5 HP Lipat yang Bakal Meluncur pada 2023, Ada Galaxy Z Fold 5 hingga Xiaomi Mix Fold 3

Tak hanya dari lini yang sudah ada, pendatang baru di arena ponsel lipat pun dikabarkan tengah bersiap untuk meluncur pada 2023, misalnya Samsung Galaxy Z Fold 5 hingga Xiaomi Mix Fold 3.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 28 Jun 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 07:30 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 4 5G
Penampakan Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. (Liputan6.com/ Iskandar Muda)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 bisa jadi merupakan tahun terpadat untuk perilisan ponsel lipat, setelah beberapa merek meluncurkan produk terbaru mereka, mulai dari Oppo Find N2 Flip hingga Google Pixel Fold.

Namun di samping dua model itu, tampaknya masih ada beberapa jenis HP lipat baru yang akan hadir hingga akhir tahun ini. Tak hanya dari lini yang sudah ada, pendatang baru pun dikabarkan tengah bersiap untuk meluncur.

Sebelum kamu membeli ponsel lipat yang telah ada di pasaran, tidak ada salahnya untuk menunggu beberapa jenis model baru yang akan datang. 

Lantas, HP lipat apa saja yang dikabarkan akan hadir sebelum akhir 2023 ini? Simak daftar lengkapnya berikut ini, sebagaimana dihimpun dari TechRadar, Rabu (28/6/2023).

1. Samsung Galaxy Z Fold 5

Render Samsung Galaxy Z Fold 5 yang disebut tidak memiliki peningkatan signifikan pada bekas lipatan layar. (OnLeaks via Gizmochina)

Samsung Galaxy Z Fold 5 merupakan salah satu ponsel lipat paling populer. Ponsel ini diperkirakan akan memiliki layar lipat berukuran 7,6 inci, dengan desain yang mirip Google Pixel Fold dan Galaxy Z Fold 4.

Layar depannya kemungkinan juga mengalami peningkatan ukuran. Rumor yang beredar menyebut panelnya akan berukuran 6,2 inci.

Tak hanya itu, Samsung juga dikabarkan akan menggunakan engsel waterdrop baru yang memungkinkan kedua bagian untuk duduk rata satu sama lain saat dilipat sehingga desainnya lebih ramping.

Galaxy Z Fold 5 pun diharapkan membawa peningkatan chipset, khususnya Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, serta beberapa sensor kamera baru.

Berdasarkan bocoran, smartphone lipat ni akan meluncur pada 26 Juli, jadi pecinta Samsung mungkin tidak perlu menunggu terlalu lama lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Render Samsung Galaxy Z Fold 5
Render Samsung Galaxy Z Fold 5 yang disebut tidak memiliki peningkatan signifikan pada bekas lipatan layar. (OnLeaks via Gizmochina)

2. Samsung Galaxy Z Flip 5

Render Samsung Galaxy Z Flip 5
Bocoran render Samsung Galaxy Z Flip 5. (Sumber: @UniverseIce)

Bersamaan dengan Galaxy Z Fold 5, Samsung juga akan merilis Galaxy Z Flip 5. Model ini dipercaya bakal menjadi ponsel lipat terlaris tahun ini. 

HP ini berjenis clamshell dengan layar depan yang jauh lebih luas dibandingkan Galaxy Z Flip 4, yakni berukuran 3,4 inci. Sementara itu, layar utamanya berukuran 6,7 inci.

Ponsel lipat ini diharapkan akan membawa chipset yang lebih kuat, perubahan desain engsel, sensor kamera baru, dan dukungan yang lebih luas untuk Samsung DeX. 

Merujuk pada Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5 juga diperkirakan akan meluncur pada 26 Juli mendatang.


3. Motorola Razr (2023)

Motorola Razr 40 (Motorola)
Motorola Razr 40 (Motorola)

Motorola Razr Plus atau Razr 40 Ultra baru saja memulai debutnya, tetapi saudaranya, yakni Motorola Razr 2023 akan segera dirilis dalam beberapa minggu mendatang. 

Sebagai fitur unggulannya, Razr Plus atau Razr 40 Ultra memiliki tampilan sampul 3,6 inci yang luas. Namun, Razr 2023 standar akan menampilkan layar eksternal yang jauh lebih kecil seluas 1,5 inci.

Meskipun harga di Amerika Serikat masih belum diumumkan, diperkirakan ponsel ini akan dibanderol seharga £799,99 di Inggris dan AU$999 di Australia atau sekitar Rp 10 jutaan. Harga tersebut akan menjadikannya sebagai ponsel lipat paling murah di pasaran. 


4. Ponsel Lipat OnePlus

Ponsel Lipat OnePlus
Gambaran pertama ponsel Lipat OnePlus. (OnLeaks x Smartprix)

Meskipun detail ponsel lipat OnePlus belum banyak diketahui, tetapi ponsel ini dikabarkan akan hadir pada paruh kedua tahun 2023. 

Kerennya, perusahaan telah berhasil merahasiakan HP ini dengan sangat baik sehingga hampir tidak ada kebocoran. Untuk saat ini, bocoran yang mungkin dapat diketahui adalah bahwa ponsel lipat pertama OnePlus bukan bermodel clamshell

Ponsel ini mungkin akan mirip dengan Oppo Find N2, karena Oppo adalah perusahaan induk OnePlus. Menurut Presiden dan COO OnePlus, Kinder Liu, ponsel lipat OnePlus akan “berada di puncak pengalaman pasar ponsel lipat saat ini.”


5. Xiaomi Mix Fold 3

Xiaomi Mix Fold 2
Xiaomi Mix Fold 2 akhirnya diumumkan, dan siap bersaing dengan Galaxy Z Fold 4. (Doc: Xiaomi)

Xiaomi Mix Fold 3 mungkin dapat bersaing dengan HP lipat Samsung karena diperkirakan akan mendarat sekitar bulan Agustus mendatang.

Sayangnya, ketersediaan ponsel ini di pasar global belum dapat dipastikan karena kemungkinan besar hanya akan meluncur di China. 

Berdasarkan bocoran dari Digital Chat Station di Weibo, Xiaomi Mix Fold 3 mungkin memiliki chipset Snapdragon 8 Gen 2 kelas atas, tahan air, dan fast charging 67W.

Selain itu, ponsel ini juga disebut akan memiliki kamera periskop yang dapat memperbesar secara optik lebih jauh dari kebanyak ponsel lipat lainnya.

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya