Peluncuran iPhone 15 Terancam Ditunda Gegara Stok Kamera 48MP Terbatas

Apple disebutkan akan memasang lensa 48MP--dari iPhone 14 Pro dan Pro Max--ke dalam model iPhone 15 versi standar.

oleh Yuslianson diperbarui 16 Mei 2023, 09:43 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 08:30 WIB
Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)
Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Liputan6.com, Jakarta - Apple dijadwalkan bakal meluncurkan lini iPhone 15 pada kisaran September 2023. Akan tetapi, rilis penerus iPhone 14 series itu kemungkinan bakal molor dari jadwal biasanya.

Hal ini gara-gara terjadi masalah dalam ketersediaan atau stok sensor kamera utama untuk iPhone 15. Diketahui, Apple disebutkan akan memasang lensa 48MP--dari iPhone 14 Pro dan Pro Max--ke dalam model iPhone 15 versi standar.

"Apple bakal menghadapi tantangan dalam pasokan komponen kamera tertentu, sehingga menyebabkan peluncuran ponsel tersebut ditunda," ucap analis Jeff Pu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (16/5/20230.

Pu juga menyatakan kurang optimis tentang perilisian iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia menjelaskan, "Apple dapat menghadapi tantangan dalam memasok sensor 48MP sesuai jadwal."

Diharapkan, kedua iPhone 15 tersebut bakal diluncurkan bersamaan dengan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max pada September 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, seri iPhone 15 akan hadir dengan peningkatan signifikan dalam komponen kameranya jika dibandingkan dengan iPhone 14.

Salah satu yang paling terlihat jelas adalah dengan model iPhone 15 Ultra. Seri ini disebut-sebut hadir dengan lensa telefoto periskopik, dengan kemampuan zoom optik hingga 10x.

Kabarnya, semua ponsel iPhone 15 mungkin memiliki zoom periskopik dengan kemampuan zoom hingga dua kali lipat. Apple juga melengkapi ponsel ini dengan sensor baru Sony.

Disebutkan, sensor baru buatan Sony ini bakal meningkatkan lensa kamera untuk menangkap lebih banyak cahaya saat malam hari yang menjadi masalah deretan iPhone saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple Bakal Lengkapi iPhone 15 Pro dengan Tombol Aksi

Foto yang digadang-gadang merupakan konsep desain iPhone 15 Ultra (Foto: GSM Arena/ Twitter Jonas Daehnert @PhoneDesign).

Lebih lanjut, iPhone 15 series yang akan diumumkan pada September 2023 semakin ramai jadi perbincangan di internet.

Sebelumnya, Apple lebih memilih tombol solid-state untuk pengaturan volume di HP iPhone 15 Pro Max dan Pro.

Tak hanya itu, duo ponsel teranyar milik perusahaan besutan Steve Jobs ini juga bakal mengadopsi Action Button terinspirasi dari Apple Watch Ultra untuk tombol mute.

Apple disebut-sebut tidak akan melengkapi seri iPhone 15 Pro ini dengan tombol solid-state dan Action Button terkait masalah teknis, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (3/5/2023).

Akan tetapi, bocoran baru rendar CAD seri iPhone 15 Pro dan Pro Max dari 9toMac itu ternyata tetap mempertahankan Action Button di bodi ponsel.

Di render CAD itu dengan jelas menunjukkan, tombol mute digantikan oleh Tombol Aksi atau Action Button dimana pengguna dapat menyesuaikan fungsinya--seperti di Apple Watch Ultra.

Berbekal kemampuan ini, Action Button di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal bertindak sebagai akses cepat ke kamera, aplikasi, atau lainnya tergantung pada bagaimana konfigurasinya.

Perlu diperhatikan juga dari render CAD tersebut, terlihat bagaimana tonjolan kamera di iPhone 15 Pro tidak akan jauh berbeda daripada iPhone 14 Pro.

iPhone 15 Pro Max sendiri dikabarkan bakal memiliki tonjolan kamera sedikit lebih besar dari iPhone 15 Pro, kemungkinan untuk mengakomodir ukuran lensa periskop yang disebut-sebut akan meningkatkan kemampuan zoom ponsel tersebut.


iPhone 15 Pro Max Pakai Lensa Periskop

Bocoran desain iPhone 15 Pro yang beredar dengan tampilan tombol volume dan mute baru. (Twitter/ShrimpApplePro)

Largan akan menjadi pemasok utama lensa kamera periskop di iPhone 15 Pro Max, berdasarkan informasi terkini analis industri Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo.

Kabar tentang iPhone 15 tampil dengan lensa periskop sudah beredar sejak awal 2020. Kala itu, Kuo menyebutkan, lensa periskop akan menjadi fitur utama iPhone 14 Pro.

Pada kenyataannya, Apple masih belum menyematkan kemampuan lensa tersebut ke iPhone 14 Pro yang diluncurkan pada September 2022.

Setelah itu, Kuo menyatakan jenis lensa tersebut akan secara eksklusif debut di iPhone 15 Pro Max. Prediksi ini diperkuat juga oleh pernyataan analis lainnya, Jeff Pu.

"Harga jual rata-rata untuk lensa kamera periskop buatan Largan adalah sekitar USD 4 (termasuk prisma)," kata Kuo sebagaimana dikutip dari Macrumors, Jumat (31/3/2023).

Dia menambahkan, "Harga ini jauh lebih rendah dari konsensus pasar USD 4.50 hingga USD 5 atau lebih tinggi." "Dengan harga USD 4, berarti Largan tidak bisa mendapatkan," katanya.


iPhone 15 Pro Max hingga iPhone 16 Pro

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Untuk varian selanjutnya, Apple diyakini akan menggunakan lensa periskop sama atau mirip dengan iPhone 15 Pro Max untuk kedua model iPhone 16 Pro (2024).

Diketahui, Apple bakal melanjutkan tradisi untuk memisahkan iPhone model standar dengan yang Pro. Biasanya, perusahaan akan menyematkan hardware kelas atas dan fitur terbaru di ponsel tersebut.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Genius akan menjadi pemasok Apple selanjutnya untuk menyediakan lensa periskop di iPhone 16.

Selain dari hal tersebut, masih belum banyak informasi tentang iPhone 15 series. Rencananya, perusahaan akan meluncurkan penerus iPhone 14 ini pada September 2023 mendatang.

Bocoran seputar iPhone 15 Pro Max sudah mulai beredar di internet, meski smartphone ini baru akan diperkenalkan pada September 2023. Salah satu yang terbaru adalah bocoran dari leakster Ice Universe.

(Ysl/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya