu keunggulannya adalah banyak judul game yang langsung hadir Game Pass saat hari peluncuran perdananya. Game Pass juga tidak hanya tersedia untuk konsol Xbox, melainkan juga pada PC, dan perangkat Android, serta iOS melalui cloud streaming.

Untuk itu, saat ini, perusahaan berfokus untuk memperluas ketersediaan game yang dimilikinya. Namun, salah satu alasan orang tidak memilih Xbox Series X adalah kurangnya game yang sesuai. 

Xbox Series S juga lebih diminati dibandingkan Xbox Series X karena memiliki harga yang lebih murah tetapi dilengkapi beberapa fitur generasi berikutnya, seperti resolusi tinggi, refresh rate, dan pelacakan sinar (ray-tracing). 

Kendati demikian, Microsoft memiliki layanan yang solid dan umpan balik yang baik kepada penggunanya dalam hal fitur dan dukungan. Perusahaan juga telah berinvestasi dalam beberapa akuisisi studio untuk meningkatkan portofolio game-nya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PS5 Punya Game yang Lebih Disukai

PS5
PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Meskipun Xbox lebih baik dalam hal layanan, Sony tetap unggul untuk menjual video gamenya. 

Kini, PS5 sudah memiliki beberapa judul seperti Demon Souls, Returnal, Ratchet, dan Clank: Into the Rift, serta game cross-gen seperti GOW Ragnarok dan Horizon Forbidden West. 

Untuk memperkuat posisinya di pasar, Sony juga mengeluarkan strategi baru dengan meluncurkan game di PC. Namun, game tersebut tersedia secara eksklusif terlebih dahulu di PlayStation. 

Game yang hadir di PC pun harus menunggu setidaknya satu tahun setelah diluncurkan di platform aslinya.

Penjualan PlayStation menjadi pencapaian yang mengesankan bagi Sony, mengingat perusahaan hanya memiliki satu konsol untuk generasi berikutnya di pasaran.


Bocoran Ungkap Game Marvel's Spider-Man 2 Siap Sambangi PS5 pada September 2023

Marvel's Spider-Man 2
Marvel's Spider-Man 2 di PlayStation Showcase 2021. (Ist.)

Salah satu game yang dinantikan kehadirannya oleh para fans di tahun ini adalah Marvel's Spider-Man 2.Penerus dari game Spider-Man dan Spider-Man: Miles Morales ini memang dijadwalkan akan rilis pada tahun ini, tapi informasi pasti mengenai kehadirannya belum diketahui.

Beberapa waktu lalu, bocoran dari pengisi suara aktor Venom dalam game ini yaitu Tony Todd mengenai jadwal rilis game Marvel's Spider-Man 2. Ia mengungkapkannya melalui sebuah kicauan di Twitter.

Mengutip informasi dari dari Game Informer, Selasa (28/3/2023), ia menuliskan, game ini kemungkinan besar akan rilis pada September tahun ini. Lalu, publikasi yang masih akan dimulai pada Agustus 2023.

"Sepertinya September! Publikasi besar-besar akan dilakukan pada bulan Agustus. Iklan akan mulai ditayangkan pada bulan Agustus. Jadi, bersiap-siaplah," tulisnya melalui akun @TonyTodd54.

Kicauan itu lantas menjadi perhatian warganet karena Insomniac Games sempat mengungkapkan jadwal rilis game Spider-Man 2 adalah di musim gugur tahun ini. Namun, studio memang belum mengungkapkan jadwal pastinya.


Game Resident Evil 4: Chainsaw Demo Sudah Rilis di PS, Xbox, dan PC, Buruan Download

Ashley Graham di Resident Evil 4 Remake (Capcom)
Ashley Graham di Resident Evil 4 Remake (Capcom)

Capcom baru saja menggelar acara live streaming bertajuk March 2023 Capcom Showcase, dimana perusahaan membagikan informasi terkini tentang deretan game bikinannya.

Salah satu informasi yang dibagikan perusahaan adalah dirilisnya game Resident Evil 4: Chainsaw Demo untuk konsol PS4, PS5, Xbox Series X dan S, dan PC (via Steam).

Dalam usahanya menyusup ke dalam desa tersebut, Leon akhirnya mengungkap beragam misteri yang mengerikan tentang warga yang tinggal di desa itu.

Berbeda dari sebelumnya yang dirilis Capcom, demo Resident Evil 4 remake ini tidak akan memiliki batasan waktu untuk dimainkan.

Ini berarti, player dapat bermain game demo tersebut berkali-kali sebanyak mungkin yang diinginkan.

Capcom melakukan beberapa hal baru di dalam game Resident Evil 4 remake. Salah satunya adalah tentang ketahanan pisau Leon di dalam game.

Bagi kamu yang penasaran, demo Resident Evil 4 saat ini sudah tersedia di PlayStation Store, Xbox Game Store, dan Steam secara gratis.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya