Adu Performa dan Baterai Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4, Seperti Apa?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui seperti apa performa dan kemampuan baterai dari Oppo Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip 4.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 16 Mei 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 14:30 WIB
Layar depan Oppo Find N2 Flip [kiri] dan Samsung Galaxy Z Flip4 [kanan]
Layar depan Oppo Find N2 Flip [kiri] dan Samsung Galaxy Z Flip4 [kanan]. Liputan6.com/Iskandar

Liputan6.com, Jakarta - Oppo resmi memperkenalkan Find N2 Flip sebagai smartphone layar lipat perdana mereka untuk pasar Indonesia. Smartphone ini disebut-sebut sebagai penantang Samsung Galaxy Z Flip4 yang sudah lebih dulu hadir di Tanah Air.

Usai peluncuran Oppo Find N2 Flip, Tekno Liputan6.com pun mencoba untuk mengulik lebih jauh mengenai kemampuan dan fitur yang ditawarkan masing-masing smartphone. Kali ini, kami akan mencoba membedah tentang performa dan baterai yang ditawarkan kedua smartphone layar lipat tersebut.

Di atas kertas, baik Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 4 sama-sama dibekali chipset berarsitektur 4nm. Oppo menggunakan Mediatek Dimensity 9000+, sedangkan Samsung memakai Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Berbekal chipset tersebut, kedua smartphone pun bisa memberikan pengalaman pemakaian yang mumpuni. Jadi, Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip 4 sama-sama bisa memberikan pengalaman yang nyaman saat digunakan sehari-hari.

Sebagai gambaran, saat pengujian dengan aplikasi benchmark PC Mark for Android, keduanya mencatatkan skor yang baik. Find N2 Flip memperlihatkan skor work performance di kisaran 11 ribuan, sedangkan Galaxy Z Flip 4 menunjukkan skor work performance di kisaran 14 ribuanSkor Antutu (kiri) dan Geekbench (kanan) untuk Oppo Find N2 Flip (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

 

Lalu saat pengukuran melalui AnTuTu Benchmark, Find N2 Flip berhasil mencatatkan skor 685 ribuan, sedangkan di GeekBench HP Oppo ini mencatat skor 1.106 untuk single-core dan 3.239 untuk multi-core.

<p>Skor AnTuTu (kiri) dan GeekBench (kanan) untuk Samsung Galaxy Z Flip 4 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Di sisi lain, Galaxy Z Flip 4 mencatat skor sekitar 759 ribuan di AnTuTu Benchmark. Sementara saat pengukuran dengan GeekBench, HP Samsung ini mencatatkan skor 1.439 untuk single-core dan 3.943 untuk multi-core.

Untuk benchmark dari sisi GPU menggunakan Geekbench, Oppo Find N2 Flip mencatatkan skor 5.392, sedangkan Galaxy Z Flip 4 menghasilkan skor 5.044. 

Sementara sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 4.300mAh di Find N2 Flip. Lalu, Galaxy Z Flip 4 memakai baterai berkapasitas 3.700mAh.

Adapun dalam hal pengisian daya, Oppo mengklaim memiliki kemampuan yang sedikit lebih unggul. Sebab, Find N2 Flip dibekali kemampuan pengisian daya 44W dengan kemampuan pengisian daya mencapai 50 persen dalam waktu 23 menit.

Di sisi lain, Samsung menyebut baterai Galaxy Z Flip 4 bisa terisi 50 persen dalam waktu 30 menit. Berdasarkan pengalaman, baterai Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip 4 memang bisa diandalkan untuk dipakai seharian. 

Untuk informasi, berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh DxOMark, performa baterai Oppo Find N2 Flip mendapatkan total skor 108 dengan masing-masing skor otonomi 100, pengisian daya 112, dan efisiensi 126.

Untuk kinerja baterai Samsung Galaxy Z Flip4 mendapatkan total skor 95 dengan masing-masing skor otonomi 83, pengisian daya 105, dan efisiensi 115.


Oppo Find N2 Flip Resmi Dijual di Indonesia, Ini Sederet Promo yang Ditawarkan

Oppo Find N2 Flip (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Oppo Find N2 Flip (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Perlu diketahui, Oppo Find N2 Flip kini secara resmi rilis di Indonesia. Dalam peluncurannya, Oppo juga menawarkan sejumlah promo untuk mereka yang mau membeli HP layar lipat terbaru ini.

Adapun, untuk harga Oppo Find N2 Flip di Indonesia adalah Rp 14.999.000. Dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2023), di sini, konsumen juga akan mendapatkan keuntungan ekstra Senilai Rp 4.550.000 berupa Oppo Premium Services.

Ini termasuk layanan Oppo Care+ selama satu tahun dengan asuransi kerusakan atau asuransi garansi penggantian unit baru selama satu tahun, gratis dua kali penggantian anti gores original UV/AR setiap tahun, dan bonus Bundling im3 Data Plan Indosat selama 12 bulan dengan kuota hingga 600GB.

Oppo juga menawarkan cashback hingga Rp 1.000.000 dan bunga cicilan nol persen hingga 12 bulan dari BCA, BNI, BRI, BSI, CIMB Niaga, Digibank, Mandiri, Bank Mega, OCBC NISP, Bank Permata, dan didukung oleh Mastercard.

Promo pembelian Find N2 Flip lainnya adalah keuntungan tambahan hingga senilai Rp 8.500.000 di aplikasi My OPPO seperti 2x Point My OPPO, voucher diskon Rp 200.000 dari A Lux Life Beauty, voucher diskon Rp 200.000 dari Bobobobo, voucher diskon 5 persen dari Corkcicle.

Terdapat juga penawaran untuk ACT Energizing Cell Treatment dari EUROSKINLAB, Kiloburn Treatment dari European Slimming Centre (ESC), voucher diskon Rp 1.000.000 dari Optik Melawai, voucher diskon 10 persen dari Segari, dan Medical Facial Treatment dari Skin+ Clinic.

Oppo juga menawarkan The Official Marvel Studios "Guardians of the Galaxy Vol 3" Sticker Pack, stiker eksklusif dari KitKat dan Wonderful Indonesia, serta kesempatan untuk berlangganan gratis Spotify Premium selama 12 bulan untuk pembelian Oppo Find N2 Flip.


Spesifikasi Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 Flip (Liputan6/com/Giovani Dio Prasasti)
Oppo Find N2 Flip (Liputan6/com/Giovani Dio Prasasti)

Adapun, smartphone layar lipat Oppo ini sudah bisa dibeli secara offline di Oppo Store, Oppo Brand Store, dan seluruh toko mitra resmi Oppo di Indonesia.

Sementara untuk online, Oppo Find N2 Flip bisa didapatkan di situs resmi dan aplikasi Oppo Online Store, serta Oppo Official Store di platform e-commerce Lazada, Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Akulaku, AladinMall, BliBli dan Bukalapak.

Untuk spesifikasi Oppo Find N2 Flip, bobot perangkat ini adalah 191 gram dengan ketebalan 7,45mm. Cover screen-nya berukuran 3,26 inci dengan 900 nits kecerahan puncak.

Untuk layar utamanya 6,8 inci LTPO, dengan refresh rate 120Hz, dan resolusi 2520 x 1080. Layarnya juga menggunakan panel E6 AMOLED, serta memiliki kecerahan puncak hingga 1600 nits.

Di sektor kamera, terdapat 50MP Main camera dengan sensor Sony IMX890 f/1.8, 8MP ultra-wide dengan Sony IMX 355 f/2/2, serta kamera depan 32MP Sony IMX709 f/2.4. 


Keunggulan Desain Engsel di Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 Flip (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Oppo Find N2 Flip (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Kamera utamanya merupakan hasil pengembangan bersama Hasselblad, salah satu produsen kamera kelas atas yang menyajikan berbagai foto indah berukuran ekstra besar. Salah satu ciri khas fiturnya adalah XPAN, menghasilkan foto wide dengan filter black and white.

Kedua kamera belakang Find N2 Flip ini juga didukung MariSilicon X Imaging NPU, sebuah chipset khusus yang dikembangkan Oppo untuk dapat meningkatkan kualitas foto dan video secara real-time.

Sementara prosesornya menggunakan MediaTek Dimensity 9000+ dan baterainya sebesar 4.300mAh yang telah mendukung pengisian daya cepat 44W SuperVOOC.

Salah satu yang diunggulkan Oppo di Find N2 Flip adalah bagian engselnya, yang mereka beri julukan New Generation Flexion Hinge.

Oppo mengatakan, dengan teknologi desain engsel ini, desain engsel perangkat jadi lebih compact, sehingga HP lipat ini bisa hadir dengan layar penutup yang lebih besar, baterai berkapasitas lebih besar, dengan pengisian daya lebih cepat. 

(Dam/Isk)


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya